Ibu Hamil Pakai Minyak Kayu Putih di Perut, Bolehkah ?

Kekhawatiran ibu hamil untuk memakai minyak kayu putih di perut semakin menjadi jadi sering dengan berkembangnya kabar yang berhembus di masyarakat mengenai larangan ibu hamil memakai minyak kayu putih dan sejenisnya. Memang ibu hamil perlu waspada dalam menjaga dan merawat kehamilannya, namun bukan berarti langsung mempercayai kabar yang tersebar di masyarakat.

Mitos seputar kehamilan sejak dulu hingga sekarang sangat lah banyak, mulai dari yang benar sesuai fakta maupun yang hanya mitos belaka semua tetap saja berkembang di masyarakat dan terus ada turun temurun.

Satu misal, mitos tentang makan cumi. Ada yang mengatakan makan cumi saat hamil bisa menyebabkan janin terlahir degan jumlah jari melebihi batas normal. Mitos itu kalau di tinjau secara ilmiah sama sekali tidak benar, justru cumi itu bermanfaat bagi ibu hamil. Baca penjelasannya manfaat cumi untuk ibu hamil dan janin.

ibu-hamil-pakai-minyak-kayu-putih-di-perut
 image from pixabay

Bolehkah ibu hamil pakai minyak kayu putih ?


untuk mengatasi perut kembung banyak orang yang lebih memilih untuk mengusapkan minyak angin dari pada harus minum obat yang dibeli dari warung. Perut kembung memang tidak terlalu berbahaya, namun jika tidak segera diatasi rasanya sangat mengganggu dan cukup membuat aktivitas tak nyaman. Lalu bagaimana dengan ibu  hamil. bolehkah ibu hamil memakai minyak kayu putih dan minyak angin lainnya ?

Sebelum menjawab pertanyaan itu alangkah baiknya mari kita pelajari lebih detil mengenai apa sebenarnya minyak kayu putih itu. mengandung apa saja dan efeknya apa saja.

Minyak kayu putih itu apa sih ?


Minyak kayu putih adalah jenis minyak angin ang sering digunakan oleh masyarakat untuk mengatasi masuk angin dan untuk menghangatkan badan ketika badan sedang tak enak. Ketika sedang bepergian jauh, minyak angin seakan tak boleh ketinggalan karena dengan mengoleskan minyak angin pada bagian tubuh tertentu, perjalanan terasa nyaman dan terhindar dari mabuk perjalanan.

Perlu Anda ketahui bahwa minyak kayu putih merupakan jenis minyak angin yang dibuat dengan proses destilasi uap dari daun dan ranting pohon kayu putih. Ringkasnya, daun dan ranting kayu putih dipetik lalu disuling sehingga menghasilkan sari pohon kayu putih yang berkhasiat untuk menghangatkan badan.

Kandungan Minyak Kayu Putih


Minyak kayu putih mempunyai kandungan zat kimia bernama sineol (cineole) yang berkhasiat untuk memberikan efek hangat jika dioleskan pada kulit. Rasa hangat itulah yang membuat tubuh terasa nyaman saat sedang bepergian atau sedang mengalami gangguan kesehatan seperti perut kembung dan lainnya. Aroma menyengat yang dikeluarkan oleh minyak kayu putih juga dihasilkan dari sineol (cineole) yang terkandung di dalamnya. Sekarang pertanyaannya adalah bolehkah ibu hamil pakai minyak kayu putih ? aman atau tidak ? silakan simak penjelasan di bawah ini.

Ibu Hamil Pakai Minyak Kayu Putih


Kandungan sineol (cineole) dalam minyak kayu putih tidak lah membahayakan ibu hamil maupun janin meski dioleskan pada bagian perut, dengan syarat tidak terlalu  berlebihan. Penggunaan yang terlalu berlebihan bisa saja mengakibatkan masalah pada kulit, apalagi jika Anda mempunyai kulit yang sensitif.

Selain itu, minyak kayu putih tidak dianjurkan untuk dioleskan pada bagian kulit yang terluka, baik luka bakar maupun luka biasa. Adapun jika Anda sedang kembung atau masuk angin silakan saja menggunakan minyak kayu putih dengan cara dioleskan di bagian perut atau lainnya. Sebaiknya Anda tidak terlalu banyak menggunakan minyak kayu putih di area hidung karena bisa saja mengganggu pernapasan.

Ibu hamil yang sedang masuk angin sebaiknya jangan sembarangan minum obat meskipun obat herbal sebab keadaan janin masih sangat sensitif. Bagaimana kalau minum tolak angin ? bolehkah ? silakan simak penjelasannya bolehkah ibu hamil minum tolak angin ?

Kesimpulan
Ibu hamil pakai minyak kayu putih itu boleh dan aman. Namun demikian anda harus tetap waspada, jangan menggunakan minyak angin terlalu berlebihan untuk menghindari dampak negatif yang mungkin saja bisa terjadi. sekian informasi yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top