Menu Sahur Untuk Ibu Hamil yang Tidak Boleh Ditinggalkan

Menu sahur untuk ibu hamil perlu diperhatikan betul, pasalnya umumnya orang kurang begitu berselera saat makan sahur. Jika ibu hamil tidak mau makan sahur sama halnya dia tidak mau memberikan asupan nutrisi pada janin seharian penuh. Jika keadaan ini yang terjadi, bukan manfaat puasa bagi ibu hamil yang diperoleh justru bahaya mengancam kesehatan ibu dan janin.

Agar kehamilan tetap sehat meskipun dengan berpuasa, ibu hamil harus benar benar memperhatikan menu buka puasa dan menu sahurnya. Tak hanya itu, dalam menjalani aktivitas di siang hari pun ibu hamil juga harus hati - hati, jangan sampai kelelahan.

Apabila saat ini Anda sedang berpuasa, coba luangkan waktu sebentar untuk membaca artikel ini hingga selesai agar menu sahur yang Anda siapkan benar benar berkualitas sehingga puasa Anda tidak mengganggu kehamilan.

menu-sahur-untuk-ibu-hamil
image from pixabay

Menu Sahur Untuk Ibu Hamil


Menu sahur yang harus Anda siapkan harus benar benar mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh meliputi protein, karbohidrat, lemak, serat, vitamin dan mineral. Berikut adalah ulasan mengenai makanan apa saja yang mengandung banyak nutrisi bermanfaat :)

1. Menu sahur sumber protein


Protein merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga kebugaran tubuh dan membantu janin untuk tumbuh dan berkembang. Oleh karena di siang hari harus menahan lapar dan haus, maka saat sahur sudah sepantasnya ibu hamil mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein. Sumber makanan tinggi protein antara lain adalah daging ayam, daging sapi, ayam kalkun, telur, ikan salmon, aneka macam kacang kacangan dan biji - bijian.

Manfaat Protein Bagi Ibu Hamil


Meski sedang puasa, ibu hamil tetap harus mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, pasalnya manfaat protein bagi ibu hamil sangat lah banyak, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Menjaga keseimbangan berat badan ibu hamil
  • Menjaga kesehatan dan mencegah serangan penyakit
  • Sebagai sumber kalori sehingga sangat membuat ibu hamil tetap fit di siang hari
  • Dapat mencegah penyakit diabetes
  • Membantu proses terbentuknya sel darah merah
  • Membantu pertumbuhan dan perkembangan jaringan tubuh dan otak janin
  • Membantu proses pendistribusian nutrisi dari ibu kepada janin
  • Dan lain - lain

2. Sahur dengan makanan yang mengandung karbohidrat


Dalam menyiapkan menu sahur untuk ibu hamil, makanan yang mengandung karbohidrat tidak boleh ketinggalan. Manfaat karbohidrat untuk ibu hamil tidak kalah dengan protein, antara lain adalah sebagai sumber energi, membantu menstabilkan berat badan dan mencegah serangan penyakit. Adapun karbohidrat yang paling disarankan untuk ibu hamil adalah karbohidrat yang bersumber dari biji - bijian, kentang, kacang - kacangan, buah dan sayuran.

Secara rinci, makanan yang dapat menyumbangkan karbohidrat adalah sebagai berikut :
  • Gula ➠ diperoleh dari gula pasir dan susu
  • Serat ➠ diperoleh dari biji - bijian, sayuran, kacang kedelai, kacang hijau, dedak beras, dedak gandum 
  • Pati ➠ diperoleh dari beras, ubi jalar, kentang, gandum

3. Menu sahur mengandung lemak


Menu sahur untuk ibu hamil tidak hanya makanan yang mengandung protein dan karbohidrat tapi juga makanan yang mengandung lemak sehat. Fungsi utama lemak bagi ibu hamil adalah sebagai sumber energi dan membantu tumbuh kembang janin. Omega 3 adalah jenis lemak yang sangat disarankan untuk ibu hamil karena mempunyai banyak manfaat antara lain :

  • Sebagai sumber energi
  • Membantu perkembangan otak janin
  • Mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh
  • mencegah stroke dan jantung koroner

Adapun makanan yang banyak mengandung lemak sehat antara lain adalah ikan salmon, kepiting, udang, kacang almond, alpukat, minyak zaitun dan minyak ikan. PDO minyak ikan adalah salah satu jenis minyak ikan yang sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Jika berminat bisa hubungi nomor ini 085293623354 atau Pin BBM : 5A36D916

4. Jangan tinggalkan makanan berserat


Menu sahur ibu hamil tidak boleh meninggalkan makanan berserat, pasalnya makanan berserat ini dibutuhkan oleh manusia untuk melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit. Masalah sembelit (susah BAB) yang dialami oleh ibu hamil akan segera dapat diatasi dengan mengkonsumsi makanan berserat.

Manfaat Serat Bagi Ibu Hamil


Tak hanya untuk melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit, makanan yang mengandung serat juga memberikan banyak manfaat lain bagi ibu hamil sebagai berikut.

  • Mengoptimalkan kerja usus
  • Melancarkan proses pencernaan
  • Mencegah dan mengatasi sembelit
  • Menurunkan kadar kolesterol jahat
  • Menstabilkan tekanan darah

Adapun makanan yang banyak mengandung serat antara lain adalah sareal, gandum, beras merah, pisang, jeruk, pepaya, buah pir, strowberry, kacang almond, bayam, sawi, kubis, brokoli, kembang kol dan kangkung.

5. Sahur dengan makanan mengandung vitamin dan mineral


Menu sahur untuk ibu hamil tidak boleh meninggalkan makanan yang mengandung vitamin dan mineral. Ibu hamil membutuhkan banyak vitamin, mulai dari vitamin A, vitamin C, vitamin D dabn lainnya. Informasi lebih lengkap mengenai kebutuhan vitamin ibu hamil telah kami tulis pada artikel berjudul kebutuhan vitamin ibu hamil yang harus dipenuhi

Selain menyiapkan menu makan sahur seperti tersebut di atas, perlu banyak minum air putih agar tidak sampai mengalami dehidrasi. Susu kehamilan juga tidak boleh ditinggalkan selama menjalani ibadah puasa. Saat sahur sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas dan asin. Makanan pedas bisa menyebabkan sakit perut, sedangkan makanan asin bisa membuat cepat lapar.

Itulah menu sahur untuk ibu hamil yang tidak boleh anda abaikan. Satu hal lagi yang perlu Anda tahu, yaitu setelah makan sahur jangan langsung tidur karena dapat menyebabkan masalah pencernaan. Sekian, semoga bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top