Cara Membuat Jus Lemon untuk Ibu Hamil Agar Sehat dan Menyegarkan

Sebagaimana telah kami sampaikan beberapa waktu yang lalu bahwa khasiat air jeruk lemon untuk ibu hamil cukup banyak, maka tak ada salahnya jika ibu hamil mengambil pilihan bijak untuk menjadikannya sebagai pelengkap menu makanan harian, salah satunya adalah dibuat jus. Jus lemon untuk ibu hamil itu cara membuatnya tidak boleh asal asalan, mengingat di dalam perut ada janin yang memerlukan perawatan ekstra.

Hampir semua orang bisa membuat jus, namun bukan berarti semua jus aman bagi kehamilan. Walaupun dibuat dengan buah yang kaya nutrisi tapi kalau dibuat dengan campuran bahan yang kurang menguntungkan bagi kehamilan hasilnya juga kurang bak. Untuk itu diperlukan cara pembuatan jus yang benar dan hasilnya tetap segar.

Sebelum lanjut membaca alangkah baiknya Anda baca terlebih dahulu resep jus sehat untuk ibu hamil. Dalam artikel tersebut telah di bahas mengenai aneka macam jus yang baik untuk ibu hamil dan resep cara membuatnya. Sedangkan pada post ini kita hanya fokus pada salah satu jenis jus, yaitu jus lemon.

cara-membuat-jus-lemon-untuk-ibu-hamil
image from pixabay

Cara Membuat Jus Lemon untuk Ibu Hamil


Kalau untuk selain ibu hamil, jus lemon bisa dibuat dengan mudah menggunakan campuran gula dan es batu, rasanya pasti mantap dan segar menggelegar. Adapun pembuatan jus lemon untuk ibu hamil perlu diperhatikan beberapa campuran bahan jus yang digunakan. Usahakan untuk menghindari bahan yang dapat menimbulkan efek kurang baik pada kehamilan.

Bahan Jus Lemon Ibu Hamil


Bahan yang diperlukan untuk membuat jus lemon cukup sederhana yaitu jeruk lemon, gula, es batu dan air matang. Entah dibuat untuk ibu hamil atau untuk siapa saja, bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya hanya sesederhana itu. Hanya saja, jika jus ini diperuntukkan khusus ibu hamil sebaiknya memperhatikan beberapa pertimbangan. Simak penjelasan mengenai bahan jus lemon di bawah ini:

Jeruk lemon


Usahakan untuk mencari buah lemon yang berkualitas dan tidak busuk, jangan asal menggunakan lemon tanpa memperhatikan kualitasnya. Banyak dijumpai orang yang justru memilih lemon yang sudah terlalu matang dan mendekati busuk karena harganya lebih murah dan rasanya lebih manis. Jika Anda ingin kehamilan tetap terjaga kesehatannya sebaiknya jangan meniru langkah mereka.

Es batu


Es batu dalam pembuatan jus lemon merupakan elemen yang cukup penting, pasalnya es batu dapat memberikan sensasi rasa adem yang cukup menyegarkan. Sebaliknya, jus lemon tanpa es batu terasa kurang menarik dan kurang begitu menyegarkan. Membuat jus lemon untuk ibu hamil itu boleh menggunakan es batu asalkan tidak terlalu banyak. Penggunaan es batu terlalu banyak dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan ibu hamil dan menyebabkan flu.

Gula


Penggunaan gula dalam jus lemon perlu dibatasi karena konsumsi gula berlebihan pada saat hamil bisa menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan dan kelebihan berat badan (obesitas). Selain itu, konsumsi gula terlalu banyak di kala sedang hamil bisa mengakibatkan berkembangan berat badan janin di atas rata rata sehingga memungkinkan terjadi kendala saat persalinan.

Air


Air yang digunakan untuk membuat jus lemon hendaknya adalah air yang benar - benar bersih dan matang. Menggunakan air yang telah disterilkan sebenarnya sudah cukup baik namun akan lebih baik jika menggunakan air matang. Anda juga harus memastikan bahwa air yang akan digunakan untuk jus ini tidak terkontaminasi dengan bahan yang membahayakan kehamilan.

Cara Membuat Jus Lemon untuk Ibu Hamil


Untuk membuat jus lemon Anda tidak perlu pergi ke tempat kursus tata boga karena cara pembuatannya cukup mudah. Silakan siapkan jeruk lemon satu buah, gula, es batu dan air secukupnya. Belah jeruk lemon menjadi dua lalu peras airnya ke dalam blender. Masukkan semua bahan tadi lalu nyalakan blender hingga semua bahan tercampur rata. Tuang pada gelas saji lalu nikmati kesegaran jus lemon untuk menghilangkan dahaga.

Cara membuat jus lemon untuk ibu hamil cukup mudah bukan ? silakan dicoba dan jangan lupa untuk memperhatikan beberapa hal yang telah kami tulis di atas. Semoga kehamilan yang bunda jalani dapat berjalan dengan baik dan tanpa banyak keluhan. Sekian, semoga bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top