Manfaat Buah Manggis untuk Ibu Hamil, Bunda Wajib Tahu

Manfaat buah manggis untuk ibu hamil sangat lah banyak, namun tak semua orang mengetahuinya. Buah dengan kulit tebal berwarna merah ini terlihat sangat unik dan menarik hati. Daging buah berwarna putih bersih dengan rasa sangat manis sangat cocok bagi lidah masyarakat Indonesia. Tak hanya manis, daging buah manggis juga bisa menyegarkan terutama saat cuaca sedang panas.

Banyak kita jumpai, ibu hamil yang mengkonsumsi buah manggis dengan tujuan untuk meringankan mual dan muntah. Di sisi lain, ada juga orang yang mengatakan bahwa makan manggis saat hamil itu bisa membahayakan kehamilan.

Sebenarnya buah manggis itu baik atau buruk sih jika dikonsumsi ibu hamil ? Silakan bunda simak penjelasan yang akan kami tulis pada artikel ini. Semoga saja apa yang kami tulis ini bisa menambah wawasan kita semua dalam  menjaga dan merawat kehamilan.

manfaat-buah-manggis-untuk-ibu-hamil
image from pixabay

Manfaat Buah Manggis untuk Ibu Hamil


Meskipun sebagian orang mengatakan bahwa buah manggis merupakan buah yang dilarang untuk ibu hamil, namun jika dilihat dari kandungan nutrisinya, buah manggis justru bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Namun demikian, untuk menghindari berbagai macam kemungkinan buruk yang ditimbulkan sebaiknya jangan konsumsi buah manggis dalam jumlah berlebihan. Di bawah ini adalah beberapa manfaat buah manggis untuk ibu hamil jika dimakan dalam jumlah wajar.

1. Buah manggis dapat mencegah cacat pada janin


Manggis merupakan salah satu dari sekian banyak jenis buah yang mengandung asam folat. Asam folat dibutuhkan oleh janin untuk membantu perkembangan janin terutama dalam membentuk jaringan otak dan tulang belakang. Setiap 50 gram buah manggis dapat menyumbangkan asam folat sebanyak 65 mikrogram sehingga buah ini sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain buah manggis, masih ada beberapa jenis buah buahan yang banyak mengandung asam folat, silakan baca makanan yang mengandung asam folat tinggi.

2. Membantu pembentukan tulang rawan janin


Pembentukan tulang rawan bak pada orang dewasa maupun janin itu membutuhkan mangan. Di sini lah peran manggis bagi janin, yaitu dapat membantu pembentukan tulang rawan karena setiap 50 gram buah manggis mengandung kurang lebih 0,3 miligram mangan. Oleh karena itu, konsumsi buah manggis itu cukup baik dilakukan muali dari kehamilan usia muda.

3. Buah manggis membantu meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil


Kandungan vitamin C dalam buah manggis berfungsi untuk meningkatkan sistem imun dan menangkal serangan berbagai macam penyakit. Kandungan vitamin C dalam buah manggis tergolong cukup banyak sehingga konsumsi manggis dalam jumlah wajar sangat lah baik bagi ibu hamil. Selain bermanfaat bagi ibu hamil, vitamin C juga bermanfaat bagi janin untuk menjaga kesehatannya serta mencegah penyakit akibat bakteri atau virus.

4. Mengatasi sembelit (susah BAB)


Sembelit adalah keluhan umum yang dialami ibu hamil terutama pada usia kehamilan trimester pertama. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi sembelit adalah dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat. DI sini lah buah manggis hadir sebagai makanan berserat yang berkhasiat untuk mengatasi sembelit.  Informasi mengenai buah apa saja yang banyak mengandung serat silakan baca buah berserat tinggi untuk ibu hamil.

5. Membantu mencegah preklamsia


Preklamsia merupakan keluhan kehamilan yang paling ditakuti oleh setiap ibu hamil. Preklamsia tak hanya membuat ibu hamil merasa tak nyaman tapi dapat membahayakan keselamatan janin bahkan bisa memicu terjadinya bayi cacat lahir dan keguguran. Preklamsia umumnya terjadi karena pola makan tak sehat dan hipertensi. Di sinilah manfaat buah manggis untuk ibu hamil, yaitu dapat membantu menstabilkan tekanan darah dan membatu mengoptimalkan penyerapan protein.

6. Kulit ibu hamil senantiasa lembut dan kencang


Sebagaimana kita ketahui bahwa bentuk perut ibu hamil akan terus membuncit seiring bertambahnya usia kehamilan hingga tiba saatnya persalinan nanti. Salah satu upaya yang bisa dilakukan agar kulit senantiasa kencang dan lembut, ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, salah satunya adalah buah manggis.

7. Membantu menurunkan kolesterol


Kolesterol terlalu tinggi berdampak kurang baik pada kesehatan ibu hamil dan janin. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan kolesterol jahat adalah menerapkan pola makan sehat serta memilih cemilan sehat. Buah manggis merupakan salah satu cemilan sehat yang bisa Anda pilih selama kehamilan berlangsung. Info lebih lengkap mengenai kolesterol saat hamil bisa Anda baca kolesterol tinggi saat hamil, atasi dengan cara CERDIK ini !

8. Meningkatkan proses metabolisme


Selain khasiat manggis di atas, manfaat buah manggis untuk ibu hamil adalah meningkatkan proses metabolisme tubuh. Hal ini terjadi karena kandungan vitamin B kompleks dalam buah manggis cukup efektif dalam membantu proses metabolisme. Dengan demikian, makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan bisa dicerna dengan baik dan kandungan nutrisinya dapat diserap oleh tubuh dengan lebih optimal.

9. Mengatasi lelah pada ibu hamil


Di saat usia kehamilan trimester pertama, letih dan lelah seakan selalu ada di setiap waktu. Rasanya hanya ingin bermalas malasan di tempat tidur saja. Di lain sisi, morning sickness yang tak kunjung henti akan semakin menambah rasa lelah. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa lelah adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bernutrisi tinggi, termasuk buah manggis.

10. Menyehatkan kulit


Tak hanya dapat mengencangkan kulit, buah manggis juga bermanfaat untuk menyehatkan kulit dan mengangkat sel kulit mati. Hal ini terjadi karena buah manggis mengandung senyawa xanthon. Senyawa xanthon ini lah yang berkhasiat untuk mengangkat sel kulit mati serta memperbaiki sle kulit rusak.

Manfaat buah manggis untuk ibu hamil memang sangat banyak, namun jangan dikonsumsi berlebihan karena kalau ibu hamil terlalu banyak makan manggis nanti akan muncul beberapa efek samping yang insy@ akan kita bahas di lain kesempatan. Sekian semoga informasi ini bermanfaat.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top