Bahaya Semangka untuk Ibu Hamil Jika dikonsumsi Berlebihan

Semangka adalah buah yang bisa mengandung manfaat dan bahaya untuk ibu hamil. Jika dikonsumsi dalam jumlah wajar dan ibu hamil tidak mempunyai keluhan penyakit tertentu, semangka bisa menjadi pilihan buah yang cukup menyegarkan. Lebih jelasnya silahkan baca terlebih dahulu artikel dengan judul bolehkah ibu hamil makan semangka ?

Pada artikel itu telah ditulis secara detil mengenai manfaat makan semangka saat sedang hamil dalam jumlah wajar. Walaupun banyak mitos yang menyebutkan bahwa semangka bisa mengganggu kesehatan janin, namun kenyataannya justru banyak manfaat yang bisa didapat dari buah semangka.

Walaupun banyak menyumbangkan manfaat namun bunda tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsi buah semangka, apalagi kalau bunda menderita penyakit yang mengharuskan untuk menghindari buah semangka. Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai bahaya semangka untuk ibu hamil jika dimakan dalam jumlah tak wajar.

bahaya-semangka-untuk-ibu-hamil
image from pixabay

Bahaya Semangka untuk Ibu Hamil


Sebagaimana telah kami sampaikan di atas bahwa buah semangka itu sebenarnya boleh dimakan ibu hamil, bahkan dapat memberikan banyak manfaat. Namun demikian jika buah ini dimakan ibu hamil dalam jumlah berlebihan maka akan menimbulkan beberapa keluhan kesehatan antara lain adalah sebagai berikut :

1. Menimbulkan hiperkalemia


Mengkonsumsi buah semangka dalam jumlah terlalu banyak bisa menyebabkan hiperkalemia yaitu kondisi dimana tubuh seseorang mengalami kelebihan kalium. Sebenarnya kalium itu dibutuhkan oleh ibu hamil, namun jika berlebihan bisa membuat jantung berdenyut tidak teratur serta mengganggu kinerja syaraf dan otot. Hal ini tentu berdampak kurang baik bagi kesehatan ibu hamil dan janin.

2. Kinerja ginjal terganggu


Makan buah semangka terlalu banyak pada saat sedang hamil juga dapat menyebabkan gangguan pada ginjal. Hal ini disebabkan karena tubuh mengalami kelebihan potasium sehingga kerja ginjal semakin berat yang akhirnya membuat kinerja ginjal melemah. Perlu Anda ketahui bahwa salah satu fungsi dari organ ginjal adalah menyeimbangkan mineral dalam tubuh sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga dengan baik.

3. Tekanan darah rendah (hipotensi)


Tekanan darah tinggi (hipertensi) dan tekanan darah rendah (hipotensi) sama sama meninggalkan efek kurang baik bagi kesehatan. Beberapa gejala yang muncul jika seseorang mempunyai tekanan darah rendah antara lain adalah lemes, penglihatan kabur, detak jantung tak teratur, pusing, deman dan lain lain. Untuk itu, sebaiknya ibu hamil tidak mengkonsumsi buah ini dengan porsi terlalu banyak agar tidak mengalami hipotensi.

4. Memperparah diabetes


Jika Anda termasuk orang yang menderita penyakit diabetes hendaknya membatasi diri dalam mengkonsumsi buah semangka, karena buah ini mengandung glikemik cukup tinggi. Selain itu, kandungan kandungan karbohidrat dalam buah semangka bisa memperparah penyakit diabetes jika dimakan dalam jumlah berlebihan.

Untuk itu, jika Anda ingin mengkonsumsi buah semangka dan mengambil manfaat dari kandungan nutrisi di dalamnya sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kesehatan Anda ke dokter. Selain itu, batasi konsumsi buah semangka saat sedang hamil karena konsumsi terlalu banyak bisa menimbulkan beberapa bahaya mengancam seperti tersebut di atas.

Tips Sehat Makan Semangka Saat Hamil


Agar bunda terhindar dari bahaya semangka di atas, silakan lakukan tips sederhana berikut ini :
  • Pastikan kesehatan Anda tidak terganggu apabila makan buah semangka
  • Pilih buah semangka yang berkualitas dan tidak busuk
  • Usahakan mencari buah semangka organik yang tidak banyak menggunakan bahan kimia dalam perawatannya
  • Konsumsi buah semangka seperlunya saja, jangan berlebihan
  • Apabila Anda membuat es buah semangka sebaiknya jangan terlalu banyak memakai gula

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai bahaya buah semangka untuk ibu hamil jika dikonsumsi berlebihan serta beberapa tips sehat makan buah semangka. Semoga informasi ini bermanfaat :)

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top