Tips Kesehatan Ibu Hamil 8 Bulan, Anda Wajib Tahu

Ketika kehamilan telah memasuki usia trimester ketiga, bunda harus benar benar menjaga kesehatan dengan baik, pasalnya persalinan sudah ada di depan mata. Persalinan dapat berjalan dengan lancar bila didukung dengan kondisi kesehatan yang memadai. Untuk itu Anda wajib tahu tips kesehatan ibu hamil 8 bulan agar kesehatan Anda tetap terjaga dengan baik hingga tiba saatnya persalinan datang.

Cara menjaga kesehatan yang paling utama adalah menjaga pola makan, pola hidup dan istirahat cukup. Tiga hal tersebut harus benar benar diperhatikan, jangan sampai diabaikan. Banyak dijumpai ibu hamil drop dikarenakan kurang bisa menjaga pola makan dan kurang istirahat. Belum lagi ditambah dengan pola hidup yang kurang baik, kesehatan akan semakin terancam.

Pada kesempatan yang baik ini, kami akan menyampaikan beberapa hal terkait dengan kesehatan ibu hamil pada usia 8 bulan dengan tujuan agar bunda dapat menjalani persalinan dengan baik tanpa masalah. Silakan simak penjelasan di bawah ini hingga selesai.

tips-kesehatan-ibu-hamil-8-bulan
image from pixabay

Tips Kesehatan Ibu Hamil 8 Bulan


Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk menjaga kesehatan kehamilan, terutama pada usia kehamilan trimester ketiga. Diharapkan dengan melakukan tips ini kesehatan bunda selalu terjaga dengan baik hingga pada saatnya persalinan tiba, sang buah hati dapat terlahir dengan normal dan lancar tanpa halangan suatu apa.

Menerapkan pola hidup sehat


Ibu hamil perlu menjaga pola hidup sehat selama kehamilan berlangsung termasuk di penghujung kehamilannya. Minum alkohol, merokok dan lain sejenisnaya adalah pola hidup yang kurang baik diterapkan oleh siapa saja, tak terkecuali ibu hamil. Khusus mengenai rokok, kami telah membahasnya pada artikel berjudul bahaya asap rokok bagi ibu hamil

Istirahat cukup


Ibu hamil harus mau meluangkan waktu untuk mencukupi kebutuhan istirahat. Setelah seharian melakukan aktivitas, badan akan terasa lelah, pikiran pun juga lelah, maka dari itu bunda perlu istirahat cukup. Jika bunda hamil tidak cukup mendapatkan istirahat, berbagai macam jenis penyakit akan muncul dan dapat berpengaruh pada kesehatan janin.

Sebagaimana telah kita ketahui bahwa istirahat yang paling sempurna adalah tidur, maka bunda harus berusaha semaksimal mungkin mendapatkan istirahat tidur yang nyaman dan lelap. Memilih posisi tidur yang nyaman dapat membantu Anda tertidur dengan lelap, terlebih lagi jika Anda menggunakan bantal khusus ibu hamil. Kalau bingung mau beli dimana, silakan cari aja di toko online seperti tokopedia, blibli, lazada, olx dan toko online lainnya.

Olahraga ringan


Salah satu tips kesehatan ibu hamil usia 8 bulan adalah melakukan olahraga ringan meski perut sudah kelihatan terlalu membuncit. Apakah olahraga di usai kehamilan tua tidak bahaya ? tidak, asalkan memilih olahraga yang aman dan tidak terlalu capek. Jalan jalan, senam pernapasan dan senam yoga adalah pilihan olahraga yang sangat cocok bagi ibu hamil. Jika Anda belum pernah melakukan gerakan senam yoga di usia kehamilan trimester ketiga silakan baca gerakan yoga ibu hamil 7-8 bulan

Anda tak perlu diet


Jika Anda merasa berat badan Anda melonjak di akhir kehamilan, Anda tak perlu takut hingga melakukan berbagai macam model diet. Perlu Anda ketahui bahwa pada usai kehamilan 8 bulan, janin membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi daripada sebelumnya. Dari mana nutrisi itu di dapat ? dari mana lagi kalau bukan dari ibu. Maka dari itu ibu hamil tak perlu diet agar janin senantiasa mendapat asupan nutrisi yang memadai.

Hindari traveling terlalu jauh


Traveling adalah kegiatan yang sangat menyenangkan hingga membuat pikiran jadi lebih fresh. Namun Anda perlu mempertimbangkan usia kehamilan yang sudah cukup tua, tinggal menunggu hari. Pada usia kehamilan 8 bulan, bunda akan merasakan lebih cepat lelah ari sebelumnya, maka bunda tak perlu melakukan perjalanan jauh. Jika terpaksa harus traveling jarak jauh, sebaiknya lakukan tips aman traveling saat hamil.

Jangan stress


Apapun masalah yang sedang Anda hadapi, usahakan pikiran tak terlalu terbebani karena pikiran tak nyaman yan dialami oleh ibu bisa dirasakan oleh janin. Hal ini kurang begitu menguntungkan pada kesehatan janin maupun kesehatan ibu hamil itu sendiri. Alangkah baiknya, Anda minta bantuan sang suami, keluarga atau siapapun untuk menyelesaikan masalah yang Anda hadapi sehingga tidak sampai stress.

Itulah tips kesehatan ibu hamil 8 bulan yang wajib Anda ketahui. Intinya, di usia trimester ketiga, bunda harus lebih ekstra hati - hati dalam merawat dan menjaga kehamilan agar tidak terjadi keluhan kehamilan yang membahayakan kesehatan janin. Demikian, semoga kehamilan Anda menyenangkan.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top