Kolesterol Tinggi Saat Hamil, Lakukan Langkah CERDIK Ini

Kolesterol tinggi saat hamil bukan lah sebuah penyakit, namun perlu diwaspadai karena kadar kolesterol terlalu tinggi bisa menjadi penghantar berbagai macam jenis penyakit berbahaya. Perlu kami sampaikan bahwa sebenarnya koleterol itu ada dua, yaitu HDL yang sering disebut dengan kolesterol baik dan LDL atau kolesterol jahat.

Apabila kolesterol jahat di dalam tubuh jumlahnya terlalu banyak maka bisa menyebabkan bermacam -macam penyakit. Tak hanya ibu hamil, semua orang pun kalau mempunyai kadar kolesterol cukup tinggi maka perlu hati hati dan segera melakukan langkah penyelamatan. Penanganan kolesterol bisa Anda lakukan dengan menerapkan "CERDIK" yang penjelasannya akan kami sampaikan nanti.

Efek Kolesterol Tinggi saat Hamil


Ada beberapa keluhan yang dapat muncul karena kelebihan kadar kolesterol. Jika tumpukan kolesterol di dalam pembuluh darah sudah terlalu banyak, tak hanya keluhan kesehatan biasa yang dapat terjadi namun bisa juga menyebabkan stroke, serangan jantung bahkan bisa menyebabkan mati mendadak. Di bawah ini adalah beberapa bahaya yang mungkin dialami ibu hamil apabila kadar kolesterol nya tinggi.

kolesterol-tinggi-saat-hamil
image from pixabay

1. Sesak napas


Kolesterol tinggi saat hamil bisa saja menyebabkan sesak napas yang cukup menyiksa. Hal ini bisa terjadi karena kadar kolesterol menghambat saluran pernapasan ibu hamil. Hal ini tidak hanya menyakitkan ibu hamil tapi juga berakibat kurang baik pada janin karena suply oksigen kepada janin tidak bisa berjalan dengan baik. Janin yang kurang suply oksigen bisa saja terhambat perkembangannya bahkan bisa mengalami cacat fisik.

2. Terlalu mudah lelah


Ibu hamil sehat pun sering kali merasakan capek dan lelah, terutama pada usia kehamilan muda. Perlu Anda ketahui bahwa rasa lelah yang disebabkan karena perubahan hormon itu berbeda dengan lela akibat peredaran darah tidak lancar. Kolesterol yang menghambat aliran darah tak hanya menyebabkan lelah biasa, tapi badan terasa lemes dan mudah terkena penyakit karena daya tahan tubuh menurun.

3. Aliran darah tak lancar


Kadar kolesterol terlalu tinggi yang menumpuk pada pembuluh darah bisa saja menghambat aliran darah. Terhambatnya aliran darah akan menyebabkan berbagai macam penyakit yang tidak bisa dianggap enteng. Untuk itu, hindari makanan yang memicu naiknya kadar kolesterol dan lakukan tips penanganan kolesterol tinggi saat hamil di bawah ini.

Penanganan Kolesterol Tinggi saat Hamil


Agar kehamilan Anda berjalan dengan baik, menyenangkan dan tidak banyak keluhan, Anda perlu menerapkan tips hamil sehat, menjaga pola makan, pola hidup, olahraga teratur dan istirahat cukup. Untuk mencegah dan menangani kolesterol tinggi saat hamil, Anda bisa menerakan tips yang kami singkat dengan CERDIK. Berikut penjelasannya :

Cek kesehatan secara rutin


Selama kehamilan berlangsung, bunda tidak boleh sembrono. Periksa kehamilan ke dokter atau bidan perlu dilakukan dengan rutin minimal sebulan sekali. Dengan demikian, jika ada masalah kehamilan maka akan segera terdeteksi dan tertangani dengan baik. Selain cek kehamilan, bunda perlu melakukan cek kesehatan secara berkala dengan tujuan apabila ada masalah kesehatan bisa segera terdeteksi dengan cepat.

Enyahkan asap rokok


Asap rokok harus Anda hindari semaksimal mungkin karena efek buruk asap rokok bagi kehamilan sangat banyak. Entah sebagai perokok aktif ataupun perokok pasif, efek buruknya sangat menakutkan. Untuk melihat seberapa besar dampak buruk asap rokok pada kehamilan silakan baca bahaya asap rokok bagi ibu hamil

Rajin aktivitas fisik


Agar kolesterol jahat di dalam tubuh bunda tidak merangkak terlalu tinggi, bunda perlu rutin dalam melakukan aktivitas fisik terutama olahraga ringan. Olahraga sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia, dengan olahraga lemak jahat di dalam tubuh bisa tebrakar sehingga peredaran darah dapat berjalan lancar. Khusus untuk ibu hamil, olahraga yang boleh dilakukan cukup terbatas, silakan baca penjelasannya olahraga yang aman untuk ibu hamil

Diet Seimbang


Yang dimaksud diet seimbang di sini bukan kok ibu hamil diwajibkan untuk menjalani program diet, tapi bunda perlu membatasi konsumsi makanan tertentu yang dapat meningkatkan kadar kolesterol seperti gorengan dan sebangsanya. Selain itu, bunda perlu mengkonsumsi sayur dan buah terutama sayur dan buah yang dapat menekan peningkatan kolesterol jahat.

Istirahat cukup


Untuk menangani kolesterol tinggi saat hamil, Anda perlu menerapkan pola hidup sehat dan istirahat cukup. Jangan hanya terfokus untuk melakukan aktifitas fisik untuk membakar lemak hingga lupa istirahat karena itu malah kurang baik. Anda perlu mengimbangi aktivitas fisik dengan istirahat cukup agar kesehatan benar benar terjaga dengan baik.

Kelola stress


Pikiran stress bisa menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan. Apabila Anda tergolong orang yang mempunyai kadar kolesterol tinggi sebaiknya kelola stress dengan baik, jangan membebani pikiran terlalu berat karena dapat menyebabkan penyakit serius. Cobalah untuk rileks dalam menghadapi semua masalah dan menyelesaikannya dengan hati gembira.

Itulah tips menangani kolesterol tinggi saat hamil yang kami singkat dengan CERDIK. Semoga dengan menerapkan tips di atas kesehatan bunda selalu terjaga dengan baik dan tidak banyak keluhan selama kehamilan. Sekian semoga bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top