Jus Belimbing Buat Ibu Hamil, Bolehkah ?

Jus belimbing buat ibu hamil terkadang masih menjadikan hati ragu, pasalnya ada kabar yang tersebar di masyarakat yang menyebutkan bahwa jus belimbing dapat menyebabkan anemia dan membuat ibu hamil tambah letih dan lelah. Agar tidak salah kaprah mengenai buah belimbing terutama jika dikonsumsi saat hamil silakan baca terlebih dahulu manfaat dan bahaya buah belimbing untuk ibu hamil

Perlu Anda ketahui bahwa buah belimbing adalah salah satu jenis buah yang mempunyai kandungan nutrisi bermanfaat bagi tubuh manusia, termasuk buat ibu hamil. Dengan mengkonsumsi buah belimbing, ibu hamil akan mendapatkan asupan nutrisi yang cukup lengkap seperti serat, vitamin, kalium, kalsium dan lainnya.

Di sisi lain, jika ibu hamil mempunyai keluhan penyakit seperti diabetes maka perlu hati hati dalam mengkonsumsi buah ini karena kandungan gula di dalamnya sangat tinggi sehingga dapat memperparah penyakit yang diderita. Untuk itu, akan lebih baik jika sebelum Anda mengkonsumsi jus belimbing konsultasikan dulu kesehatan Anda ke dokter.

jus-belimbing-buat-ibu-hamil
image from pixabay

Jus Belimbing Buat Ibu Hamil


Mengenai boleh dan tidaknya jus belimbing buat ibu hamil itu tergantung kondisinya. Jika ibu hamil tidak mempunyai keluhan apapun maka konsumsi jus belimbing justru sangat baik. Akan tetapi jika ibu hamil punyai keluhan penyakit tertentu, ada kemungkinan mengkonsumsi buah belimbing kurang baik bagi kesehatannya.

Khasiat Jus Belimbing buat Ibu Hamil


Entah dikonsumsi sebagai jus atau langsung dimakan begitu saja, buah belimbing banyak menyumbangkan manfaat bagi ibu hamil, pasalnya di dalam buah ini terkandung banyak zat bermanfaat yang sangat diperlukan ibu hamil. Di bawah ini adalah beberapa khasiat dan manfaat buah belimbing untuk ibu hamil :

1. Meningkatkan daya tahan


Jus buah belimbing mempunyai kandungan vitamin C dan antioksidan yang cukup baik untuk menjaga daya tahan tubuh dan menangkal berbagai macam penyakit yang akan menyerang tubuh. Vitamin C mempunyai peran yang cukup banyak dalam meningkatkan ketahanan tubuh dalam menghadapi bakteri maupun virus yang membahayakan kehamilan. Sedangkan antioksidan dalam buah belimbing berperan untuk menangkal radikal bebas yang berpotensi menyerang kesehatan ibu hamil.

2. Pencernaan jadi lancar


Manfaat jus belimbing buat ibu hamil lainnya adalah melancarkan pencernaan, pasalnya buah ini mempunyai kandungan serat yang cukup banyak. Sebagaimana kita tahu bahwa salah satu keluhan kehamilan yang banyak dialami ibu hamil adalah sembelit (susah BAB) dan kalau tidak segera diatasi perut akan menjadi kembung dan begah. Adapun cara untuk mengatasi keluhan ini adalah dengan mengkonsumsi makanan berserat tinggi, salah satunya adalah buah belimbing.

3. Menyehatkan mata


Belimbing mempunyai kandungan vitamin A cukup banyak sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan meningkatkan fungsi penglihatan. Selain belimbing, wortel dan apel juga mempunyai kandungan vitamin A yang banyak. Info lengkap mengenai buah apel silakan baca khasiat buah apel untuk ibu hamil

4. Mencegah dan mengatasi hipertensi


Hipertensi bukan lah sebuah penyakit, namun jika tidak  segera ditangani dengan benar bisa menyebabkan berbagai macam penyakit menakutkan seperti serangan jantung, stroke dan masalah kehamilan serius. Langkah tepat untuk mencegah hipertensi adalah menjaga pola hidup, pola makan, kelola stress dan istirahat cukup. Makanan yang mengandung kalium (termasuk belimbing) mempunyai peran cukup banyak dalam menstabilkan tekanan darah sehingga dapat mencegah dan mengatasi hipertensi.

5. Mencegah dan mengobati kanker


Kanker adalah jenis penyakit berbahaya yang sangat ditakuti oleh manusia tak terkecuali ibu hamil. Kandungan antioksidan dalam jus buah belimbing sangat bermanfaat buat ibu hamil sebagai anti kanker dan membantu membunuh sel kanker.

Manfaat jus belimbing buat ibu hamil cukup banyak, jadi Anda tak perlu takut untuk mengkonsumsinya. Pastikan untuk memilih buah belimbing yang baik dan jangan lupa dicuci dulu sebelum dikonsumsi. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top