Puasa Bagi Ibu Hamil 4, 5, 6, 7, 8, 9 Bulan (trimester kedua dan ketiga) Bolehkah ?

Tidak ada larangan puasa bagi ibu hamil di segala usai kehamilan, mulai dari usai kehamilan muda trimester pertama (bulan 1, 2, 3), trimester kedua (bulan 4, 5, 6) dan trimester ketiga (bulan 7, 8, 9). Namun demikian, sebaiknya bunda tetap mempertimbangkan kondisi kesehatan janin dan ibu. Hal terpenting yang perlu dilakukan oleh ibu hamil adalah tetap menjaga asupan gizi yang seimbang meskipun sedang puasa. Kenapa hal ini penting ? karena tumbuh kembang janin dalam kandungan masih sangat bergantung pada ibu.

Selama menjalani ibadah puasa, hendaknya ibu hamil mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat, vitamin, protein, mineral, zat besi, asam folat dan lainnya agar kesehatan senantiasa terjaga dan tubuh tetap segar bugar meski sedang menjalani ibadah puasa.

Satu lagi yang penting untuk diperhatikan ibu hamil ketika menjalani ibadah puasa yaitu asupan cairan ke dalam tubuh harus benar benar terpenuhi, jangan sampai kekurangan cairan (dehidrasi). Untuk itu, Anda harus minum air paling tidak dua liter (8 gelas) per hari. Berhubung di waktu siang tidak boleh minum maka bisa Anda lakukan di malam hari.

puasa-bagi-ibu-hamil-4-5-6-7-8-9-bulan
image from pixabay

Puasa Bagi Ibu Hamil Muda Trimester Pertama


Apabila saat ini usai kehamilan Anda baru menginjak 3 bulan pertama (trimester pertama), Anda tidak perlu ragu untuk menjalani ibadah puasa, pasalnya dengan berpuasa bukan kejelekan yang akan Anda dapat melainkan Anda akan mendapat banyak manfaat. Penjelasan mengenai aman dan tidaknya puasa ketika hamil muda, silakan Anda baca puasa bagi ibu hamil muda, amankah ?

Intinya, puasa pada saat hamil muda itu aman asalkan bunda tetap memperhatikan asupan nutrisi harian dengan baik. Sebelum menjalani ibadah puasa sebaiknya konsultasikan dulu kondisi kehamilan Anda ke dokter. Begitu juga ketika Anda telah menjalani puasa lalu di tengah perjalanan menjumpai keluhan kesehatan yang membuat hati Anda khawatir akan kesehatan janin maka sebaiknya segera konsultasi ke dokter.

Puasa Bagi Ibu Hamil 4, 5 dan 6 bulan (trimester kedua)


Pada saat usia kehamilan telah memasuki bulan ke 4, 5 dan 6 (trimester kedua) segala macam keluhan yang muncul di awal kehamilan biasanya telah hilang. Keadaan ini tentu sangat mendukung jika Anda ingin berpuasa, namun jangan sembrono karena pada usai ini janin lebih banyak membutuhkan asupan nutrisi untuk tumbuh dan berkembang.

Untuk itu, jika Anda benar benar berniat untuk puasa sebaiknya konsultasikan dulu kesehatan Anda ke dokter . Jika kesehatan Anda mendukung maka jalani ibadah puasa dengan baik dan jangan lupa untuk memberikan asupan nutrisi yang cukup melalui makanan sehat dan bergizi. Bunda dianjurkan untuk makan makanan bergizi dan minum susu serta memberi asupan karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral yang seimbang.

Apabila di tengah menjalani puasa Anda menjumpai keluhan seperti pusing, tubuh gemetaran, keluar keringat dingin dan lain lain maka jangan teruskan puasa Anda dan segera periksa ke dokter. Anda tidak perlu khawatir karena puasanya ada yang bolong karena ibu hamil yang mengkhawatirkan keselamatan anaknya itu mendapat ruhsoh (kemurahan) untuk tidak puasa dengan mengganti puasa di hari lain.

Anjuran Puasa Sehat Ibu Hamil Trimester Kedua


Jika ibu hamil memutuskan untuk puasa di bulan 4, 5 dan 6 (trimester kedua), sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini agar puasa bisa dijalani dengan nyaman tanpa mempengaruhi kesehatan janin :)

  • Jalani puasa dalam keadaan sehat, sebaiknya konsultasi dulu ke dokter sebelum puasa
  • Jika kondisi lagi tidak sehat, sebaiknya tidak usah puasa
  • Konsumsi makanan bergizi tinggi pada saat buka, sahur dan waktu malam
  • Jangan lupa untuk minum susu
  • Kalau Anda menjumpai gerakan janin tidak aktif sebaiknya periksa ke dokter karena pada usia ini janin sudah banyak gerak, silakan baca usia kandungan 5 bulan, Perkembangan Janin dan Posisi Tidur Ibu 
  • Cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan memperbanyak minum air putih

Puasa Bagi Ibu Hamil 7, 8 dan 9 Bulan (trimester ketiga)


Di usai kehamilan trimester ketiga ini janin lebih banyak lagi memerlukan asupan nutrisi jika dibanding dengan usia sebelumnya. Puasa bagi ibu hamil 7, 8 dan 9 bulan tetap boleh dilakukan asalkan tetap memperhatikan beberapa hal yang telah kami tulis di atas.

Apabila bunda khawatir akan kesehatan janin maka boleh tidak puasa dengan konsekuen mengganti puasa di hari lain. Mengenai penjelasan bolehnya ibu hamil tidak puasa telah kami sitir pada artikel berjudul manfaat puasa bagi ibu hamil ternyata banyak sekali.

Kesimpulan
Puasa bagi ibu hamil 4, 5, 6, 7, 8, 9 bulan itu boleh asalkan tetap memperhatikan beberapa hal yang telah kami sampaikan pada penjelasan di atas. Di dalam bulan ramadhan tahun ini semoga bunda dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar, aman dan berkah. Kami crew situs tandalagaihamil.com mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa semoga ibadah puasa kita diterima oleh Allah SWT.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top