Sumber Protein untuk Ibu Hamil yang Sering Diabaikan

Sumber protein untuk ibu hamil - Kehamilan adalah moment bahagia yang perlu mendapatkan perawatan ekstra agar dapat dijalani dengan nyaman dan tanpa banyak keluhan. Salah satu wujud perawatan kehamilan yang tak boleh diabaikan adalah memenuhi asupan nutrisi mulai dari vitamin, protein, mineral, karbohidrat, serat dan lain lain.

Memenuhi kebutuhan nutrisi selama hamil sangat lah penting, mengingat janin dalam kandungan masih sangat bergantung pada ibu. Apabila ibu kekurangan asupan nutrisi maka janin akan ikut mendapatkan efek negatif. untuk itu, mau tidak mau ibu hamil harus berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan asupan nutrisi yang sempurna.

Pada kesempatan kali ini kami akan menyampaikan tentang sumber protein untuk ibu hamil yang bisa Anda pilih sebagai menu makanan sehari - hari agar kebutuhan protein tercukupi. Sebelum sampai ke topik pembahasan, ada baiknya Anda ketahui lebih dulu apa saja manfaat protein untuk ibu hamil itu.

sumber-protein-untuk-ibu-hamil
image from pixabay

Manfaat Protein untuk Ibu Hamil


Manfaat protein bagi ibu hamil sangat lah banyak, salah satunya adalah membantu proses tumbuh kembang janin dan sebagai sumber kalori ibu hamil. Kekurangan asupan protein saat hamil bisa mengakibatkan berbagai macam keluhan kehamilan yang tidak mengenakkan badan. Adapun manfaat protein bagi wanita hamil antara lain adalah sebagai berikut :

Sebagai sumber kalori


Kebutuhan kalori ibu hamil tidak hanya ditopang dengan karbohidrat tapi juga memerlukan protein. Kekurangan kalori saat hamil dapat membuat tubuh menjadi semakin letih dan lelah. Tanpa melakukan aktivitas berat pun ibu hamil sering kali merasa lelah, terutama pada usia kehamilan trimester pertama. Jika ditambah dengan kekurangan asupan protein, tubuh akan menjadi semakin lelah tak bertenaga.

Membantu proses pembentukan jaringan janin


Selama di dalam kandungan, janin akan terus berkembang menuju kesempurnaan dengan membentuk jaringan otak, jaringan kulit, jaringan otot dan lainnya. Awalnya bakal bayi itu hanya berupa gumpalan darah, kemudian berkembang terus hingga wujud bayi sempurna dengan melewati tahap demi tahap perkembangan. Pada setiap tahap perkembangan itu lah janin memerlukan asupan protein yang cukup.

Membentuk sel darah


Tubuh manusia memerlukan sel darah merah maupun sel darah putih. Selama kehamilan berlangsung, bunda harus berusaha semaksimal mungkin untuk menghindari anemia (kurang darah), caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan penambah darah ibu hamil dan makanan sumber protein untuk ibu hamil. Jika sampai kurang darah, keluhan kehamilan akan sering muncul seperti pusing - pusing dan mudah pingsan.

Membatu pembentukan air ketuban


Air ketuban mempunyai peranan yang sangat penting bagi kesehatan janin. Manfaat air ketuban untuk janin antara lain adalah melindungi janin, menjaga suhu ruang janin, melancarkan pencernaan janin dan lain lain. Untuk itu, bunda perlu mendapatkan asupan protein yang cukup agar pembentukan air ketuban bisa lancar.

Sumber Protein untuk Ibu Hamil


Oleh karena manfaat protein bagi ibu hamil itu sangat banyak, maka bunda perlu mencukupi asupan protein selama kehamilan berlangsung, baik protein hewani maupun protein nabati. Di bawah ini adalah beberapa contoh makanan yang cukup banyak mengandung protein, silakan Anda pilih mana yang cocok untuk Anda konsumsi.

Telur


Telur merupakan makanan sumber protein untuk ibu amil yang sangat mudah didapat dan harganya murah. Entah telur ayam, telur puyuh maupun telur bebek semuanya mengandung protein yang cukup tinggi. Untuk itu, selama kehamilan berlangsung Anda bisa memilih telur untuk menambah asupan protein. Namun demikian anda tidak boleh sembarangan dalam mengkonsumsi telur. Ibu hamil tidak diperkenankan makan telur mentah atau telur setengah matang untuk menghindari kemungkinan buruk yang dapat terjadi. info lengkapnya bisa Anda baca telur buat ibu hamil bermanfaat atau berbahaya ?

Kedelai


Kacang kedelai juga bisa anda pilih sebagai makanan sumber protein yang cukup tinggi. Aneka makanan berbahan dasar kacang kedelai seperti tempe, tahu dan lainnya bisa Anda masak sesuai dengan selera kemudian dimasukkan dalam daftar menu makan harian. Susu kedelai juga mempunyai peranan yang sangat bagus untuk menyumbangkan asupan protein bagi ibu hamil.

Brokoli


Sayur dengan bentuk tak begitu menarik ini ternyata mempunyai kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Tak hanya mengandung protein, brokoli juga mengandung nutrisi lain yang dibutuhkan oleh ibu hamil seperti zat besi dan asam folat. Untuk mendapatkan manfaat dari sayur brokoli Anda bisa membuat berbagai macam masakan dengan bahan bakar brokoli atau merebusnya sebagai bahan lalapan.

Kacang Almond


Selain kacang kedelai, kacang almond juga termasuk jenis makanan sumber protein untuk ibu hamil. Jika bicara soal harga, kacang almond memang lebih mahal daripada jenis kacang lainnya, namun jika dilihat dari segi kandungan nutrisi kacang almond ternyata mempunyai kandungan nutrisi sangat lengkap. untuk mendapatkan manfaat luar bisa dari kacang almond, Anda bisa menjadikannya sebagai cemilan sehat ibu hamil

Demikianlah informasi seputar manfaat protein bagi ibu hamil dan beberapa makanan yang banyak mengandung protein. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top