Manfaat Talas untuk Ibu Hamil, Jarang yang Tahu

Talas ternyata dapat menyumbangkan manfaat bagi ibu hamil. Bagi orang kota mungkin talas tidak begitu familiar, namun bagi masyarakat pedesaan talas merupakan salah satu jenis umbi yang banyak dimanfaatkan sebagai cemilan mulai dari talas rebus, keripik talas, getuk talas hingga cemilan lain yang tak kalah lezat dengan yang lain.

Terkadang keinginan untuk makan talas itu muncul di kala sedang hamil, terbukti ada beberapa ibu hamil yang justru ngidam makan talas rebus, bahkan ada yang hingga mencari ke daerah yang cukup jauh.

Yang jadi pertanyaan adalah bolehkah ibu hamil makan talas ? berbahaya atau tidak ? Untuk menjawab pertanyaan tersebut silakan Anda baca artikel ini hingga selesai karena di sini akan dibahas beberapa informasi terkait dengan talas bagi ibu hamil.
manfaat-talas-untuk-ibu-hamil
image from pixabay

Bolehkah ibu hamil makan talas ?


Untuk menjaga agar kehamilan berjalan dengan baik dan tidak banyak keluhan, bunda perlu menjaga pola makan sehat serta selektif dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Jika menjumpai keraguan saat mau mengkonsumsi makanan tertentu sebaiknya segera konsultasi ke dokter atau bertanya kepada orang tahu.

Jika Anda termasuk orang yang ragu untuk makan talas, sebaiknya keraguan tersebut dibuang jauh jauh. Mengapa demikian ? karena talas itu aman dikonsumsi oleh ibu hamil asal tidak terlalu berlebihan dan diolah dengan cara yang benar.

Justru talas itu dapat memberikan banyak manfaat bagi ibu hamil. Oleh karena itu, bunda tidak usah ragu jika ingin makan talas kecuali jika dokter melarang bunda karena alasan penyakit tertentu. Adapun makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil bisa anda baca makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil.

Manfaat Talas untuk Ibu Hamil


Umbi talas merupakan salah satu jenis umbi yang familiar di kalangan masyarakat pedesaan. Bentuknya bulat lonjong dengan warna kulit kecoklatan cukup kasar. Daging umbi berwarna putih dengan tekstur padat namun mudah empuk jika direbus. Jika diolah dengan cara yang pas, rasanya gurih dan nikmat namun jika salah olah bisa meninggalkan gatal di lidah. Adapun manfaat talas untuk ibu hamil antara lain adalah sebagai berikut.

1. Talas jadi sumber energi ibu hamil


Talas merupakan sumber energi yang cukup tinggi, pasalnya setiap 100 gram talas bisa menghasilkan kurang lebih 112 kalori, itu berarti lebih besar dari jumlah kalori pada kentang. Kalori ini berasal dari karbohidrat kompleks yang terdapat di dalam umbi talas. Namun demikian, kandungan lemak dan protein dalam talas sangat lah rendah sehingga ibu hamil perlu membatasi makan talas dan mengkonsumsi makanan lain yang banyak mengandung nutrisi lengkap. Silakan baca makanan untuk orang mengandung.

2. Melancarkan pencernaan


Tak hanya mengandung karbohidrat komplek, umbi talas juga mengandung serat yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Sebagaimana kita ketahui bahwa ibu hamil itu sering kali mengalami gangguan pencernaan dan susah BAB, untuk itu ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan berserat tinggi agar proses pencernaan berjalan lancar.

3. Jantung sehat


Umbi talas bermanfaat untuk ibu hamil untuk membantu menyehatkan jantung karena mengandung mineral yang dibutuhkan oleh tubuh seperti magnesium, seng, mangan, besi, potasium dan kalium. Kalium ini lah yang bermanfaat untuk membantu menstabilkan detak jantung sehingga berdampak positif pada kesehatan jantung.

4. Menormalkan tekanan darah


Kandungan kalium di dalam umbi talas selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung ibu hamil juga dapat membantu menstabilkan tekanan darah sehingga dapat memperkecil resiko hipertensi. Bagi Anda yang mempunyai tekanan darah tinggi, talas merupakan salah satu cemilan sehat yang bisa Anda pilih saat sedang hamil.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


Talas mempunyai kandungan vitamin C meski tak sebesar kandungan vitamin C dalam buah jeruk. Vitamin C itu sendiri sangat bermanfaat bagi tubuh manusia tak terkecuali ibu hamil. Salah satu manfaat dari vitamin c adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari serangan penyakit. Dengan mengkonsumsi makanan tinggi vitamin C kesehatan tubuh akan tetap terjaga.

6. Membantu menghilangkan lelah


Pada usia kehamilan awal, kebanyakan ibu hamil menjumpai keadaan dimana tubuh terasa sangat letih dan lelah meski tidak habis melakukan aktivitas berarti. Salah satu faktor yang menyebabkan keadaan itu adalah perubahan hormon kehamilan dalam tubuh. Untuk membantu meringankan keadaan tersebut Anda bisa mengkonsumsi talas dan menerapkan tips hamil sehat dan bugar.

Bicara tentang manfaat talas untuk ibu hamil memang banyak, namun Anda harus tetap waspada. Jangan terlalu banyak makan talas karena dapat memicu munculnya gejala penyakit tertentu. Bunda juga perlu memperhatikan cara pengolahannya, bila perlu rendam umbi talas selama 12 jam sebelum mengolahnya.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top