Kenapa ibu hamil sering kentut ? Normalkah ?

Ibu hamil sering kentut itu kenapa ya ? normal atau tidak ? Mungkin pertanyaan ini sering terlintas di benak Anda karena saking seringnya menjumpai hal ini. Perlu Anda ketahui bahwa selama kehamilan berlangsung banyak sekali keluhan keluhan yang dialami ibu hamil, salah satu di antaranya adalah sering buang gas.

Tak hanya sering kentut, keluhan lain yang lebih membuat hati deg - degan juga ada, misalnya mual dan muntah yang berlebihan. Walaupun wajar dialami ibu hamil, namun jika mual dan muntah terlalu berlebihan juga kurang baik bagi kesehatan.

Untuk menjawab kekhawatiran Anda mengenai sering kentut saat hamil, kali ini kami akan mengulas beberapa hal terkait dengan keluhan ibu hamil mulai dari usia kehamilan muda hingga tua. Silakan simak penjelasan berikut ini :)

kenapa-ibu-hamil-sering-kentut
image from pixabay

Kenapa ibu hamil sering kentut ?


Anda tak perlu takut jika sering kentut saat hamil karena keadaan ini normal dan wajar. Hampir semua ibu hamil mengalami keadaan yang sama, yaitu sering buang gas meski tidak habis mengkonsumsi makanan yang memicu sering kentut. Di bawah ini adalah beberapa hal yang kerap dialami ibu hamil dan tergolong normal :

1. Sering kentut


Semakin membesarnya rahim ibu hamil mengakibatkan perut tidak bisa terlalu lama menampung gas yang dihasilkan dari pencernaan. Wal hasil, di usia kehamilan trimester kedua dan ketiga, ibu hamil akan menjadi semakin sering buang gas dan hampir tak bisa ditahan. Anda tak perlu khawatir dengan keadaan ini karena sama sekali tidak membahayakan kesehatan janin.

2. Sembelit


Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, bunda akan mengalami berbagai macam keluhan yang bermacam - macam, salah satu diantaranya adalah sembelit atau susah BAB. Keluhan ini memang wajar, namun jika dibiarkan cukup mengganggu kenyamanan. Untuk itu, ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat, silakan baca penjelasannya buah berserat tinggi untuk ibu hamil, cocok untuk atasi sembelit

3. Morning sickness


Morning sickness (mual di pagi hari) adalah keluhan umum yang dialami oleh hampir semua wanita hamil. Morning sickness yang dialami setiap ibu hamil itu berbeda - beda, ada yang biasa, sedang, parah dan ada yang super parah. Ibu hamil yang tidak mengalami morning sickness terkadang malah khawatir jangan jangan kehamilannya bermasalah. Coba baca penjelasan hamil muda tidak mual sama sekali, normalkah ?

4. Diare


Keluhan yang muncul saat hamil memang tak bisa dipastikan, terkadang mengalami sembelit namun kadang kali juga mengalami diare. Jika Anda mengalami diare sebaiknya segera lakukan langkah pengobatan yang tepat, yaitu segera minum obat atas anjuran atau resep dokter. Jangan sembarangan minum obat agar kesehatan bayi tetap terjaga.

Penyebab Sering Kentut Saat Hamil


Sebagaimana yang telah kami sampaikan di atas bahwa sering kentut saat hamil itu wajar dialami ibu hamil dan tidak berbahaya. Ibu hamil sering biang gas ini terjadi karena rahim semakin membesar seiring bertambahnya usia kehamilan. Semakin membesarnya rahim membuat perut ibu semakin sempit dan gas dalam perut tidak dapat bertahan lama.

Perlu Anda ketahui bahwa gas di dalam perut itu ada karena efek proses pencernaan makanan yang telah kita konsumsi. Hal ini tidak hanya dialami oleh ibu hamil tapi semua orang juga mengalaminya. Sebagian orang berpendapat bahwa meningkatnya frekuensi kentut saat hamil disebabkan karena meningkatkan hormon progesteron dalam tubuh.

Peningkatan hormon progesteron membuat otot badan menjadi lebih rileks, akibatnya proses pencernaan ibu hamil menjadi lebih lama dari biasanya sehingga meningkatkan gas dalam perut. Adapun pengeluaran gas bisa melalui sendawa dan kentut.

Tips Mengurangi Frekuensi Kentut Saat Hamil


Anda tak perlu malu dengan keadaan ini, apalagi sampai menahan kentut karena bisa membuat perut kembung dan sakit. Langkah tepat untuk mengurangi frekuensi buang gas adalah dengan melakukan tips berikut ini :
  • Jangan terlalu banyak makan biji - bijian dan kacang kacangan
  • Usahakan memakai pakaian yang longgar di bagian perut
  • Makanan dengan pemanis buatan perlu Anda kurangi
  • Hindari minuman bersoda
  • Lebih baik makan sedikit tapi sering daripada makan dengan porsi terlalu banyak
  • Kunyah makanan hingga lembut
KESIMPULAN
Kenapa ibu hamil sering kentut ? normalkah ? Jawabnya adalah normal dan tidak perlu Anda khawatirkan secara berlebihan. Namun demikian jika keadaan ini dibarengi dengan keluhan lain yang mengganggu sebaiknya langsung konsultasi ke dokter.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top