Tanda Hamil saat Menyusui (Kesundulan)

Ketika sang buah hati telah lahir, kebahagiaan pasangan suami istri jelas terpancar dari sorot matanya. Hal utama yang muncul dibenak mereka adalah bagaimana merawat sang buah hati dengan sebaik baiknya, terutama dalam hal pemberian ASI. Namun demikian, banyak terjadi wanita hamil saat menyusui yang dalam istilah jawa disebut dengan kesundulan.

Mungkin kejadian itu membuat perasan sang ibu menjadi tidak karuan karena takut tidak dapat merawat bayinya dengan baik. Banyak orang yang berpendapat hamil saat masih menyusui dapat mengganggu pertumbuhan bayi, namun Anda tak perlu khawatir jika mengalaminya. Mengapa ? karena saat ini sudah banyak produk susu bayi yang kaya akan nutrisi .

Hal penting yang perlu Anda ketahui adalah tanda apa saja yang muncul ketika ibu menyusui telah berbadan dua. Mengapa penting ? karena ibu menyusui yang tahu kalau dirinya sedang hamil akan segera memberikan tambahan nutrisi bagi bayinya. Untuk mengetahui apa saja ciri ibu menyusui yang sedang hamil silakan simak penjelasan di bawah ini

tanda-hamil-saat-menyusui
image from pixabay

Tanda Hamil saat Menyusui


Hamil ketika sedang menyusui (kesundulan) sebaiknya segera diketahui agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan. Gejala hamil di saat sedang menyusui sebenarnya hampir sama dengan tanda dan gejala kehamilan biasa, hanya saja ada sedikit perbedaan. Kurang lebih tanda ibu menyusui yang sedang hamil adalah sebagai berikut :

Produksi ASI Menurun


Kehamilan yang terjadi pada saat sedang hamil akan ditandai dengan menurunnya produksi ASI sehingga membuat bayi tidak puas. Ketidak puasan sang buah hati akan terlihat dengan sikapnya yang menjadi suka pindah p@yud@ra untuk mendapatkan cukup ASI namun hasilnya tetap saja kurang puas. Menurunnya produksi ASI tidak hanya disebabkan karena kehamilan, bisa saja terjadi karena faktor lain. Maka dari itu lihat juga tanda hamil menyusui lainnya di bawah ini

Bayi Menolak Minum ASI


Ketika ibu menyusui telah berbadan dua, akan terjadi hal yang tak biasa pada bayi. Biasanya bayi suka minum ASI, bahkan kalau nangis terus dikasih ASI bayi akan segera diam, namun ketika ibu sedang hamil biasanya bayi menolak untuk minum ASI dan memilih rewel. Hal ini disebabkan karena ASI berubah rasa menjadi lebih asam dan asin. Kalaupun bayi tetap mau minum ASI terkadang terjadi gangguan pencernaan bayi karena pengaruh rasa asam ASI.

Ibu Menyusui Menjadi Mudah Lelah dan Sakit


Sebagaimana telah kita ketahui bahwa kehamilan adalah periode yang cukup berat hingga membuat wanita letih dan mudah lelah. Apalagi kalau kehamilan dialami saat menyusui, keadaan menjadi semakin berat dan dapat membuat ibu jadi mudah sakit. Belum lagi morning sickness yang  sering terjadi di pagi hari yang cukup membuat ibu hamil semakin terasa berat. Untuk mengatasi hal ini, ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan sehat ibu hamil.

Muncul Bercak Darah Ringan


Tanda hamil saat menyusui berikutnya adalah keluar bercak darah tanda kehamilan. Bercak darah ini keluar dari jalan lahir dalam jumlah kecil, tidak seperti darah haid atau darah nifas. Munculnya bercak darah ini disebabkan karena proses implantasi, yaitu menempelnya embrio pada dinding rahim. Implantasi bleeding sering kali disertai dengan kram perut ringan. Ingat ! kram perut ringan, kalau kram perut hebat segera konsultasikan ke dokter.

Rahim Membesar


Setelah melahirkan rasanya rahim menjadi plong, tak ada lagi yang membuatnya besar. Akan tetapi bagi ibu hamil saat menyusui rahim akan terasa membesar lagi. Terkadang keadaan ini tidak dianggap sebagai tanda kehamilan karena ibu menyusui belum memikirkan kalau dirinya sedang hamil, oleh karena itulah banyak diantara mereka yang tidak menyadari kalau dirinya sedang hamil.

Warna Kulit Berubah


Tanda kehamilan saat sedang menyusui berikutnya adalah terjadi perubahan warna kulit ibu. Perubahan warna kulit ini akan menjadi semakin terlihat jelas ketika pada kehamilan sebelumnya ibu mengalami strecth mark. Perubahan warna kulit saat sedang hamil disebut dengan hiperpigmentasi yang sangat jelas terlihat.

P@yud@ra Berubah


Seperti umumnya ibu hamil yang mengalami perubahan pada bagian tubuh ini, namun pada ibu hamil menyusui perubahan ini akan terasa lebih jelas daripada ibu hamil biasa. Terkadang perubahan p@yudar@ ini sampai meninggalkan benjolan kecil, maka dari itu hendaknya bunda datang ke dokter untuk konsultasi apakah benjolan tersebut sebagai gejala kehamilan atau disebabkan karena faktor lain. Selain terjadi perubahan bentuk, p@yudar@ akan menjadi sakit saat menyusui bayi.


Haus tak Kunjung Henti


Saat bunda menyusui sang buah hati, rasa haus tak hilang meski sudah minum banyak, apalagi kalau bunda menyusui sekaligus hamil. Maka dari itu sebagai tanda hamil saat menyusui adalah haus yang tak kunjung henti meski sudah banyak minum. Keadaan ini biasanya dibarengi dengan keluarnya keringat yang cukup banyak. Jika bunda mengalami morning sickness yang cukup berat sebaiknya perbanyak minum air putih agar tidak sampai terjadi dehidrasi (kekurangan cairan).

Lapar Berlebihan


Ibu menyusui saja lapar bukan main apalagi dibarengi dengan kehamilan, rasa lapar akan menjadi semakin berat. Hal ini disebabkan karena ibu hamil menyusui membutuhkan kalori yang lebih banyak daripada ibu hamil biasa. Rasa lapar bukan semata mata sebagai tanda kehamilan namun bisa jadi sebagai salah satu dari sekian banyak tanda ibu menyusui yang sedang hamil.

Itulah tanda hamil saat menyusui (kesundulan) yang dapat kami tulis. Dengan mengetahui kehamilan sejak dini diharapkan pasangan suami istri dapat merawat kehamilan dan bayinya dengan sebaik baiknya.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top