Lapar Terus apakah Tanda Hamil ? Simak Penjelasan Ini

Apakah lapar terus merupakan tanda hamil ? Hingga saat ini masih banyak orang yang mencari informasi tentang kebenaran kabar bahwa salah satu tanda kehamilan adalah mudah lapar. Perlu Anda tahu bahwa penyebab orang mudah lapar itu banyak, dan diantara sekian banyak penyebab tersebut salah satunya adalah karena kehamilan.

Tak dipungkiri, ketika wanita sedang hamil secara otomatis nafsu makan akan meningkat dibandingkan sebelum hamil. Bagi mereka yang tidak mengalami morning sickness di awal kehamilan, rasa lapar akan semakin terasa cepat. Adapun ibu hamil yang menjumpai keluhan morning sickness umumnya juga cepat lapar namun perut terasa mual sehingga inginnya makan tapi tak kesampaian.

Mengapa lapar terus termasuk tanda hamil ?

lapar-terus-apakah-tanda-hamil
image from pixabay

Mungkin karena pengaruh adanya makhluk baru di dalam perut sehingga membuat nafsu makan ibu hamil meningkat. Ketika rasa lapar terus dibarengi dengan beberapa tanda kehamilan yang lain, berarti itu sebagai tanda hamil. Akan tetapi jika mudah lapar tidak dibarengi dengan tanda kehamilan lainnya, kemungkinan besar itu disebabkan oleh faktor lain. Adapun tanda kehamilan yang umum dialami oleh ibu hamil adalah sebagai berikut :

  • Mengalami mual dan muntah terutama di pagi hari
  • Terlambat datang bulan / telat haid
  • Perut kram disertai dengan keluarnya bercak darah dari jalan lahir
  • Badan terasa mudah lelah walaupun tidak habis melakukan aktivitas berat
  • Frekuensi buang air kecil meningkat dari sebelumnya
  • Mengalami peningkatan suhu basal tubuh
  • Mengidamkan makanan tertentu dengan alasan yang tak jelas
  • Dan lain lain

Untuk memastikan apakah rasa lapar yang Anda alami itu disebabkan karena kehamilan atau bukan maka silakan lakukan tes kehamilan dengan menggunakan testpack atau langsung periksa ke dokter atau bidan setempat.

Apakah harus banyak makan ?


Untuk mengatasi rasa lapar yang terus melanda saat sedang hamil, bunda perlu melakukan langkah yang tepat, misalnya dengan mengkonsumsi cemilan sehat ibu hamil. Jangan beranggapan bahwa rasa lapar ibu hamil itu harus diobati dengan banyak makan nasi karena ibu hamil yang terlalu banyak mengkonsumsi makanan berkarbohidrat dapat meningkatkan berat badan secara berlebih.

Berat badan berlebihan saat hamil kurang begitu baik untuk kesehatan ibu dan janin. Bagi ibu, obesitas (kelebihan berat badan) bisa memicu berbagai macam serangan penyakit seperti diabetes dan lainnya. Sedangkan pada janin, kemungkinan bisa meningkatkan berat badan secara berlebih sehingga berefek kurang baik pada kesehatannya.

Penyebab Mudah Lapar Selain Kehamilan


Sebagaimana yang telah kami sampaikan di atas bahwa orang mudah lapar itu disebabkan oleh berbagai macam faktor. Silahkan lakukan langkah tepat untuk mengatasi rasa lapar, yaitu dengan tetap menerapkan pola makan sehat dan olahraga teratur. Jangan sampai terlalu banyak makan tanpa dibarengi olahraga karena dapat memicu obesitas. Di bawah ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan mudah lapar.

Sedang haid


Nafsu makan wanita yang sedang menstruasi cenderung meningkat karena di saat itu hormon progesteron meningkat. Meningkatnya hormon ini tidak hanya berpengaruh pada kondisi emosional, melainkan juga berpengaruh pada peningkatan rasa lapar. Keadaan ini biasa terjadi jelang masa haid tiba hingga awal masa haid.

Susah tidur


Orang susah tidur yang dalam istilah jawa disebut dengan "klisikan" bisa menyebabkan perut mudah lapar. Hal ini terjadi karena kinerja hormon ghrelin bekerja lebih keras dari biasanya. Biasanya  untuk menghilangkan rasa lapar, mayoritas memilih makanan yang mempunyai kandungan karbohidrat tinggi padahal sebenarnya itu dapat meningkatkan resiko kelebihan berat badan.

Dehidrasi


Jika Anda bertanya, lapar terus apakah tanda hamil ? bisa jadi begitu, namun bisa juga disebabkan karena faktor lain seperti dehidrasi (kekurangan cairan). Ketika tubuh mengalami dehidrasi, tak hanya rasa haus yang dirasakan, terkadang perut pun merasakan lapar sekali. Untuk mengatasi dehidrasi Anda perlu memperbanyak minum, bukan mengkonsumsi makanan padat.

Tidak sarapan


Masih banyak orang yang melakukan program diet dengan melewatkan sarapan, padahal sebenarnya orang yang tidak sarapan itu justru membuat perut menjadi mudah lapar dan memungkinkan konsumsi makanan lebih banyak di waktu siang. Selain membuat perut mudah lapar, melewatkan sarapan juga menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan tubuh.

Dan masih banyak lagi hal yang dapat menyebabkan lapar. Intinya lapar terus itu tidak selamanya sebagai tanda hamil tapi bisa saja disebabkan karena faktor lain. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top