Manfaat Daun Katuk untuk Ibu Hamil dan Efek Sampingnya

Daun katuk memiliki manfaat cuku banyak untuk ibu hamil karena mengandung banyak nutrisi bermanfaat seperti kalsium, fospor, vitamin A, vitamin B, vitamin C dan lainnya. Di sisi lain jika daun katuk ini dikonsumsi dalam jumlah berlebih maka dapat menimbulkan beberapa efek samping yang kurang menguntungkan bagi ibu hamil.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai sayur katuk, ada baiknya Anda baca terlebih dahulu penjelasan mengenai aneka macam jenis sayur yang bermanfaat bagi ibu hamil di dalam artikel berjudul sayuran yang baik untuk ibu hamil.

Selanjutnya silakan simak penjelasan di bawah ini untuk mendapatkan informasi detil mengenai manfaat yang bisa diperoleh ibu hamil dengan mengkonsumsi sayur katuk.

manfaat-daun-katuk-untuk-ibu-hamil
image from pixabay, ilustrasi daun katuk

Manfaat Daun Katuk untuk Ibu Hamil


Telah kami sampaikan di atas bahwa daun katuk ini mempunyai kandungan nutrisi yang cukup mendukung kesehatan ibu hamil dan membantu perkembangan janin. Untuk itu, ibu hamil yang mengkonsumsi daun katuk dalam porsi wajar maka akan mendapatkan manfaat yang cukup banyak, antara lain adalah sebagai berikut :

1. Daun katuk menguatkan tulang ibu hamil


Daun katuk memiliki kandungan kalsium yang cukup banyak sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang ibu hamil. Sebagaimana kita ketahui bahwa perkembangan tulang dan gigi janin itu membutuhkan banyak kalsium. Jika ibu hamil tidak bisa mencukupinya maka bisa menimbulkan efek buruk pada tulang janin maupun ibu.

2. Menyehatkan mata


Selain mengandung kalsium, daun katuk juga mengandung vitamin A yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata serta mencegah berbagai macam penyakit yang disebabkan karena kekurangan vitamin A. Selain bermanfaat untuk ibu, vitamin A juga dibutuhkan oleh janin untuk membatu proses penyempurnaan organ mata.

3. Mencegah anemia


Ibu hamil yang mengalami anemia (kurang darah) biasanya menjumpai keluhan yang lemes, lelah, letih dan mudah pingsan. Jika ibu hamil tidak mau mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi maka keadaan akan menjadi semakin parah. Di sinilah manfaat daun katuk untuk ibu hamil dapat diandalkan karena kandungan zat besinya. Adapun beberapa jenis makanan yang mengandung zat besi bisa anda baca makanan penambah darah ibu hamil.

4. Menjaga sistem metabolisme


Kandungan vitamin B dalam buah katuk bermanfaat bagi ibu hamil untuk menjaga metabolisme tubuh. Dengan terjaganya sistem metabolisme, badan akan terasa lebih segar, nyaman dan tidak mudah terkena serangan penyakit. Agar sistem metabolisme terjaga dengan baik, ibu hamil disarankan untuk banyak mengkosnumsi sayur dan buah segar.

5. Mencegah flu


Perubahan cuaca yang tidak menentu kadang kala membuat ibu hamil terserang masuk angin dan flu. Keadaan ini memang wajar, namun cukup membuat tidak nyaman. Untuk mencegah penyakit flu anda bisa menggunakan daun katuk sebagai oabat alami karena daun katuk memiliki kandungan efedrin yang berkhasiat untuk mencegah flu.

6. Membuang racun


Kandungan klorofil daun katuk berkhasiat sebagai detoksifikasi atau membuang racun dari dalam tubuh. Segala macam racun baik dari bakteri, virus maupun parasit dapat teratasi oleh daun katuk ini. Namun demikian bunda tidak boleh sembarangan dalam memasak daun katuk, pastikan daun katuk ini Anda masak dengan benar dan tidak dicampur dengan bahan yang membahayakan kehamilan.

7. Melancarkan penyebaran oksigen ke tubuh


Zat besi yang terkandung di dalam daun katuk bermanfaat untuk ibu hamil melancarkan penyebaran oksigen. Penyebaran oksigen di dalam tubuh ibu hamil harus sempurna, pasalnya tidak hanya ibu hamil yang akan mendapat manfaatnya tapi janin dalam kandungan juga mendapatkan manfaat. Betapa tidak, selama di dalam kandungan janin sangat lah bergantung pada ibu. Kalau penyebaran oksigen lancar berarti penyaluran nutrisi ke kepada janin juga berjalan lancar.

8. Mencegah pendarahan saat persalinan


Ibu hamil yang kekurangan zat besi tidak hanya berdampak buruk pada saat hamil saja, tapi saat proses persalinan berlangsung ibu hamil yang kekurangan zat besi sangat beresiko mengalami pendarahan hebat. Mengkonsumsi daun katuk selama hamil sama saja memberi asupan zat besi ke dalam tubuh sehingga saat proses persalinan tiba tidak terjadi pendarahan hebat.

Efek Samping Daun Katuk untuk Ibu Hamil


Walaupun mempunyai manfaat yang cukup banyak namun bukan berarti daun katuk tidak memiliki efek samping. Apabila daun katuk ini dikonsumsi terlalu banyak maka dapat menimbulkan efek samping antara lain adalah :

  • Dapat menyebabkan susah tidur
  • Dapat mengganggu sistem pernapasan
  • Nafsu makan menurun
  • Kurang baik untuk kesehatan paru paru
  • Bisa menimbulkan keracunan

Tips Konsumsi Daun Katuk saat Hamil


Agar tidak sampai terjadi hal tidak diinginkan maka ibu hamil perlu mengkonsumsi daun katuk dengan cara yang benar. langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih aun katuk yang benar benar segar. Setelah Anda memperoleh daun katuk yang segar selanjutnya masaklah daun katuk seperti halnya memasak sayur bayam atau lainnya.

Mengkonsumsi daun katuk dalam keadaan mentah tidak lah dianjurkan untuk memperkecil efek buruknya. Selanjutnya silakan nikmati sayur katuk dalam jumlah wajar, jangna berlebihan yaitu kurang per hari tidak lebih dari 50 gram agar efek samping daun katuk yang telah kami sampaikan di atas tidak mengenai diri Anda.

Demikianlah info tentang manfaat daun katuk untuk ibu hamil dan beberapa hal yang terkait dengannya. Menjaga kehamilan dengan baik adalah langkah bijak untuk calon buah hati yang telah lama dinantikan. Sekian dan semoga kehamilan bunda sehat selalu.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top