Bolehkah ibu hamil makan daun singkong ? Ini Penjelasannya

Bolehkah ibu hamil makan daun singkong ? Mungkin Anda adalah salah satu dari sekian ibu hamil yang menanyakan hal ini. Sebagaimana kita ketahui bahwa daun singkong merupakan salah satu sayuran yang mudah didapat, harganya murah dan dapat diolah menjadi berbagai macam masakan yang ekstra lezat. Tak heran jika banyak orang yang suka dengan masakan daun singkong.

Namun demikian, keinginan untuk menikmati lezatnya daun singkong terkadang terhambat dengan adanya kabar yang menyebutkan bahwa ibu hamil tidak baik kalau makan masakan daun singkong. Mungkin orang tersebut hanya menakut - nakuti saja karena sebenarnya daun singkong itu justru dapat menyumbangkan banyak manfaat bagi ibu hamil.

Manfaat daun singkong bagi ibu hamil tergolong cukup banyak karena kandungan nutrisi di dalamnya cukup banyak. Artikel ini akan membahas secara singkat mengenai boleh dan tidaknya ibu hamil makan daun singkong dan informasi terkait dengannya.

bolehkah-ibu-hamil-makan-daun-singkong
image from pixabay

Bolehkah ibu hamil makan daun singkong ?


Singkong adalah tanaman yang dapat tumbuh subur di Negara kita. Tak hanya umbi yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan, namun daunnya pun bisa dibuat masakan yang sangat lezat. Tapi jangan salah, yang bisa dimasak itu adalah daun singkong yang masih muda, kalau sudah tua ya kurang sip kalau dijadikan masakan.

Mengenai boleh dan tidaknya ibu hamil makan daun singkong, bunda tak perlu ragu mengenai bolehnya ibu hamil makan masakan daun singkong. Mengapa demikian ? karena daun singkong itu mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

Manfaat Daun Singkong untuk Ibu Hamil


Ibu hamil justru dianjurkan untuk mengkonsumsi daun singkong karena di dalamnya terdapat nutrisi yang banyak dibutuhkan oleh ibu hamil. Meski demikian, sebaiknya bunda tidak terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi daun singkong untuk menghindari kemungkinan buruk  yang bakal terjadi. Di bawah ini adalah manfaat mengkonsumsi daun singkong dalam jumlah wajar.

1. Menjaga kesehatan mata


Kandungan vitamin A di dalam daun singkong bermanfaat untuk menjaga kesehatan indra penglihatan. Kesehatan mata yang selalu terjaga tentu berdampak baik pada aktivitas keseharian ibu hamil. Rasa nyaman dalam beraktivitas tentu berdampak baik bagi kehamilan dan janin dalam kandungan.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh


Selain mengandung vitamin A, daun singkong juga mengandung vitamin C sehingga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil. Sistem kekebalan tubuh yang baik membuat kesehatan ibu hamil selalu terjaga dengan baik. Jadi, jika bunda bertanya bolehkah ibu hamil makan daun singkong ? jawabnya boleh asalkan tidak terlalu berlebihan.

3. Daun singkong sebagai sumber protein nabati


Ibu hamil membutuhkan banyak protein untuk membantu mengoptimalkan pertumbuhan janin. Salah satu fungsi dari protein adalah untuk menguatkan jaringan janin sehingga janin dapat tumbuh berkembang dengan baik. Selain itu, protein nabati juga berkhasiat sebagai antibodi dan menjaga kesehatan tulang ibu hamil dan janin.

4. Daun singkong membantu meningkatkan kecerdasan janin


Kecerdasan adalah anugerah yang diberikan dari Sang Khaliq, manusia hanya bisa berusaha agar nanti bayi terlahir sebagai manusia yang cerdas. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan bayi adalah dengan mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil terutama yang berkaitan dengan kecerdasan otak. Asam amino merupakan salah satu zat penting yang dibutuhkan oleh manusia untuk membantu meningkatkan kecerdasan. Dari mana bunda dapat memperoleh asam amino ? salah satunya adalah dari daun singkong.

5. Membantu menguatkan tulang


Kandungan fospor dan kalsium dalam daun singkong bermanfaat untuk membantu menguatkan ulang ibu hamil dan mencegah pengeroposan tulang. Apabila ibu hamil kurang mendapat asupan kalsium maka janin akan mengambil kalsium dari tulang ibu sehingga ibu hamil bisa mengalami osteoporosis. Kalau hanya mengkonsumsi daun singkong saja masih kurang, bunda perlu mengkonsumsi aneka macam makanan yang mengandung kalsium. Silakan baca kalsium untuk ibu hamil selain susu.

6. Melancarkan pencernaan ibu hamil


Daun singkong merupakan sayuran yang memiliki kandungan serat cukup tinggi. Dengan mengkonsumsi daun singkong, masalah yang berkaitan dengan pencernaan akan dapat segera teratasi. Biasanya ibu hamil mengalami sembelit, maka jangan tunda untuk mengkonsumsi makan berserat tinggi. Silakan baca buah bererat tinggi untuk ibu hamil.

7. Mencegah anemia


Kekurangan sel darah merah (anemia) adalah masalah kesehatan yang perlu untuk segera diatasi, pasalnya ibu hamil yang kekurangan sel darah merah sering mengalami pusing dan bahkan sering pingsan. Untuk mencegah dan mengatasi anemia, bunda perlu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi, salah satunya adalah daun singkong. Informasi selengkapnya bisa Anda baca makanan penambah darah ibu hamil.

Setelah menyimak penjelasan di atas tentu Anda sudah dapat menjawab sendiri mengenai bolehkah ibu hamil makan daun singkong ?. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top