Apa boleh ibu hamil makan mie instan ? Amankah ?

Demi menjaga kehamilan agar tetap sehat, ibu hamil akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengumpulkan  informasi akurat mengenai makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil. Mengenai mie instan, hati pun bertanya tanya, apa boleh ibu hamil makan mie instan ? keraguan ini sering muncul di hati karena banyak informasi yang tersebar di masyarakat mengenai bahaya makan mie instan terutama saat sedang hamil.

Sebagaimana kita tahu bahwa mie instam merupakan salah satu jenis makanan praktis yang sangat digemari oleh masyarakat, terutama mereka yang mempunyai kegiatan super sibuk. Di antara sekian banyak orang yang suka makan mie salah satu diantaranya adalah ibu hamil, namun keinginannya untuk makan mie terhalang karena keraguan di dalam hatinya.

Untuk itu, ada baiknya Anda lanjut membaca artikel ini hingga selesai agar informasi yang Anda dapat mengenai makan mie instan bisa lebih lengkap. Kalau hanya menuruti kabar angin, sering kali dijumpai kabar yang kurang cocok dengan kebenaran.

apa-boleh-ibu-hamil-makan-mie
image from pixabay

Ibu Hamil Makan Mie Instan


Salah satu merk mie instan yang sangat terkenal di Tanah Air kita, adalah indomie. Merk mie ini sudah tersebar luas hampir di seluruh negeri, bahkan hingga ke pelosok pelosok. Jika sedang hamil dan menjumpai keraguan untuk mengkonsumsi indomie, silakan baca dulu ibu hamil makan indomie, bolehkah ?

Setelah Anda membaca artikel tersebut tentu Anda sudah menemukan jawaban yang bisa mengobati keraguan, namun rasanya belum puas kalau hanya membahas merk mie instan tertentu. Bagaimana dengan mie instan secara keseluruhan, apa boleh ibu hamil makan mie instan ? aman atau tidak ?

Bahan Mie Instan


Untuk mengetahui bahaya atau tidaknya mie instan bagi ibu hamil dan janin,  langkah pertama yang perlu dilakukan adalah melihat komposisi atau bahan untuk membuat mie instan, baik mie maupun bumbunya. Komposisi setiap mie instan biasanya sudah tertulis dengan jelas di kemasan lengkap dengan takarannya.

Secara umum komposisi dari mie instan itu terbuat dari tepung terigu berkualitas dan bumbu khas nusantara sehingga mengandung banyak nutrisi bermanfaat seperti karbohidrat, serat, zat besi, vitamin, lemak, kalsium dan lainnya. Jika dilihat dari kandungan nutrisinya, makan mie justru dapat menyumbangkan banyak nutrisi yang bermanfaat untuk ibu hamil.

Akan tetapi, Anda perlu tahu bahwa untuk menciptakan tekstur mie yang lembut, keny@l dan nikmat diperlukan tambahan bahan natrium karbonat untuk mengatur keasaman mie, natrium polifosfat untuk mengatur tingkat kekeny@lan mie dan monosodium glutamate untuk menguatkan rasa. Dengan demikian, makan mie instan saat hamil itu boleh dan aman asalkan tidak terlalu sering.

Ada yang berpendapat, ibu hamil tidak boleh makan mie instan lebih dari tiga kali dalam tiap minggunya untuk menghindari efek buruk dari zat kimia yang terkandung di dalamnya. Selain itu, ibu hamil perlu memasak mie instan dengan benar untuk mengurangi kandungan zat kimia dalam mie.

Tips Aman Memasak Mie Instan


Untuk mengurangi dampak buruk yang diakibatkan karena makan mie instan, ibu hamil perlu menerapkan cara masak yang benar. Lakukan tips di bawah ini agar kandungan zat kimia dalam mie dapat berkurang.

Buang air rebusan mie


Langkah awal yang perlu Anda lakukan dalam memasak mie instan adalah merebusnya hingga empuk. Setelah mie empuk, silakan buang air rebusannya dan ganti dengan air baru. Jika Anda melihat air rebusan mie, di situ terlihat air berubah warna menjadi kuning dan keruh seperti tercampur minyak, mungkin itu adalah lapisan lilin yang digunakan untuk mengawetkan mie instan.

Campur dengan bahan lain


Agar kandungan nutrisi semakin lengkap, ada baiknya anda campur mie buatan Anda dengan bahan lain terutama sayur - sayuran. Anda juga bisa menambah daging dan telur, namun perlu diperhatikan dalam memasak daging dan telur itu harus benar benar matang. Telur yang dikonsumsi setengah matang dapat membahayakan keselamatan janin, simak penjelasannya telur buat ibu hamil, bermanfaat atau berbahaya ?

Jangan memasak mie dalam plastik


Karena saking praktisnya, mie instan bisa dimasak di dalam kemasannya. Cukup buka plastiknya, tuangkan air panas, tunggu beberapa saat, masukkan bumbu dan mie instan siap disantap. Cara masak seperti ini memang sangat menyenangkan, namun Anda harus waspada dengan kesehatan janin maupun diri Anda sendiri. Memasak mie di dalam plastik kemasan bisa mengakibatkan dampak buruk pada kesehatan karena lelehan wadah plastik tersebut telah luntur ke dalam mie yang akan anda santap.

Kesimpulan
Apa boleh ibu hamil makan mie instan ? amankah ? jawabnya boleh dan aman, asalkan tidak dikonsumsi dalam jumlah banyak dan tidak terlalu sering. Demikian informasi yang dapat kami tulis, semoga bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top