Makanan Berbuka Puasa untuk Ibu Hamil yang Perlu Anda Perhatikan

Makanan berbuka puasa untuk ibu hamil - Apabila saat ini bunda sedang menjalani ibadah puasa, menu makanan untuk buka puasa harus benar benar diperhatikan. Hal ini sangat penting mengingat selama kehamilan berlangsung bunda harus tatap mendapat asupan nutrisi yang cukup agar janin yang sedang Anda kandung tetap sehat dan bisa tumbuh berkembang dengan baik.

Makanan buka puasa yang sehat tidak harus mahal dan terdiri dari berbagai macam jenis, akan tetapi cukup dengan menu makanan 4 sehat 5 sempurna yang diformulasikan khusus bagi ibu hamil.

Walaupun buka dengan menu makanan yeng tepat tapi kalau tidak menerapkan tips sehat puasa maka hasilnya juga kurang maksimal. Maka dari itu sebelum lanjut membaca, alangkah baiknya Anda baca dulu tips puasa saat hamil muda dan tua.

makanan-berbuka-puasa-untuk-ibu-hamil
image from pixabay

Makanan Berbuka Puasa Untuk Ibu Hamil


Menu makanan untuk buka puasa ibu hamil tidak bisa disamakan dengan orang yang tidak hamil. Mengapa harus begitu ? karena ibu hamil memerlukan banyak asupan nutrisi untuk disalurkan kepada janin di rahimnya. Belum lagi, kalau ibu hamil menjumpai banyak keluhan seperti mual, muntah, lemas dan lainnya, maka dari itu makanan berbuka harus benar benar diatur sedemikian rupa agar puasa bisa berjalan lancar tanpa mengganggu kehamilan. Di bawah ini adalah beberapa jenis makanan berbuka puasa untuk ibu hamil yang perlu Anda siapkan :

1. Berbuka puasa dengan sayur dan buah


Tak dipungkiri, kandungan nutrisi yang ada di dalam buah segar dan sayuran sangat lah lengkap dan dibutuhkan oleh semua manusia tak terkecuali ibu hamil. Untuk itu, dalam menyusun menu makanan buka puasa bunda harus melengkapinya dengan  sayuran hijau dan buah segar. Bunda bisa memilih sayuran yang banyak manfaatnya bagi kehamilan seperti brokoli, bayam dan lain - lain. Mengenai aneka jenis sayuran yang baik untuk ibu hamil bisa Anda baca sayuran yang baik untuk ibu hamil.

Begitu juga dengan buah segar, bunda tidak boleh sembarangan makan buah - buahan karena tidak semua buah segar baik untuk ibu hamil, malahan ada buah yang tidak dianjurkan karena bisa memicu terjadinya kontraksi. Untuk itu, silakan pilih buah -  buahan yang mengandung banyak manfaat bagi kehamilan, informasinya bisa Anda baca buah buahan yang bagus buat ibu hamil.

2. Tajil puasa dengan yang manis


Ketika azan maghrib telah berkumandang, tiba saatnya Anda segera membatalkan puasa dengan menu tajil yang telah disiapkan sebelumnya. Pada umumnya, masyarakat di Tanah Air lebih memilih kolak sebagai menu tajil favorit daripada lainnya. Rasa manis kolak khas Nusantara ini cukup bagus bagi ibu hamil asalkan tidak terlalu berlebihan.

Sebenarnya ada menu tajil yang lebih baik daripada kolak karena telah dicontohkan oleh Baginda Rosululloh SAW yaitu buah kurma. Meski belum begitu banyak dipilih oleh masyarakat namun kenyataannya kurma memiliki manfaat yang luar biasa. Untuk itu, silakan siapkan buah kurma sebagai tajil buka puasa ibu hamil jika memang memungkinkan.

3. Berbuka puasa dengan makanan bergizi


Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, bunda perlu menyantap aneka macam makanan yang bergizi tinggi dengan tetap memperhatikan porsi makan yang sesuai. Makanan berprotein jangan sampai luput dari menu makanan berbuka puasa untuk ibu hamil karena wanita hamil itu sangat membutuhkan protein untuk membantu proses tumbuh kembang janin.

Saat buka puasa bunda harus tetap memperhatikan porsi makan, jangan terlalu banyak karena bisa membuat perut begah dan kepala pusing. Lebih baik makan buka dengan porsi kecil dan setelah salat tarawih makan lagi dengan porsi sesuai kebutuhan.

4. Cukup minum air putih


Meski menu makanan buka puasa sudah dilengkapi dengan aneka macam minuman yang menyegarkan, namun bunda tidak boleh meninggalkan air putih. Sebagaimana kita ketahui bahwa tubuh manusia ini cukup banyak membutuhkan cairan, kalau sampai kekurangan cairan maka berbagai macam penyakit mengancam diri. Begitu juga ibu hamil, setelah seharian tidak minum air putih maka sudah barang tentu memerlukan asupan air yang cukup banyak. Dengan memperbanyak minum air putih, tubuh tetap segar, bugar, sehat dan kuat.

5. Minum susu


Minum susu kehamilan tidak boleh diabaikan karena selama hamil bunda membutuhkan banyak kalsium guna menjaga tulang tetap sehat dan terhindar dari pengeroposan tulang. Janin pun membutuhkan kalsium untuk membantu pembentukan tulang dan gigi. Susu ibu hamil merupakan produk susu yang telah diproses sedemikian rupa sehingga sangat baik untuk ibu hamil terutama dalam hal suply kalsium.

Minum susu ini tidak harus Anda lakukan ketika buka puasa, namun bisa dilakukan setelah tarawih. Warning ! jangan sembarangan memilih susu karena tidak semua produk susu kehamilan baik untuk dikonsumsi meski harganya relatif mahal. Jika Anda termasuk orang yang memilih susu anmun, ada baiknya anda baca dulu berbahayakah susu anmum materna untuk ibu hamil ?

Itulah menu makanan berbuka puasa untuk ibu hamil yang perlu Anda siapkan. Dengan menu buka puasa yang baik diharapkan kehamilan tetap bisa dijalani dengan nyaman dan aman meski dengan berpuasa.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top