Cara Masak Kacang Hijau untuk Ibu Hamil Enak dan Bergizi

Cara memasak kacang hijau untuk ibu hamil sebenarnya sama dengan memasak kacang hijau biasa, hanya saja perlu dikurangi santan dan gula nya agar tidak terlalu manis. Campuran bahan yang dianggap kurang baik bagi kesehatan janin juga perlu ditinggalkan seperti pewarna makanan dan bahan pemanis buatan.

Sebagaimana kita ketahui bahwa wanita yang sedang hamil itu membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak daripada orang biasa. Mengapa demikian ? karena asupan nutrisi tidak hanya untuk ibu melainkan juga untuk janin.

Kacang hijau adalah salah satu makanan yang mudah dimasak , rasanya enak dan mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil. Kacang hijau bisa dibuat aneka jenis makanan sehat seperti kolak kacang hijau, bubur kacang hijau, peyek kacang hijau dan lain lain. Pada artikel ini akan dituliskan cara masak bubur kacang hijau sederhana yang cocok untuk ibu hamil.

cara-masak-kacang-hijau-untuk-ibu-hamil
image from flickr

Cara Masak Kacang Hijau untuk Ibu Hamil


Untuk mendapatkan menu bubur kacang hijau yang nikmat dan aman bagi kehamilan, bunda perlu mempersiapkan bahan - bahan yang berkualitas serta memasaknya dengn cara yang benar. Di bawah ini adalah contoh cara membuat bubur kacang hijau sederhana aman dikonsumsi ibu hamil. Sebelumnya, siapkan dulu bahan - bahan di bawah ini :

  • Kacang hijau kualitas baik 1/2 kg
  • Ketan hitam 2 ons
  • Santan kelapa 500 ml
  • Daun pandan 1 lembar
  • Air bersih 500 ml
  • Gula dan garam secukupnya

Langkah Cara Membuat Bubur Kacang Hijau


Setelah semua bahan di atas berhasil Anda siapkan, tiba saatnya Anda mulai membuat bubur kacang hijau dengan benar. Silakan ikuti langkah di bawah ini untuk masak bubur kacang hijau untuk ibu hamil..

  • Pertama, masak ketan hitam dan kacang hijau hingga empuk
  • Setelah itu, tuangkan santan kelapa dan masak hingga mendidih sambil terus diaduk aduk
  • Masukkan gula dan garam sambil terus diaduk
  • Setelah matang dan semua bahan tercampur rata, letakkan daun pandan agar aroma bubur kacang hijau wangi
  • Angkat dan bubur kacang hijau siap untuk dinikmati.

NB : Pemberian gula sebaiknya jangan terlalu banyak mengingat konsumsi gula berlebihan saat sedang hamil dapat membuat berat badan janin meningkat dengan cepat.

Kandungan Gizi Kacang Hijau


Kacang hijau memiliki kandungan gizi yang sangat lengkap sehingga banyak menyumbangkan manfaat untuk ibu hamil. Kami telah mengulas tentang manfaat kacang hijau pada manfaat kacang hijau untuk ibu hamil. Manfaat tersebut bisa didapat karena kacang hijau mengandung nutrisi antara lain sebagai berikut..

1. Mengandung vitamin dan mineral


Vitamin dan mineral merupakan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh semua manusia, apalagi ibu hamil. Sebagaimana kita tahu bahwa janin yang masih ada di dalam kandungan sangat membutuhkan vitamin dan mineral untuk membantu tumbuh kembangnya, sedangkan janin hanya bisa mendapatkannya dari ibu. Maka dari itulah penting kiranya bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin dan mineral seperti kacang hijau ini.

2. Mengandung protein nabati


Selain vitamin dan mineral, ibu hamil juga membutuhkan asupan protein baik protein nabati maupun protein hewani. Protein hewani bisa diperoleh dari telur, ikan laut, ikan segar, daging sapi dan lain lain. Sedangkan protein nabati bisa diperoleh dari aneka macam kacang kacangan seperti kacang polong, kacang almond dan kacang hijau.

3. Mengandung lemak nabati


Pada dasarnya tubuh manusia itu membutuhkan lemak baik untuk kelangsungan hidupnya. Tubuh yang banyak menerima asupan lemak baik akan mendapatkan dampak positif karena semakin banyak lemak baik yang masuk ke tubuh maka lemak jahat akan semakin berkurang. Jika ternyata lemak yang banyak terdapat di dalam tubuh adalah lemak jahat, maka tubuh akan mudah terancam serangan penyakit mematikan seperti stroke, serangan jantung dan lain lain.

4. Mengandung serat


Sebagaimana kita ketahui bahwa ibu hamil itu membutuhkan serat untuk melancarkan proses pencernaannya. Mengapa demikian ? karena proses pencernaan ibu hamil itu sering mengalami masalah sehingga kerap sembelit (susah BAB). Dengan mengkonsumsi makanan berserat, masalah pencernaan akan teratasi dengan mudah. Makanan yang banyak mengandung serat tidak hanya kacang hijau tapi kebanyakan adalah dari buah - buahan, silakan simak penjelasannya buah berserat tinggi untuk ibu hamil

Demikianlah cara masak kacang hijau untuk ibu hamil dan beberapa manfaat yang bisa didapat dengan mengkonsumsi kacang hijau. Selamat mencoba membuat bubur kacang hijau dan nikmati bersama dengan  keluarga.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top