Manfaat Madu untuk Ibu Hamil dan Janin

Madu tawon mengandung manfaat yang banyak untuk manusia tak terkecuali ibu hamil dan janin. Sebagaimana kita ketahui bahwa kehamilan merupakan satu momen bahagia yang sangat diharapkan oleh setiap pasangan suami istri untuk menyempurnakan kebahagiaannya. Agar kehamilan dapat berjalan dengan baik maka perlu dirawat dengan semaksimal mungkin.

Salah satu langkah tepat untuk menjaga dan merawat kehamilan adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat ibu hamil yang mempunyai kandungan nutrisi tinggi.

Madu merupakan suplemen kesehatan yag dihasilkan oleh tawon dengan rasa yang sangat manis bahkan ada yang pahit. Meskipun yang membuat hanya lah binatang kecil, namun kenyataannya manfaat madu bagi manusia sangat lah banyak baik untuk perawatan tubuh, menjaga kebugaran tubuh maupun sebagai obat tradisional penggempur aneka macam penyakit.

mnfaat-madu-untuk-ibu-hamil-dan-janin
image from pixabay

Manfaat Madu untuk Ibu Hamil dan Janin


Menurut keterangan dari berbagai macam sumber, madu telah digunakan sejak zaman dulu sebagai bahan tradisional untuk mengobati penyakit seperti sakit perut, gangguan saluran kencing, mengobati luka dan lain lain. Kabarnya, zaman dulu satu satunya bahan pemanis hanya lah madu belum ada gula seperti sekarang ini.

Tak hanya digunakan oleh orang kuno, hingga sekarang pun madu masih banyak digunakan sebagai bahan untuk aneka macam pengobatan tradisional. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam madu sangat lah bagus bagi kesehatan manusia termasuk untuk ibu hamil dan janin. Di bawah ini adalah beberapa manfaat madu untuk ibu hamil dan janin.

1. Madu dapat meringankan perut mulas ibu hamil


Pada saat usia kehamilan masih berusia muda trimester pertama, sering kali ibu hamil merasakan perut mules seperti mau BAB. Keadaan ini termasuk keluhan kehamilan wajar yang umum dialami ibu hamil. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mengkonsumsi susu yang dicampur dengan madu. Susu yang dicampur dengan madu berkhasiat untuk menetralkan asam lambung sehingga perut mules segera sembuh. Warning ! ibu hamil muda tidak disarankan untuk mengkonsumsi segala macam obat kimia kecuali atas petunjuk dokter. Jadi, kalau Anda berniat untuk menghilangkan mules dengan obat sebaiknya minta lah resep dari dokter, jangan sembarangan minum obat.

2. Meningkatkan sistem imun


Agar kehamilan berjalan dengan nyaman dan tak banyak kendala, bunda perlu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi. Di sini lah manfaat madu dapat dirasakan ibu hamil, yaitu dapat meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil karena mengandung nutrisi yang sangat lengkap.

3. Meringankan mual dan muntah


Mual dan muntah di pagi hari (morning sickness) adalah keluhan wajar yang hampir dialami oleh semua ibu hamil. Rasa mual dan muntah ini terjadi pada usia kehamilan muda trimester pertama. Meski umum didalam ibu hamil namun jika tidak segera diatasi maka dapat membuat perjalanan kehamilan menjadi tidak nyaman.

Untuk meringankan morning sickness, Anda bisa menggunakan wedhang jahe pakai madu untuk meringankan morning sickness yang sedang Anda alami. Untuk informasi lebih detil bisa Anda baca obat mual hamil muda yang aman.

4. Madu dapat menyumbangkan zat besi untuk ibu hamil


Salah satu manfaat madu untuk ibu hamil adalah meningkatkan hemoglobin tubuh sehingga terhindar dari anemia (kurang darah). Ibu hamil yang mengalami anemia akan menjumpai keadaan yang sungguh membuat aktivitas tak nyaman, letih, lemas, mudah lelah dan bahkan sering pingsan. Untuk mengatasi anemia, bunda perlu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi salah satu diantaranya adalah madu tawon.

5. Menguatkan kandungan


Selain manfaat tersebut di atas, madu juga dapat menguatkan kandungan ibu hamil sehingga kehamilan bisa berjalan dengan aman hingga tiba saatnya persalinan tiba. Tak hanya itu, madu tawon murni juga berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah sehingga kehamilan senantiasa sehat dan janin dapat tumbuh berkembang dengan baik.

Amankah madu untuk ibu hamil ?


Konsumsi madu saat hamil itu aman selama tidak dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Meski banyak manfaatnya namun apabila dikonsumsi berlebihan justru dapat menyebabkan masalah kesehatan. Satu hal yang perlu diperhatikan, yaitu dalam memilih madu. Bunda perlu memilih madu tawon yang benar benar murni karena saat ini banyak dijual madu asli yang tidak murni. Meski harganya lebih mahal, namun khasiat madu murni akan lebih terasa daripada hanya sekedar madu tiruan.

Untuk mengantisipasi kemungkinan buruk yang ditimbulkan, alangkah baiknya sebelum mengkonsumsi madu konsultasi dulu ke dokter untuk memastikan apakah kondisi bunda aman untuk minum madu. Jika tak ada masalah maka manfaat madu untuk ibu hamil dan janin seperti yang telah kami tulis di atas insya@ akan segera Anda dapatkan. Sekian, semoga bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top