Mengenali Tanda Kehamilan Muda melalui Gejala yang Muncul

Mengenali tanda kehamilan bisa dilakukan sejak sedini mungkin dengan melihat gejala yang muncul di saat kehamilan mulai terjadi. Ketika pasangan suami istri telah bercinta, terutama jika dilakukan pada masa subur maka seminggu setelahnya akan muncul beberapa gejala hamil jika memang pembuahan berhasil terjadi.

Apabila gejala kehamilan telah muncul, penting kiranya pasangan suami istri segera mengenali kehamilannya. Mengapa demikian ? karena kehamilan yang diketahui sejak awal akan lebih terjaga dan terawat dengan baik.

Berbeda jika pasangan suami istri telat dalam mengetahui kehamilannya, terkadang calon buah hati yang ada di dalam rahim ibu harus menjadi korban gara - gara melakukan beberapa hal yang tidak boleh dilakukan ibu hamil.

mengenali-tanda-kehamilan
image from pixabay

Mengenali Tanda Kehamilan


ketika kehamilan telah terjadi maka tubuh wanita akan mengalami beberapa perubahan baik berupa perubahan fisik maupun perubahan emosional. Setelah tanda kehamilan mulai muncul, bunda bisa melakukan test kehamilan dengan menggunakan testpack. Penjelasan mengenai kapan bisa melakukan tes kehamilan dengan akurat silakan baca kapan test pack bisa mendeteksi kehamilan dengan akurat ?

Adapun tanda dan gejala kehamilan yang banyak dialami oleh wanita hamil antara lain adalah sebagai berikut :

1. Kehamilan bisa dikenali dengan morning sickness


Tak seperti biasa, ketika pembuahan di telah berhasil terjadi maka tubuh wanita akan memproduksi hormon kehamilan (HCG) yang akhirnya dapat mempengaruhi kondisi tubuh. Morning sickness (mual dan muntah) adalah salah satu efek yang ditimbulkan dari meningkatnya hormon kehamilan dalam tubuh. Perlu Anda ketahui bahwa mual dan muntah tidak selamanya disebabkan karena kehamilan tapi juga bisa disebabkan karena faktor lain. Maka dari itu, jangan langsung beranggapan Anda hamil hanya karena mengalami mual dan muntah.

2. Badan lemas, letih dan lelah


Meningkatnya hormon esterogen dan progesteron serta produksi HCG dalam tubuh ibu hamil akan berdampak pada kondisi tubuh yang menjadi kurang bersemangat, letih dan lelah. Keadaan ini biasa terjadi pada ibu hamil mulai awal kehamilan hingga usia kehamilan trimester pertama berakhir. Jika keadaan ini tak kunjung berakhir, Anda perlu melakukan beberapa tips sederhana untuk meringankannya. Silakan baca lemas saat hamil muda, bagaimana cara mengatasinya ?

3. Keluar bercak darah


Di awal kehamilan, bunda tak perlu kaget jika menjumpai bercak darah yang keluar dari jalan lahir. Keluarnya bercak darah ini justru bisa digunakan untuk mengenali tanda kehamilan. Bercak darah ini terjadi karena proses implantation bleeding atau menempelnya bakal janin ke dinding rahim. Informasi lebih gamblang mengenai bercak darah tanda kehamilan silakan baca bercak darah tanda kehamamilan berapa banyak dan berapa lama ?

3. Kram perut


Efek dari implantation bleeding tidak hanya bercak darah saja, tapi juga disertai dengan kram perut ringan. Memang tiak semua ibu hamil menagalami hal ini namun banyak diantara ibu hamil yang mengeluhkan kram perut di awal kehamilannya. Perlu Anda ketahui bahwa kram perut ini terjadi tidak terus terusan dan hanya ringan. Apabila kram ini terjadi terus terusan dan melilit lilit hebat mungkin saja disebabkan karena faktor lain.

4. Ngidam makanan


Hingga sekarang masih belum ada alasan pasti mengenai ngidam saat hamil, namun faktanya memang ibu hamil bawaannya ngidam makanan tertentu. Mengenai makanan apa yang diidamkan saat hamil, kita tidak bisa memprediksi sebelumnya karena kebanyakan wanita hamil suka ngidam yang aneh aneh. Kadang terjadi ibu hamil yang dulunya tidak suka mangga muda, tapi setelah hamil malah ngidam mangga muda.

5. Terlambat datang bulan


Gejala yang satu ini merupakan ciri umum yang biasa digunakan oleh kebanyakan orang untuk mengenali tanda kehamilan. Tak bisa dipungkiri lagi bahwa kehamilan itu selalu ditandai dengan telat haid, walau terkadang telat haid ini terjadi karena faktor lain seperti stress, terlalu capek, gangguan hormonal dan lain - lain.

7. Mood kacau


Perubahan hormon dalam tubuh ibu hamil tidak hanya mempengaruhi keadaan fisik tapi juga mempengaruhi emosional. Wanita yang sedang mengandung sering kali mood nya kacau meski tidak ada masalah yang membuat pikirannya stress. Terkadang dijumpai ibu hamil yang sedang bergembira namun dalam waktu yang cukup cepat langsung berubah menjadi susah.

Ketika tanda kehamilan di atas telah muncul pada diri Anda segera saja lakukan tes kehamilan dengan menggunakan testpack atau langsung periksa ke dokter guna memastikan kehamilan Anda.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengenali tanda kehamilan muda melalui gejala gejalanya. Semoga kehamilan yang Anda jalani berjalan dengan lancar, tanpa hambatan dan menyenangkan. Amiiin

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top