Manfaat dan Bahaya Buah Belimbing untuk Ibu Hamil

Buah belimbing termasuk salah satu buah segar yang sangat disukai oleh masyarakat, tak terkecuali ibu hamil. Ternyata buah belimbing tidak hanya enak rasanya, tapi juga mempunyai manfaat yang cukup banyak. Di sisi lain, buah belimbing juga dapat membahayakan kesehatan jika ternyata ibu hamil mempunyai keluhan penyakit tertentu.

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah belimbing dapat membantu menjaga dan merawat kehamilan. Oleh karena itu, banyak orang yang menggolongkan buah belimbing sebagai buah yang baik untuk ibu hamil. Mengenai manfaat dan bahaya apa saja yang bisa ditimbulkan oleh buah belimbing silakan simak penjelasannya berikut ini.

Manfaat Buah Belimbing untuk Ibu Hamil


manfaat-dan-bahaya-belimbing-untuk-ibu-hamil
image from pixabay

Buah belimbing mempunyai kandungan vitamin C, vitamin B kompleks, fospor, mineral, zat besi dan lainnya. Semua zat tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Di bawah ini adalah beberapa manfaat yang bisa bunda dapatkan dari buah belimbing.

1. Menguatkan tulang ibu hamil dan janin


Kandungan kalsium di dalam buah belimbing dapat menyumbangkan banyak manfaat bagi ibu hamil terutama untuk membantu perkembangan tulang dan gigi janin. Tak hanya untuk janin, kalsium juga sangat dibutuhkan ibu hamil untuk menguatkan tulang dan mencegah osteoporosis (pengeroposan tulang). Untuk memenuhi kebutuhan kalsium selama kehamilan, bunda perlu mengkonsumsi makanan tinggi kalsium salah satunya adalah buah belimbing.

2. Melancarkan pencernaan


Salah satu keluhan yang sering dialami ibu hamil adalah sembelit atau susah buang air besar. Jika tidak segera diatasi, keluhan ini membuat perut terasa sebah dan tak nyaman. untuk mengatasi keluhan ini, ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung serat. Di sinilah letak manfaat buah belimbing untuk ibu hamil, yaitu membantu melancarkan proses pencernaan karena banyak mengandung serat.

3. Menstabilkan tekanan darah


Buah belimbing mempunyai kandungan kalium yang berkhasiat untuk membantu menstabilkan tekanan darah sehingga ibu hamil dapat terhindar dari hipertensi (tekanan darah tinggi). Sebagaimana kita tahu, ibu hamil yang mengalami hipertensi cukup berbahaya apabila tidak segera diatasi karena bisa memicu munculnya aneka macam penyakit serius.

4. Mengatasi kurang darah


Sering kali dijumpai ibu hamil kekurangan zat besi, terutama pada usia kehamilan trimester pertama. Biasanya dokter memberikan obat penambah darah yang diminum sehari satu kapsul agar kebutuhan zat besi dapat terpenuhi. Selain itu, ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi, salah satunya adalah buah belimbing. Informasi selengkapnya bisa Anda baca pada makanan penambah darah ibu hamil.

5. Mencegah penyakit


Kandungan vitamin C di dalam buah belimbing sangat bermanfaat untuk ibu hamil untuk menangkal berbagai macam penyakit, baik penyakit ringan maupun berat sekalipun. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi janin karena pertumbuhan janin tidak terhalang oleh hal apapun. Ibu hamil sehat, janin pun dapat berkembang dengan baik.

6. Menambah nafsu makan


Terkadang nafsu makan ibu hamil menurun dikarenakan banyak keluhan yang muncul seperti mual, muntah, pusing dan lainnya. Jika nafsu makan ibu hamil tak kunjung normal, asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh tidak bisa sempurna. Dengan kandungan vitamin A yang cukup banyak, buah belimbing sangat bermanfaat untuk ibu hamil dalam meningkatkan nafsu makannya.

Bahaya Buah Belimbing untuk Ibu Hamil


Buah belimbing dapat menyumbangkan manfaat begitu banyak bagi ibu hamil, namun bukan berarti belimbing selalu aman dikonsumsi ibu hamil. Pada orang tertentu, buah belimbing ternyata dapat menyebabkan keluhan yang perlu Anda waspadai. Simak penjelasannya berikut ini :)

Waspadai belimbing jika Anda penderita penyakit tertentu


Apabila Anda tergolong orang yang mempunyai keluhan penyakit ginjal, perlu kiranya untuk menghindari buah belimbing. Mengapa demikian ? karena buah belimbing mempunyai kandungan asam osalat yang dapat mengakibatkan dampak buruk pada penderita penyakit ginjal. Ketika penyakit ini kambuh, tak hanya ibu hamil yang kesakitan tapi janin pun akan mendapatkan dampak negatifnya.

Selain itu, belimbing juga tidak dianjurkan untuk ibu hamil yang sedang menderita penyakit diabetes. Buah belimbing cukup banyak mengandung gula, sehingga bisa membahayakan ibu hamil yang menderita diabetes. Pada dasarnya buah segar sangat baik untuk ibu hamil, namun jika ibu hamil sedang menderita penyakit tertentu hendaknya tetap hati - hati dan waspada.

Demikian informasi mengenai manfaat dan bahaya buah belimbing untuk ibu hamil yang dapat kami sampaikan. Untuk memastikan apakah kesehatan Anda baik - baik saja ketika mengkonsumsi belimbing, alangkah baiknya konsultasi ke dokter terdekat.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top