Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil Ternyata Luar Biasa

Kacang hijau mempunyai manfaat yang banyak untuk ibu hamil, pasalnya jenis kacang yang satu ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak. Jenis kacang yang mempunyai nama latin Phaseolus Aereus ini tentu sudah tidak asing bagi penduduk tanah air Indonesia tercinta. Kacang hijau ini biasa diolah sebagai bubur, puding maupun kolak.

Pada bulan ramadhan seperti ini, banyak orang yang menggunakan kacang hijau sebagai kolak  sebagai menu tajil buka puasa. Jika bunda juga ingin makan kolak kacang hijau sebaiknya simak dulu resep cara aman membuat kolak kacang hijau pada artikel berjudul resep kolak kacang hijau untuk ibu hamil

Selain itu, kacang hijau juga bisa dibuat sebagai peyek yang gurih dan renyah. Entah dibuat makanan jenis apapun, yang pasti kacang hijau itu dapat menyumbangkan banyak manfaat. Apa saja manfaatnya ? silakan lanjut membaca..

manfaat-kacang-hijau-untuk-ibu-hamil
image from pixabay

Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil


Jenis kacang dengan bentuk kecil mungil ini memiliki kandungan protein nabati yang sangat tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi selama kehamilan berlangsung. Tak hanya protein, kacang hijau juga mengandung nutrisi bermanfaat bagi tubuh manusia seperti mineral, vitamin, kalsium dan lain lain. Oleh sebab itulah tak heran jika manfaat kacang hijau untuk ibu hamil sangat banyak.

Kandungan Nutrisi Kacang hijau


Kacang hijau merupakan jenis kacang yang masuk dalam kategori polong - polongan. Kacang hijau mempunyai kandungan nutrisi yang sangat lengkap seperti protein, kalsium, fospor, lemak, vitamin dan lain lain. Oleh karena mengandung banyak nutrisi maka kacang hijau dapat menyumbangkan berbagai macam manfaat untuk ibu hamil diantaranya adalah..

1. Membantu pertumbuhan janin


Sebagaimana yang telah kami sampaikan di atas bahwa kacang hijau itu mengandung protein nabati yang cukup tinggi. Protein diperlukan oleh janin untuk membantu proses tumbuh kembangnya. Pertumbuhan rambut janin pun dipengaruhi oleh asupan protein ibu hamil, tak heran jika banyak orag yang bilang "kalau mau rambut anakmu lebat, makanlah kacang hijau saat hamil".

2. Membantu menguatkan tulang


Kalsium dan fospor adalah zat penting yang diperlukan oleh setiap manusia terutama dalam menguatkan tulang. Ibu hamil memerlukan asupan kalsium lebih banyak daripada orang biasa karena ia juga perlu memberi asupan kalsium pada anaknya. Jika sampai kekurangan kalsium, janin akan mengambil kalsium yang ada di dalam tubuh ibu sehingga memperbesar resiko osteoporosis (pengeroposan tulang). Selain kacang hijau masih banyak lagi makanan yang mengandung banyak kalsium, silakan baca kalsium untuk ibu hamil selain susu.

3. Melancarkan proses pencernaan


Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil selanjutnya adalah membantu melancarkan proses pencernaan. Hal ini bisa terjadi karena kacang hijau memiliki kandungan serat yang tidak sedikit. Biasanya ibu hamil itu mengalami gangguan pencernaan dan sembelit, untuk itu makan kacang hijau dapat dijadikan sebagai alternatif agar keluhan tersebut segera berakhir.

4. Sumber karbohidrat


Kandungan karbohidrat pada kacang hijau bisa menyetabilkan energi tubuh. Dengan mengkonsumsi kacang hijau perut terasa lebih lama kenyang sehingga aktivitas bisa lancar. Oleh karena itulah kacang hijau bisa anda jadikan sebagai makanan cemilan mudah dan sehat ibu hamil, terutama saat sedang puasa ramadhan seperti sekarang ini.

5. Baik untuk kesehatan jantung


Kacang hijau merupakan salah satu makanan sumber lemak baik yang cukup baik bagi kesehatan, terutama organ jantung. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak baik, maka lemak jahat dalam tubuh bisa di minimalisir. Jika lemak jahat dalam tubuh menumpuk terlalu banyak maka bisa menyebabkan berbagai macam keluhan kesehatan seperti penyakit jantung, stroke bahkan kematian.

6. Meningkatkan nafsu makan


Nafsu makan akan meningkat dengan mengkonsumsi kacang hijau, pasalnya jenis kacang satu ini memiliki kandungan vitamin B1 dan B2. Kedua vitamin ini bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan, membantu penyerapan protein, membantu pertumbuhan janin dan memaksimalkan kerja syaraf.

Itulah beberapa manfaat kacang hijau untuk ibu hamil. Jangan lupa untuk memasak kacang hijau dengan cara yang benar agar manfaat yang diperoleh tidak dibarengi dengan efek samping yang merugikan. Sekian, semoga bermanfaat.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top