Manfaat Pare untuk Ibu Hamil dan Bahayanya

Pare merupakan salah satu sayura yang cukup banyak mengandung manfaat baik untuk ibu hamil maupun untuk siapa saja. Pare memang rasanya pahit, namun rasa pahit sayur pare justru memberikan sensasi kelezatan yang dapat membuat orang ketagihan. Apalagi kalau pare ini dioseng dengan campuran ikan teri, rasanya tambah sedap dan mantap.

Apabila saat ini Anda sedang hamil mungkin keinginan untuk makan sayur pare terhalang oleh kabar yang menyebutkan bahwa pare bisa menyebabkan masalah kehamilan. Namun demikian Anda tak jangan langsung mengambil kesimpulan sebelum mencari informasi yang menguatkannya atau konsultasi langsung ke dokter.

Perlu kami sampaikan bahwa sebenarnya sayur pare itu sangat bagus bagi kesehatan karena banyak mengandung nutrisi bermanfaat. Akan tetapi konsumsi pare terlalu banyak saat sedang hamil dapat menyebabkan berbagai macam efek  negatif. Untuk itu, silakan simak penjelasan berikut ini :

manfaat-pare-untuk-ibu-hamil
image from pixabay

Manfaat Pare untuk Ibu Hamil


Apabila ibu hamil mengkonsumsi sayur pare dengan jumlah wajar dan dalam memasaknya tidak dicampur dengan bahan yang membahayakan kehamilan maka ibu hamil akan memperoleh banyak manfaat. Manfaat tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

1. Pare dapat mencegah hipertensi


Pada saat usia kehamilan telah memasuki trimester ketiga sering kali dijumpai ibu hamil yang mengalami hipertensi (tekanan darah tinggi). Hipertensi memang bukan satu penyakit tapi jika tidak segera diatasi bisa menyebabkan munculnya penyakit serius. Salah satu cara untuk menstabilkan tekanan darah adalah dengan mengkonsumsi pare karena kandungan di dalamnya sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah.

2. Memelihara kesehatan kulit


Pare memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak sehingga bermanfaat untuk ibu hamil dalam ha menjaga dan merawat kulit agar tetap sehat, cerah, kencang dan cantik. Sebagaimana kita ketahui bahwa pada saat hamil umumnya wanita mengalami beberapa masalah di kulit seperti gatal - gatal, muncul garis hitam, stretch mark dan lainnya. Maka dari itu lah ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C termasuk sayur pare. Untuk informasi lebih lengkap mengenai masalah kulit saat hamil silakan baca cara menghilangkan garis hitam di perut ibu hamil

3. Mencegah obesitas


Manfaat pare untuk ibu hamil lainnya adalah dapat membantu mengontrol berat badan sehingga tidak sampai kegemukan (obesitas). Sebagian orang ada yang menyatakan bahwa makan pare bisa amenurunkan nafsu makan sehingga berat badan bisa turun. Akan tetapi ada juga yang mengatakan setelah makan pare nafsu makannya justru bertambah.

4. Menyehatkan jantung


Jantung adalah organ penting dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk memompa darah. Jika kerja jantung ini terganggu karena adanya lemak jahat dalam tubuh maka kesehatan akan sangat terganggu pula. Untuk itu diperlukan beberapa tips sehat dalam mengatasi hal ini, silakan baca informasi detil pada kolesterol tinggi saat hamil, lakukan langkah CERDIK ini

5. Membantu lancarkan pencernaan


Sayur pare mempunyai kandungan serat yang bisa diandalkan. Keluhan yang sering dialami oleh ibu hamil yaitu sembelit (susah BAB) bisa diatasi dengan mengkonsumsi makanan kaya serat. Di sini lah peran pare dalam mengatasi sembelit ibu hamil, yaitu karena kandungan serat nya cukup banyak sehingga dapat melancarkan pencernaan.

Bahaya Pare untuk Ibu Hamil


Manfaat pare untuk ibu hamil memang banyak namun Anda tak boleh sembarangan dalam mengkonsumsi pare karena konsumsi sayur pare dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang tidak bisa dianggap remeh. Di bawah ini adalah dampak negatif yang bisa ditimbulkan karena makan pare terlalu banyak :

1. Pare dapat menyebabkan kelahiran prematur


Selain mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil, pare juga mempunyai kandungan senyawa kina. Efek samping dari senyawa ini kurang menguntungkan bagi ibu hamil, yaitu dapat mengakibatkan penyusutan rahim. Ibu hamil tidak direkomendasikan untuk mengkonsumsi pare dalam jumlah banyak karena dapat meningkatkan resiko kelahiran bayi prematur bahkan terjadi keguguran.

2. Alergi


Kandungan vicine dalam sayur pare juga perlu diwaspadai oleh ibu hamil, pasalnya vicine dapat menyebabkan alergi seperti ruam kulit dan gatal - gatal. Konsumsi pare dalam porsi wajar memang baik untuk kesehatan kulit tapi jika terlalu banyak efek sampingnya justru menimbulkan alergi pada kulit.

Demikian penjelasan mengenai manfaat pare untuk ibu hamil dan bahayanya. Sekarang Anda pasti bisa menyimpulkan sendiri, apakah sayur pare boleh dikonsumsi atau tidak. Intinya makan sayur pare boleh asalkan tidak berlebihan dan dimasak dengan cara yang benar. Namun demikian jika Anda masih ragu, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top