Puasa Bagi Ibu Hamil Muda, Amankah ?

Amankah puasa bagi ibu hamil itu ? Pertanyaan ini mulai banyak dilontarkan oleh pasangan suami istri menjelang bulan ramadhan tiba, terutama pasangan suami istri yang baru pertama kali mendapatkan kehamilan. Sebagaimana kita ketahui bahwa puasa adalah menahan makan dan minum serta hawa n@fsu mulai terbit fajar hingga terbenam matahari.

Oleh karena itu, banyak ibu hamil yang mengkhawatirkan kondisi kesehatan janin dalam kandungannya. Mereka takut kalau sang buah hati tidak mendapat asupan nutrisi yang sempurna sehingga berdampak jelek pada tumbuh kembangnya.

Perlu kami sampaikan bahwa sebenarnya asupan nutrisi saat puasa itu tetap bisa sempurna karena di malam hari ibu hamil bisa makan dan minum sepuas hati dengan segala jenis makanan bergizi tinggi. Silakan simak penjelasan di bawah ini :)

puasa-bagi-ibu-hamil-muda
image from pixabay

Puasa Bagi Ibu Hamil Muda


Pada saat usai kehamilan muda trimester pertama (3 bulan pertama), biasanya ibu hamil menjumpai beberapa keluhan kehamilan seperti mual, muntah, pusing, lelah dan lain lain. Hal itu lah yang kerap kali membuat ibu hamil takut jika keadaannya semakin parah dengan berpuasa, sehingga banyak ibu hamil yang bertanya - tanya amankah puasa bagi ibu hamil muda itu ?

Aturan Puasa Bagi Ibu Hamil


Perlu kami sampaikan bahwa sebenarnya Sang Pembuat Syariat sudah memberikan ruhsoh (kemurahan) bagi beberapa orang untuk tidak puasa, diantaranya adalah :

  • Musafir (orang yang bepergian jauh) ➠ boleh tidak puasa dan mengganti puasa di hari lain
  • Orang sakit ➠ boleh tidak puasa dan mengganti puasa di hari lain
  • Orang sakit yang tidak bisa diharapkan kesembuhannya ➠  boleh tidak puasa dan mengganti dengan bayar fidyah
  • Orang tua renta yang tidak kuat puasa ➠ boleh tidak puasa dan menggantinya dengan bayar fidyah
  • Ibu hamil dan menyusui yang mengkhawatirkan keselamatan anaknya ➠ boleh tidak puasa dan mengganti di hari lain

Ada dua pendapat mengenai aturan kemurahan tidak puasa bagi ibu hamil, yaitu diganti dengan bayar fidyah dan diganti dengan puasa di hari lain. Namun mayoritas ahli ilmu memilih diganti puasa pada hari lain dan tidak membayar fidyah. Itu pun bagi ibu hamil yang mengkhawatirkan keselamatan anaknya.

Zaman sekarang ini, aneka jenis makanan lengkap tersedia sehingga ibu hamil tak perlu khawatir untuk melaksanakan ibadah puasa. Ahli kesehatan pun memperbolehkan puasa bagi ibu hamil muda asalkan tetap memperhatikan asupan nutrisi hariannya. Untuk mensiasati agar puasa berjalan lancar tanpa mengganggu kesehatan janin, silakan mengkonsumsi makanan bergizi dan makanan sehat ibu hamil di waktu malam terutama pada saat buka puasa dan sahur.

Konsultasikan Kesehatan Anda Sebelum Puasa


Bagi ibu hamil muda yang akan menjalankan ibadah puasa sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kondisi kesehatan Anda ke dokter, pasalnya dalam kondisi tertentu ibu hamil tidak direkomendasikan untuk menjalankan puasa. Setelah dokter melakukan pemeriksaan dan menjelaskan bahwa kondisi Anda baik baik saja silakan jalani ibadah puasa dengan nyaman.

Sebagian orang beranggapan bahwa puasa itu tidak baik bagi ibu hamil, padahal sebenarnya puasa itu justru bermanfaat bagi ibu hamil. Penjelasannya bisa Anda baca manfaat puasa bagi ibu hamil ternyata banyak banget

Satu hal yang perlu mendapat perhatian lebih dari ibu hamil, yaitu pemenuhan kebutuhan cairan tubuh. Selain mengkonsumsi makanan bergizi, hendaknya ibu hamil juga minum air putih yang cukup agar tidak sampai terjadi dehidrasi karena dehidrasi bisa menyebabkan berbagai macam masalah kehamilan.

Kesimpulan

Puasa bagi ibu hamil muda itu boleh dan aman asalkan di malam hari bunda mau mengkonsumsi makanan bergizi dan cukup minum. Kecuali bunda sedang mengalami gangguan kesehatan yang mengharuskan untuk tidak puasa. Untuk itu, konsultasikan dulu kesehatan Anda ke dokter sebelum menjalankan ibadah puasa. Bila perlu minum suplemen kesehatan yang dianjurkan oleh dokter seperti minyak ikan PDO [ 082 226 513 098 / D8FB084A ] dan lainnya.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top