Bolehkah Ibu Hamil Minum Lemon Tea ? Berbayakah ?

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh adalah sebuah keharusan yang perlu dilakukan oleh ibu hamil, pasalnya kekurangan cairan tubuh bisa menyebabkan masalah kehamilan serius. Terkadang hati merasa bosan jika minum air putih terus, maka timbul keinginan untuk mencoba minuman lain seperti lemon tea dan lainnya. Akan tetapi hati merasa was was, bolehkah ibu hamil minum lemon tea ?

Pada intinya, jenis minuman yang perlu dihindari oleh ibu hamil adalah minuman yang mengandung zat yang bisa mengganggu kesehatan janin, misalnya mengandung alkohol, kafein, zat kimia dan lain lain. Jika tidak mengandung zat yang membahayakan kesehatan dan keselamatan janin, minuman apapun boleh dikonsumsi.

Untuk memenuhi kebutuhan cairan ibu hamil boleh memilih aneka jenis minuman segar yang menyehatkan. Untuk melihat jenis minuman apa saja yang baik untuk ibu hamil, silakan baca minuman sehat untuk ibu hamil.

bolehkah-ibu-hamil-minum-lemon-tea
image from pixabay

Bolehkah ibu hamil minum lemon tea ?


Lalu, bagaimana dengan lemon tea ? apakah aman bagi ibu hamil dan janin ? Perlu kami sampaikan sekali lagi bahwa segala jenis minuman itu boleh diminum oleh ibu hamil selama tidak mengandung zat berbahaya. Namun demikian, bunda tetap harus waspada terhadap kondisi kesehatan dirinya sendiri. Terkadang ada minuman yang sebenarnya sehat namun untuk orang tertentu malah menimbulkan sakit karena ia menderita alergi. Coba simak dulu penjelasan tentang lemon tea di bawah ini.

Bahan Minuman Lemon Tea


Sebelum kita simpulkan apakah lemon tea boleh diminum ibu hamil atau tidak, terlebih dahulu kita lihat bahan pembuatan lemon tea.Lemon tea adalah minuman menyegarkan yang terbuat dari campuran air, gula, air lemon dan teh. Mari kita bahas masing masing bahan untuk membuat lemon tea tersebut.

Air


Setiap manusia membutuhkan air untuk memenuhi kebutuahan cairan tubuh, tak terkecuali ibu hamil. Kekurangan cairan tubuh (dehidrasi) bisa mengakibatkan berbagai macam masalah kesehatan. Menurut anjuran pakar kesehatan, manusia membutuhkan setidaknya 8 gelas per hari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Gula


Konsumsi gula dalam jumlah wajar tidak lah berbahaya, justru bermanfaat sebagai sumber energi. Akan tetapi, konsumsi gula yang terlalu berlebihan tanpa dibarengi dengan aktivitas yang memadai bisa jadi menyebabkan masalah kesehatan. Khusus untuk ibu hamil, disarankan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi gula agar janin di dalam kandungannya tidak tumbuh terlalu besar.

Air lemon


Kandungan vitamin C yang terdapat di dalam air lemon sangat besar manfaatnya bagi tubuh manusia, salah satunya adalah untuk menangkal serangan berbagai macam penyakit yang membahayakan tubuh. Maka dari itu, konsumsi air jeruk lemon selama kehamilan tidak berbahaya, justru bermanfaat asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Teh


Konsumsi teh selama hamil perlu dibatasi karena teh mempunyai kandungan kafein meski hanya sedikit. Oleh karena hanya mengandung kafein cukup kecil, minum teh masih diperbolehkan asalkan tidak terlalu berlebihan. Namun jika dikonsumsi dalam jumlah terlalu banyak, bisa jadi menyebabkan berbagai macam masalah kehamilan, sehingga ada orang yang menggolongkan teh termasuk minuman penyebab keguguran.

Setelah kita tahu komposisi lemon tea secara detil, pertanyaannya adalah bolehkah ibu hamil minum lemon tea ? silakan simak kesimpulannya di bawah ini.

Ibu Hamil Minum lemon Tea


Setelah melihat bahan yang digunakan untuk membuat leomon tea, tentu kita bisa menyimpulkan apakah lemon tea itu boleh dikonsumsi ibu hmail atau tidak. Oleh karena semua bahan termasuk aman bagi kesehatan dan tidak membahayakan janin maka minum lemon tea itu boleh asalkan tidak terlalu berlebihan.

Minum lemon tea terlalu banyak sama halnya memasukkan kafein terlalu banyak pada tubuh, akibatnya bisa fatal. Menurut penapat dari pakar kesehatan di New South Wales, batas maksimal konsumsi kafein bagi ibu hamil adalah 200 mg per hari. Nilai itu setara dengan kopi 2 gelas, teh 4 cangkir dan coklat 6 cangkir.

Kesimpulan
Bolehkah ibu hamil minum lemon tea ? boleh asalkan dalam jumlah wajar. Sekarang Anda tak perlu takut lagi untuk menikmati segarnya lemon tea dengan tetap memperhatikan kesehatan tubuh. Jika Anda punya alergi air lemon, sebaiknya jangan nekat untuk minum lemon tea.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top