Bolehkah Ibu Hamil Makan Ketupat Sayur ? Amankah ?

Bolehkah ibu hamil makan ketupat sayur ? Mungkin di hari lebaran ini bunda punya perasaan was was mengenai boleh dan tidaknya makan ketupat sayur. Sebagaimana telah kita ketahui bahwa Hari Raya Idul Fitri seakan tidak bisa lepas dari yang namanya ketupat. Makan ketupat sayur bersama keluarga adalah momen yang benar benar menyenangkan.

Apabila Anda saat sedang hamil dan ingin menikmati lezatnya ketupat sayur, ada baiknya Anda baca dulu penjelasan pada artikel ini hingga selesai agar tidak ada perasaan ragu lagi.

Ketupat merupakan salah satu jenis makanan favorit di hari lebaran yang terbuat dari beras, dibungkus dengan janur yang dibentuk kotak kemudian dimasak hingga matang. Hasil olahan ketupat itu sendiri sebenarnya sangat mirip dengan lontong, sehingga tidak terasa nikmat jika hanya dimakan begitu saja tanpa adanya tambahan bahan lain.

bolehkah-ibu-hamil-makan-lontong-sayur
image from flickr

Ketupat sayur bagi Ibu Hamil


Tanda tambahan bahan lain ketupat hanya terasa seperti nasi sehingga umumnya masyarakat menikmati ketupat dengan sambal kacang atau sayur opor. Adapun di hari lebaran, biasanya masyarakat lebih memilih makan ketupat dengan sayur opor daripada bumbu kacang. Terkait degan ibu hamil, jika ketupat hanya dimakan begitu saja tanpa tambahan bahan lain itu sangat aman dan tidak membahayakan janin sama sekali.

Adapun jika dimakan dengan menggunakan sayur ataupun lainnya, hendaknya ibu hamil memperhatikan campuran bahan yang digunakan. Misalnya, ketupat dimakan dengan bumbu kacang, hendaknya bunda membatasi konsumsi sambal kacangnya. Kenapa ? karena konsumsi pedas yang berlebihan bisa saja menyebabkan masalah pencernaan. Silakan baca makan pedas saat hamil bolehkah ? ? Adapun jika ketupat sayur mau dimakan dengan sayur opor, silakan bunda simak penjelasan ringkas yang kami tulis pada artikel ini.

Bolehkah ibu hamil makan ketupat sayur ?


Jika Anda bertanya tentang boleh tidaknya ibu hamil makan ketupat sayur, maka jawabnya tergantung dari sayur yang digunakan itu. Jika sayur yang digunakan terbuat dari bahan yang aman bagi kehamilan maka boleh boleh saja. Namun jika sayur tersebut terbuat dari bahan yang dapat membahayakan kehamilan sebaiknya tidak usah nekad.

Pada umumnya, sayur yang digunakan untuk menikmati ketupat adalah opor ayam. Ada banyak orang yang berpendapat bahwa makan sayur bersantan saat hamil itu tidak baik bagi janin, bahkan bisa menyebabkan keguguran. Ini lah yang membuat sebagian ibu hamil takut untuk makan ketupat sayur, karena opor ayam itu pasti dengan kuah santan.

Bolehkah ibu hamil makan santan ?


Jangan tergesa gesa mengambil kesimpulan. Sebenarnya makan santan saat hamil itu tidak membahayakan janin, asalkan tidak terlalu berlebihan. Justru makan santan saat hamil malah bermanfaat. Kok bisa begitu ? karena santan kelapa itu mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil dan janinnya. Lalu apa saja manfaat santan bagi ibu hamil itu ? Antara lain adalah sebagai berikut..

1. Membantu meningkatkan tenaga


Masakan yang diolah dengan menggunakan santan rasanya menjadi gurih. Hal ini sangat memungkinkan bunda makan lebih nikmat sehingga makanan yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak. Karena makan banyak, tenaga pun menjadi kuat dan tidak gampang lemas.

2. Sumber lemak sehat


Santan kelapa mengandung lemak sehat yang cukup banyak. Lemak dalam santan itu mengandung asam laurat yang berkhasiat bagi tubuh manusia sebagai antivirus dan antibakteri. Selain itu, asam laurat juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan jantung dan melancarkan peredaran darah.

3. Sumber zat besi


Zat besi sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga tubuh tetap tegar dan bugar. Kekurangan zat besi dapat mencegah anemia (kurang darah) sehingga ibu hamil tidak mudah pingsan. Adapun aneka jenis makanan yang banyak mengandung zat besi bisa Anda baca makanan penambah darah ibu hamil.

Selain manfaat di atas, konsumsi santan saat hamil dalam jumlah wajar juga bermanfaat untuk membantu menstabilkan tekanan darah, mengontrol gula darah, membuat rileks otot serta mencegah nyeri sendi. Ingat ! manfaat tersebut hanya akan didapat jika bunda mengkonsumsi santan dalam jumlah wajar, jika berlebihan justru kurang baik bagi kehamilan.

Kesimpulan
Bolehkah ibu hamil makan ketupat sayur ? Boleh, asalkan sayur yang digunakan untuk makan ketupat adalah sayur yang tidak membahayakan kehamilan serta tidak mengkonsumsinya dalam jumlah berlebihan. Sekian info yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top