Tips Puasa Saat Hamil Muda dan Tua agar Aman dan Nyaman

Tips sehat puasa saat hamil perlu diterapkan oleh setiap ibu hamil agar ibadah puasa dapat dijalani dengan baik dan kesehatan janin tetap terjaga. Sebagaimana kita ketahui bahwa di saat menjalankan puasa, sering kali ibu hamil merasa khawatir jangan jangan puasa itu membahayakan calon buah hatinya. Padahal sebenarnya puasa bagi ibu hamil itu aman dilakukan bahkan dapat menyumbangkan banyak manfaat.

Jika belum tahu apa saja manfaat puasa bagi ibu hamil, silakan Anda baca terlebih dulu manfaat puasa bagi ibu hamil sebelum lanjut membaca artikel ini.

Puasa saat sedang hamil tidak dilarang dan aman dengan syarat dilaksanakan dengan langkah yang tepat. Adapun langkah yang tepat untuk Anda lakukan sebelum menjalankan ibadah puasa adalah memastikan kesehatan ke dokter sebelum berpuasa dan menjalankan puasa dengan tips sehat puasa ibu hamil yang informasi lengkapnya bisa Anda baca pada artikel ini.

tips-puasa-saat-hamil-muda-dan-tua
image from pixabay

Tips Puasa Saat Hamil Muda Maupun Tua


Agar kehamilan tidak terganggu meski Anda sedang berpuasa, maka perlu kiranya Anda lakukan tips sehat ibu hamil. Inti dari tips ini adalah menjaga pola makan saat buka dan sahur serta cukup istirahat di waktu siang. Dengan cara ini, insya@ ibdah puasa bisa Anda jalani dengan nyaman tanpa membahayakan kesehatan kandungan. Berikut ulasannya :)

Tips Saat Sahur


Pada saat makan sahur, sebaiknya bunda memilih makanan yang banyak mengandung protein. Selain bermanfaat bagi kesehatan ibu dan janin, protein juga dapat membantu ibu hamil untuk memperlambat rasa lapar. Konsumsi daging saat sahur juga dianjurkan karena selain mengandung banyak protein, daging juga mengandung kalori yang cukup tinggi sehingga ibu hamil tidak lemas saat siang hari.

Makanan bervitamin C juga perlu dikonsumsi saat sahur. Vitamin C ini bermanfaat bagi ibu hamil untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh serta melancarkan proses pencernaan. Satu lagi yang tak boleh ketinggalan yaitu minum air putih yang banyak untuk mencegah kekurangan cairan (dehidrasi).

Minum segelas susu saat sahur juga bisa Anda lakukan karena zat yang terkandung di dalam susu itu sangat banyak dan dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian. Adapun cara memilih susu ibu hamil yang baik, bisa Anda baca susu ibu hamil yang bagus untuk dikonsumsi

Tips Saat Puasa


Tips puasa sehat saat hamil perlu Anda terapkan dengan sungguh sungguh agar anda bisa sukses menjalankan puasa. Meski telah sahur dengan menu makanan yang tepat, tapi kalau dalam berpuasa salah langkah maka tidak menutup kemungkinan akan terjadi hal yang tak diinginkan. Lantas apa saja yang perlu diperhatikan saat berpuasa ?, yaitu..

  • Tata hati dengan kebulatan tekad untuk menjalankan kewajiban puasa dengan penuh rasa ikhlas dan semangat tinggi
  • Ibu hamil perlu istirahat yang cukup, yaitu dengan porsi istirahat yang lebih banyak daripada sebelumnya
  • Aktivitas yang menguras banyak energi sebaiknya dihindari
  • Jangan terlalu membebani pikiran dengan hal yang berat
  • Sebisa mungkin tahan amarah Anda saat puasa

Peting !


Apabila di dalam berpuasa Anda menjumpai keadaan tersebut di bawah ini, sebaiknya batalkan puasa Anda. Anda tak perlu takut, karena orang hamil itu mendapat kemurahan untuk tidak puasa dan mengganti di hari lain. Silakan baca penjelasannya pada artikel berjudul cara membayar fidyah ibu hamil dan menyusui

  • Muntah yang terlalu berlebihan ➠ jika tetap berpuasa dikhawatirkan ibu hamil mengalami dehidrasi
  • Diare ➠ orang yang mengalami diare akan membutuhkan banyak minum untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Apabila ibu hamil tetap puasa meski sedang diare mak dikhawatirkan tubuh akan kekurangan cairan sehingga berdampak buruk pada diri dan janinnya.
  • Mimisan (keluar darah dari hidung) ➠ keadaan ini mendapatkan bahwa kondisi tubuh sedang tidak stabil maka sebaiknya periksakan kesehatan Anda sebelum lanjut berpuasa
  • Pusing dan pingsan ➠ kepala pusing dengan pandangan mata berkunang, apalagi sampai pingsan menunjukkan kondisi tubuh sedang tidak sehat atau karena kekurangan gizi..
  • Keluar keringat dingin ➠keringat dingin ini menunjukkan tubuh Anda sudah tidak mampu lagi untuk menahan lapar dan haus. Tak perlu memaksakan diri untuk lanjut puasa jika Anda mengkhawatirkan sang buah hati.

Tips saat Berbuka Puasa


Pada saat berbuka puasa, Anda juga perlu menerapkan tips buka puasa sehat saat hamil. Langkah awal yang perlu Anda lakukan ketika azan maghrib telah berkumandang adalah minum minuman manis hangat denga tujuan meningkatkan gula darah. Sebaiknya bunda tidak minum es karena bisa mempengaruhi kerja lambung.

Setelah itu, konsumsi makanan yang berkarbohidrat yang mudah dicerna misalnya buah kurma, kolak dan menu tajil buka puasa lainnya. Adapun menu tajil buka puasa yang paling direkomendasikan adalah buah kurma karena manfaat kurma untuk ibu hamil itu cukup banyak. Silakan baca manfaat kurma untuk ibu hamil dan janin

Setelah menyantap menu tajil silakan lanjut dengan menjalankan ibadah solat maghrib. Sehabis maghrib baru saatnya Anda menyantap menu masakan buka puasa yang telah Anda siapkan sebelumnya. Warning ! usahakan makan secukupnya saja, jangan terlalu banyak karena dapat membuat tubuh jadi lemas. Setelah salat tarawih Anda bisa makan lagi meski dengan porsi kecil. jelang tidur Anda juga bisa mengkonsumsi makanan ringan bergizi tinggi guna memperlancar proses produksi ASI.

Itulah tips puasa saat hamil muda dan tua yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi yang kami tulis ini dapat membantu menjadikan puasa Anda di bulan ramadhan tahun ini berjalan dengan aman dan nyaman.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top