Manfaat Puasa Bagi Ibu Hamil Ternyata Banyak Banget

Manfaat puasa bagi ibu hamil - Bulan puasa telah tiba, banyak ibu hamil yang ragu apakah puasa dapat mempengaruhi kesehatan janin atau tidak. Keraguan ini wajar terjadi mengingat orang puasa itu seharian tidak mendapatkan asupan nutrisi dari makanan dan minuman, sedangkan janin dalam kandungan masih sangat bergantung pada ibunya.

Anda tak perlu takut untuk menjalankan ibadah puasa karena sebenarnya puasa itu hanya merubah waktu makan dan minum saja. Kalau biasanya makan dan minum di waktu siang, saat puasa dirubah menjadi malam. Berarti asupan nutrisi masih bisa dilakukan dengan sempurna di waktu malam dengan mengkonsumsi makanan bergizi tinggi.

Manfaat Puasa Bagi Ibu Hamil

manfaat-puasa-bagi-ibu-hamil
image from pixabay

Untuk menjalani ibadah puasa memang satu hal yang sangat berat karena ibu hamil itu telah berjuang sekuat tenaga untuk menjaga dan merawat janin dalam kandungannya diiringi dengan keluhan kehamilan silih berganti, dan masih ditambah harus menahan lapar dan minum hingga matahari terbenam.

Apakah perintah puasa itu tidak memberatkan ibu hamil ?


Jawabnya tidak, karena kewajiban menjalankan ibadah puasa itu wajib bagi semua umat islam namun ada beberapa orang yang diberi kemurahan untuk tidak puasa dan mengganti di hari yang lain, salah satunya adalah ibu hamil dan ibu menyusui yang mengkhawatirkan keselamatan anaknya.

Pada zaman sekarang ini, ibu hamil tak perlu takut karena sudah banyak tersedia makanan bergizi tinggi yang disediakan di toko makanan. Nutrisi yang dibutuhkan oleh janin tetap terpenuhi dengan cara makan bergizi di waktu malam dengan tetap memperhatikan pola makan sehat. Dengan demikian ibadah puasa tetap berjalan lancar dan janin pun sehat, selamat dan tak ada gangguan.

Puasa tidak lah membuat penyakit, justru sangat bermanfaat bagi manusia, tak terkecuali ibu hamil. Di bawah ini adalah manfaat puasa bagi ibu hamil yang perlu Anda ketahui :)

1. Mencegah obesitas


Obesitas (kelebihan berat badan) bukan lah penyakit, namun bisa memicu berbagai macam jenis penyakit. Maka, perlu kiranya kita menjaga pola makan sehat dan melakukan aktivitas yang bisa membakar lemak tubuh yang tak bermanfaat. Salah satu manfaat puasa adalah membantu proses pembakaran lemak jahat dalam tubuh sehingga dapat mencegah ibu hamil dari obesitas.

2. Mencegah morning sickness


Tak dipungkiri, hampir semua ibu hamil mengalami mual dan muntah terutama di waktu pagi (morning sickness). Mual disertai muntah ini memang umum terjadi bahkan disebut sebut sebagai tanda awal kehamilan, namun Anda perlu melakukan tindakan untuk mencegah dan meringankannya agar aktivitas bisa berjalan dengan lancar. Puasa merupakan salah  satu langkah tepat untuk mencegah morning sickness karena dapat menstabilkan asam lambung.

3. Jantung sehat


Salah satu manfaat puasa bagi ibu hamil adalah dapat membantu menyehatkan organ jantung, pasalnya puasa dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Kolesterol itu bukan penyakit namun sangat jika kadar kolesterol jahat dalam tubuh di atas normal maka sangat menakutkan karena bisa menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya salah satunya adalah serangan jantung yang dapat mengakibatkan orang meninggal secara mendadak.  Informasi lengkap mengenai penanganan kolesterol saat hamil silakan baca kolesterol tinggi saat hamil, lakukan langkah CERDIK ini !

4. Menjaga kesehatan jiwa


Aturan yang dibuat dalam berpuasa bukanlah sekedar menahan lapar dan haus, akan tetapi juga menahan emosi. Bahkan jika ada orang yang mengajak bertengkar orang yang berpuasa itu supaya menolak dengan mengatakan "saya sedang puasa..saya sedang puasa". Dengan demikian puasa tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik tapi juga dapat menjaga kesehatan jiwa.

5. Ginjal sehat


Ginjal akan senantiasa sehat jika dapat bekerja dengan optimal. Ketika ibu hamil menahan diri untuk tidak minum seharian itu berarti melatih ginjal untuk bekerja secara optimal. Apakah puasa tidak menyebabkan dehidrasi ? ya tergantung yang menjalani. Kalau di waktu malam tetap memberi asupan cairan tubuh dengan baik maka tidak terjadi dehidrasi, namun jika saat malam bunda hanya sedikit minum maka kemungkinan akan mengalami dehidrasi yang berdampak kurang baik bagi kehamilan.

Itulah manfaat puasa bagi ibu hamil yang dapat kami tulis. Semoga di bulan ramadhan tahun ini kita senantiasa bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik dan calon buah hati kita tetap sehat, aman, selamat dan tumbuh berkembang dengan baik. Sekian, semoga bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top