Masuk Angin atau Tanda Awal Kehamilan ya ? Simak Penjelasan Ini

Banyak dijumpai wanita yang menganggap tanda awal kehamilan sebagai masuk angin. Hal kerap terjadi terutama pada mereka yang belum begitu mengenal ciri, tanda dan gejala kehamilan. Biasanya ini terjadi para kaum hawa yang baru pertama kali menjalani kehamilan. Bagi mereka yang telah mengetahui seluk beluk kehamilan, tentu mudah sekali membedakan tanda hamil dengan masuk angin.

Masuk angin merupakan sebuah istilah yang disampaikan oleh masyarakat untuk mengungkapkan masalah kesehatan yang dialami. Tanda masuk angin antara lain adalah pusing, perut kembung, meriang, panas dingin dan lain lain.

Dalam dunia kedokteran tidak ada penyakit yang disebut dengan masuk angin. Secara medis, keluhan yang dirasakan oleh pasien akan diperiksa dengan cermat sehingga diagnosa penyakit bisa dilakukan secara lebih akurat. Dengan demikian, pemberian obat untuk pasien benar benar sesuai dengan penyakit yang diderita.

masuk-angin-tanda-awal-kehamilan
image from pixabay

Masuk Angin Tanda Awal Kehamilan


Sebenarnya wanita yang menganggap tanda awal kehamilan sebagai masuk angin itu cukup membahayakan kehamilan, pasalnya banyak orang yang memilih obat herbal untuk mengatasi masuk anginnya. Sebut saja tolak angin atau antangin, keduanya d masyarakat Indonesia memang sudah sangat terkenal dan banyak dipilih untuk menghalau masuk angin.

Namun apa jadinya jika ternyata yang Anda alami adalah kehamilan kemudian minum tolak angin ? Dari pihak tolak angin sendiri telah memberi peringatan yang ditulis di setiap kemasan yang isinya "tidak direkomendasikan untuk ibu hamil". Coba baca dulu penjelasannya bolehkah ibu hamil minum tolak angin ?

Untuk mengetahui apakah yang sedang anda alami saat ini masuk angin biasa atau sedang hamil, Anda perlu mengetahui apa saja tanda dan gejala kehamilan awal. Dengan mengetahui tanda kehamilan Anda akan lebih mudah untuk mengenali diri Anda hamil atau masuk angin.

Tanda Awal Kehamilan


Ada beberapa perubahan yang terjadi pada fisik dan psikis wanita hamil . Perubahan tersebut sering kali disebut sebagai gejala atau tanda kehamilan. Beberapa perubahan tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  • Mengalami mual dan muntah terutama pada saat pagi
  • Tubuh menjadi lemas, letih dan mudah lelah walaupun tidak habis beraktivitas berat
  • Keluar darah melalui jalan lahir
  • Mengalami kram perut ringan
  • Pembengkakan pada bagian p*yud@r@, lengan dan paha
  • Areola (daerah sekitar put!ng) menghitam
  • Menjadi lebih sering buang air kecil
  • Kepala pusing
  • Mengalami keputihan tanda hamil 
  • Mood mudah berubah
  • Telat datang bulan
  • Dan lain lain

Dari beberapa tanda awal kehamilan di atas memang ada sebagian yang mirip dengan gejala masuk angin yaitu kepala pusing, lelah dan mengantuk. Ketika gejala masuk angin datang banyak diantara mereka yang berusaha menghilangkannya dengan kerokan dan atau mengkonsumsi obat herbal seperti yang telah kami sampaikan di atas.

Mengatasi masuk angin dengan cara kerokan ini sudah sejak ada sejak zaman dulu dan turun temurun hingga sekarang. Walaupun tidak direkomendasikan oleh dokter namun seakan tak peduli apa yang akan terjadi, setiap gejala masuk angin muncul kerokan pun dilakukan. Apabila ternayata yang muncul itu tanda kehamilan (bukan masuk angin) gimana ? apakah berbahaya ? Simak penjelasannya krokan saat hamil muda, amankah ?

Langkah Jitu Ketika Anda Ragu sedang Hamil atau Masuk Angin


Ketika Anda menjumpai keraguan atas keadaan yang terjadi, apakah masuk angin atau hamil maka Anda perlu melakukan langkah yang tepat. Jangan tergesa gesa membuat kesimpulan yang bisa berakibat fatal. Untuk itu, jika Anda ragu lakukan langkah di bawah ini :

1. Tes kehamilan


Jika ternyata keluhan mirip masuk angin seperti pusing, lelah,mengantuk dan perut kembung yang Anda alami dibarengi dengan gejala kehamilan lain seperti yang telah kami tulis dia atas maka Anda jangan terburu buru menyimpulkan kalau sedang hamil atau sedang masuk angin. Sebaiknya tes kehamilan Anda dengan test pack untuk memastikan kehamilan.

Sebaliknya jika tanda masuk angin tidak dibarengi dengan gejala kehamilan maka kemungkinan besar yang sedang anda alami adalah masuk angin biasa dan anda tak perlu melakukan tes kehamilan. Namun demikian, apabila Anda tetap saja ragu silakan ikuti langkah kedua di bawah ini.

2. Periksakan ke dokter


Langkah paling direkomendasikan saat Anda menjumpai keluhan kesehatan adalah segera datang ke dokter untuk konsultasi dan atau mendapat pemeriksaan tepat. Dokter telah dibekali ilmu medis yang sangat mumpuni untuk mendiagnosa setiap keluhan pasien, termasuk masuk angin. Ketika dokter menanayakan sesuatu kepada Anda silakan dijawab dengan jujur dan apa adanya, tak usah ditutup tutupi agar diagnosa penyakit bisa dilakukan dengan akurat.

Sekian informasi yang bisa kami sampaikan untuk membedakan  masuk angin atau tanda awal kehamilan. Semoga dengan penjelasan di atas, perawatan kehamilan yang kita lakukan bisa berjalan dengan lebih sempurna.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top