Khasiat Sawi Hijau untuk Ibu Hamil, Luar Biasa

Khasiat sayur sawi hijau untuk ibu hamil tidak bisa dianggap remeh, pasalnya kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya dapat membantu menjaga kehamilan berjalan dengan nyaman dan sehat. Tak begitu banyak orang yang suka sawi hijau karena rasanya bisa dibilang sedang. Namun demikian, sawi hijau itu jika dimasak dengan cara yang benar juga tak kalah nikmat dengan menu masakan lainnya.

Sawi hijau bisa dimasak sebagai tumis atau bisa dijadikan sebagai bahan campuran pembuatan mie instan. Memberi campuran sayuran saat membuat mie ini sangat baik karena bisa menambah lengkap kandungan nutrisi menu masakan mie. Mengenai boleh dan tidaknya makan mie instan saat hamil, Anda bisa membaca apa boleh ibu hamil makan mie instan, berbahayakah ?

khasiat-sawi-hijau-untuk-ibu-hamil
 image from flickr

Kembali ke topik yaitu manfaat sawi hijau untuk ibu hamil. Untuk mengetahui apa saja manfaat sayur sawi bagi wanita mengandung silakan simak penjelasan pada artikel ini hingga selesai.

Manfaat dan Khasiat Sawi Hijau untuk Ibu Hamil


Meski kelihatan sederhana namun khasiat sawi hijau untuk ibu hamil ternyata cukup banyak. Di bawah ini adalah beberapa dampak positif yang bisa ibu hamil peroleh dengan mengkonsumsi sawi hijau :)

1. Sawi hijau membuat tidur lelap


Sawi hiju mempunyai kandungan kolin yang berkhasiat untuk membantu membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak dan membantu melancarkan gerakan sendi maupun otot tubuh.  Ketika usai kehamilan telah menginjak trimester ketiga maka aneka macam keluhan mulai muncul tak terkecuali susah tidur karena postur tubuh berubah total terutama bagian perut.

Sawi hijau akan membantu Anda untuk mengatasi masalah ini. Agar masalah susah tidur benar benar bisa teratasi Anda juga perlu melakukan segenap tips untuk mengatasinya, silakan baca cara mengatasi susah tidur pada ibu hamil.

2. Memperbaiki mood


Sebagaimana kita ketahui bahwa salah satu gejala kehamilan awal adalah terjadinya perubahan mood. Perubahan mood ini akan berpengaruh pada aktivitas sehari hari, dan terkadang membuat ibu hamil menjadi mudah emosi. Kandungan asam folat pada sawi hijau berkhasiat untuk membantu memperbaiki mood dengan cara mencegah homosistein yang berlebihan.

3. Membantu perkembangan otak janin


Untuk membantu tumbuh kembang jaringan otak janin, ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung asam folat. Sawi hijau merupakan salah satu sayuran hijau yang mengandung asam folat meski tidak terlalu banyak, sehingga bisa Anda jadikan sebagai sayuran sehat saat hamil. Adapun jenis makanan lain yang banyak mengandung asam folat bisa Anda baca pada makanan yang mengandung asam folat tinggi.

4. Membantu proses pembekuan darah


Khasiat sawi hijau untuk ibu hamil lainnya adalah membantu proses pembekuan darah. Hal ini dikarenakan sawi hijau mengandung vitamin K cukup tinggi. Jika darah terlalu encer maka kesehatan tubuh ibu maupun janin mudah terganggu oleh serangan penyakit. Kandungan vitamin K pada sawi hijau tergolong cukup banyak, pasalnya setiap satu cangkir sawi rebus bisa menghasilkan vitamin K hingga 770 mikrogram (ini melebihi kebutuhan harian manusia terhadap vitamin K).

5. Membantu menstabilkan gula darah


Gula darah berlebihan  bukan lah sebuah penyakit, namun bisa menjadi penghantar berbagai macam penyakit berbahaya karena kelebihan gula darah bisa membuat organ tubuh melemah dan bahkan tidak berfungsi. Hal ini tidak bisa dianggap sepele, apalagi bagi wanita hamil. Untuk dapat menstabilkan gula darah sebaiknya Anda langsung datang ke dokter sebelum terlambat, serta mengkonsumsi makanan yang dapat membantu menstabilkan gula darah seperti sawi hijau dan lainnya.

Kurang lebih khasiat sawi hijau untuk ibu hamil adalah seperti yang tersebut di atas. Untuk menjaga kehamilan tetap sehat, segar dan bugar bunda perlu menjaga pola hidup yang baik, istirahat cukup dan jangan terlalu capek baik fisik maupun pikiran.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top