Khasiat Air Jeruk Lemon untuk Ibu Hamil Muda, Saatnya Anda Tahu

Kebahagiaan akan semakin sempurna jika kehamilan yang Anda jalani berjalan dengan lancar, nyaman, sehat dan menyenangkan. Salah satu khasiat air jeruk lemon untuk ibu hamil adalah untuk menjaga kebugaran tubuh karena air lemon mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Meski rasanya agak kecut, namun lemon bisa dibuat menjadi minuman spesial terutama di saat cuaca panas.

Bunda bisa mendapatkan berbagai macam manfaat air lemon dengan berbagai macam cara, bisa langsung dimakan begitu saja, dibuat jus atau dibuat lemon tea. Sebelum lanjut membaca, alangkah bijakny jika Anda baca terlebih dahulu bolehkah ibu hamil minum lemon tea ? amankah ?

Tentu Anda akan semakin suka dengan minuman berbahan lemon apabila mengetahui manfaat yang terkandungnya. Untuk itu, pada kesempatan yang baik ini kami akan mengajak Anda untuk membuka wawasan mengenai apa saja manfaat air lemon bagi ibu hamil. Silakan  simak penjelasan berikut ini :

khasiat-air-jeruk-lemon-untuk-ibu-hamil
imgae from pixabay

Khasiat Air Jeruk Lemon untuk Ibu Hamil


Ibu hamil di segala usia, baik usia muda trimester pertama maupun usia tua trimester akhir akan mendapatkan manfaat yang luar biasa dari nutrisi yang terkandung dalam air jeruk lemon. Namun demikian Anda harus tetap waspada, jangan terlalu banyak minum air jeruk lemon jika Anda mempunyai keluhan lambung karena bisa saja membuat perut menjadi perih. Secara umum khasiat dan manfaat air jeruk lemon untuk ibu hamil adalah sebagai berikut.

1. Air lemon dapat mengatasi sembelit


Salah satu keluhan yang sering dialami ibu hamil adalah susah BAB atau sembelit. Keluhan ini akan muncul sejak usia kehamilan muda dan akan menjadi semakin parah ketika janin dalam kandungan semakin besar. Hal ini dikarenakan rahim menekan perut besar yang mengakibatkan ibu hamil mengalami sembelit.

Langkah terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat. Selain itu,lemon juga bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi keluhan ini. Cobalah untuk mengkonsumsi jus lemon secara teratur agar sembelit segera berakhir. Ibu hamil tidak disarankan mengkonsumsi obat sembelit kecuali atas resep dokter.

2. Sebagai sumber vitamin C


Selama kehamilan berlangsung ibu hamil sangat membutuhkan banyak asupan nutrisi, salah satunya adalah vitamin C. Vitamin C berkhasiat untuk membantu menjaga ketahanan tubuh terhadap penyakit dan meningkatkan imunitas. Di sini lah letak khasiat air jeruk lemon untuk ibu hamil, yaitu sebagai pensuply vitamin C yang cukup baik.

3. Mencegah dehidrasi


Tubuh ibu hamil membutuhkan cairan yang cukup, tidak boleh kekurangan. Jika ibu hamil mengalami dehidrasi (kekurangan cairan) sangat beresiko menyebabkan berbagai macam keluhan kehamilan serius. Untuk itu, ibu hamil disarankan untuk minum air putih yang cukup dan dengan minum minuman segar untuk ibu hami lseperti jus lemon dan lainnya.

4. Mengontrol tekanan darah


Ibu hamil yang mempunyai tekanan darah tinggi (hipertensi) hendaknya segera melakukan tips tips sederhana untuk mengatasinya. Tekanan darah tinggi cukup beresiko menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan, namun bunda jangan khawatir. Dengan menerapkan pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan penyetabil tekanan darah, hipertensi akan semakin berkurang. Adapun makanan / minuman yang berkhasiat untuk mengontrol tekanan darah misalnya air jeruk lemon dan PDO minyak ikan [: 085 226 513 098 / 5a36d916].

5. Sebagai antioksidan


Air jeruk lemon juga mempunyai khasiat sebagai antioksidan, yaitu menyapu bersih zat racun yang ada di dalam tubuh dan menangkis ancaman radikal bebas yang cukup membahayakan kesehatan ibu hamil. Tak hanya air lemon, buna juga disarankan mengkonsumsi buah - buahan segar lainnya agar tubuh tetap terjaga kesehatan dan kebugarannya. Informasi selengkapnya silkan baca tips hamil sehat dan bugar secara alami

6. Membantu mengatasi kaki bengkak


ketika kehamilan telah memasuki trimester akhir, banyak yang mengeluhkan kaki bengkak. Kaki bengkak ini umumnya terjadi karena penumpukan cairan tubuh pada tempat yang lebih rendah. Untuk meringankan keluhan ini, anda bisa mengaplikasikan air jeruk nipis dengan air hangat lalu diminum secara teratur.

7. Atasi perut kembung


Perut kembung atau begah sering kali dialami ibu hamil hingga membuat kehamilan terasa tak nyaman. Untuk itu, segera atasi keluhan ini agar kehamilan bisa Anda jalani dengan enak dan menyenangkan. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi perut kembung adalah mengkonsumsi air jeruk lemon yang dicampur dengan air hangat.

Khasiat air jeruk lemon untuk ibu hamil memang sangat banyak, namun alangkah lebih bijaksananya jika anda konsultasi ke dokter sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi jeruk lemon secara teratur. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari efek negatif jika ternyata Anda punya alergi terhadap jeruk lemon, atau punya keluhan penyakit yang mengharuskan untuk menghindari lemon.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top