Bolehkah Ibu Hamil Makan Belimbing Wuluh ?

Ibu hamil makan belimbing wuluh itu boleh gak sih ? Terkadang pertanyaan ini terlintas di pikiran kita karena saking hati - hatinya dalam menjaga kehamilan. Selektif dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi memang menjadi satu langkah tepat bagi ibu hamil agar janin dalam kandungan tidak terancam keselamatannya dan bisa tumbuh berkembang dengan normal.

Belimbing wuluh bukan lah buah yang bisa dimakan sebagaimana buah belimbing manis. Biasanya belimbing wuluh digunakan sebagai bumbu masak untuk menciptakan sensasi kecut yang menggoda hati.

Berbeda dengan belimbing manis yang umumnya dimakan secara langsung sebagai buah segar atau dijus dengan campuran bahan lain yang menyegarkan. Mengenai boleh dan tidaknya ibu hamil makan belimbing manis telah kami jelaskan pada manfaat dan bahaya buah belimbing untuk ibu hamil.

bolehkah-ibu-hamil-makan-belimbing-wuluh
image from flickr

Ibu hamil makan belimbing wuluh, bolehkah ?


Perlu Anda ketahui bahwa belimbing wuluh itu mempunyai kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, tak terkecuali ibu hamil. Kandungan nutrisi dalam belimbing wuluh antara lain adalah vitamin B1, vitamin A, vitamin C, zat besi, potasium, kalsium, serat, fosfor, mineral dan lain lain.

Oleh karena mengandung nutrisi yang sangat lengkap, belimbing wuluh boleh dikonsumsi siapa saja asalkan tidak mempunyai penyakit tertentu yang mengharuskan dirinya untuk menghindari belimbing wuluh.

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Ibu Hamil


Sebagaimana yang telah kami sampaikan di atas bahwa buah berbentuk kecil yang bisa dimanfaatkan sebagai bumbu masak ini mempunyai kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Di bawah ini adalah manfaat belimbing wuluh bagi ibu hamil apabila dikonsumsi dengan cara yang tepat :)

1. Meningkatkan daya tahan tubuh


Rasanya memang kecut, namun jangan kaget jika ternyata buah kecil ini mengandung banyak manfaat. Salah satu manfaat yang bisa didapat dengan mengkonsumsi belimbing wuluh adalah meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan penyakit. Hal ini disebabkan karena belimbing wuluh memiliki kandungan vitamin yang cukup tinggi.

2. Melancarkan pencernaan


Tak hanya dapat meningkatkan daya tahan tubuh, belimbing wuluh juga berkhasiat untuk melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit. hal ini disebabkan karena belimbing wuluh memiliki kandungan serat yang cukup banyak. Biasanya ibu hamil mengalami sembelit, maka cara ampuh untuk mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya serat.

3. Menjaga kesehatan kulit


Selain bermanfaat untuk meningkatkan ketahanan tubuh, vitamin C juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit sehingga ibu hamil tetap cantik meski telah bentuk perut sudah besar. Untuk informasi lebih lengkap mengenai tips dan cara agar ibu hamil tetap tampil cantik silakan baca tips hamil sehat dan cantik

4. Mensuply zat besi


Zat besi sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga kebugaran tubuhnya. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan ibu hamil tampak pucat, lemas, lelah bahkan sering pingsan. Meski hanya sedikit mengandung zat besi, namun setidaknya belimbing wuluh dapat membantu memberi asupan zat besi ke dalam tubuh ibu hamil.

5. Sebagai makanan penyumbang kalsium


Belimbing wuluh juga mempunyai kandungan kalsium yang memiliki peran penting dalam membantu pembentukan gigi dan tulang janin. Kekurangan kalsium tidak hanya berakibat buruk pada janin, melainkan juga berdampak buruk pada kesehatan tulang ibu. Agar kebutuhan kalsium terpenuhi, Anda perlu mengkonsumsi susu dan aneka jenis makanan berkalsium tinggi. Khusus mengenai minum susu, ibu hamil perlu seleksif dalam memilih karena ada sebagian jenis susu yang membahayakan janin. Silakan baca penjelasannya susu ibu hamil muda yang bagus.

Oleh karena mangandung manfaat yang begitu banyak, jika Anda bertanya bolehkah ibu hamil makan belimbing wuluh ? jawabnya adalah BOLEH, asalkan Anda tidak mempunyai penyakit yang harus memantang makanan kecut seperti belimbing wuluh dan sejenisnya.

Bahaya belimbing Wuluh untuk Ibu Hamil


Walaupun manfaat yang begitu banyak, namun bunda tidak boleh sembarangan makan belimbing wuluh, pasalnya ada sebagian orang yang dilarang makan makanan kecut karena bisa memperparah penyakit yang dideritanya. Untuk itu, sebelum Anda memutuskankan untuk mengkonsumsi belimbing wuluh baik sebagai bumbu masak atau dibuat makanan jenis apapun sebaiknya konsultasi dulu ke dokter.

Kalau Anda merasa tidak punya keluhan penyakit yang harus menghindari makanan kecut, maka konsumsi belimbing wuluh itu aman dan justru bermanfaat walaupun Anda sedang hamil. Warning ! jangan berlebihan dalam mengkonsumsi belimbing wuluh, karena seberapapun manfaat yang terkandung dalam makanan kalau terlalu banyak dikonsumsi justru berdampak kurang baik.

Demikianlah info tentang boleh atau tidak ibu hamil makan belimbing wuluh. Memilih jenis makanan yang aman bagi kehamilan adalah hal penting yang tidak boleh diabaikan oleh setiap ibu hamil. Dengan demikian, insya@ kehamilan bisa dijalani dengan nyaman dan menyenangkan.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top