Perbedaan Darah Haid dan Darah Keguguran, Wanita Perlu Tahu

Setelah kemarin kami tuliskan perbedaan darah haid dan darah awal kehamilan, kali ini kami akan sedikit mengulas mengenai perbedaan darah haid dan darah keguguran. Sepintas judul artikel ini terdengar aneh, masak orang yang masih biasa haid tiba tiba keguguran ? bukankah wanita haid itu menunjukkan tidak hamil ? mana mungkin orang tidak hamil mengalami keguguran ?

Memang judul post terdengar aneh, namun faktanya ada wanita yang menjumpai keraguan apakah darah yang dikeluarkannya merupakan darah haid / menstruasi atau darah keguguran. Hal ini bisa saja terjadi karena mungkin di bulan pertama ia masih belum hamil (masih haid) kemudian pembuahan berhasil terjadi namun selang beberapa hari terjadi keguguran sehingga di bulan kedua ia mengeluarkan bercak darah.

Itulah yang membuat ia bertanya tanya apakah kemunculan bercak darah itu terjadi karena haid, karena hamil atau karena keguguran. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan menuliskan cara akurat untuk membedakan darah haid dan darah keguguran.

perbedaan-darah-haid-dan-darah-keguguran
image from pixabay

Perbedaan Darah Haid dan Darah Keguguran


Terkadang wanita bersuami menjumpai keraguan apakah darah yang kelar dari jalan lahirnya merupakan darah haid atau bukan. Mungkin keraguan ini muncul karena adanya beberapa keluhan yang menyertai keluarnya darah atau karena waktu munculnya tidak seperti biasa atau karena lamanya tidak seperti biasa.

Darah Haid dan Darah Kehamilan


Apabila Anda menjumpai beberapa keadaan aneh yang menyertai kemunculan bercak darah (tak seperti biasa), mungkin saja Anda sedang hamil. Mengapa bisa begitu ? karena bercak darah tanda kehamilan itu akan muncul  disebabkan karena proses implantation bleeding, yaitu menempelnya embrio pada dinding rahim.

Perbedaan mendasar antara darah menstruasi dan darah kehamilan itu terletak pada warna darah, volume darah, lama pendarahan dan gejala yang menyertai. Untuk informasi lebih gamblang bisa Anda baca perbedaan darah haid dan darah awal kehamilan

Darah Haid dan Darah Keguguran


Perbedaan darah haid dan darah keguguran sebenarnya tidak bisa dipastikan tanpa pemeriksaan dokter. Langkah paling tepat untuk memastikan apakah darah yang keluar merupakan darah haid atau keguguran atau karena sebab lain adalah datang ke dokter untuk menjalani pemeriksaan. Dokter akan melakukan segenap pemeriksaan baik dengan menggunakan spekulum dan USG.

Sebelum Anda datang ke dokter, Anda bisa mengira - ira sendiri, yaitu dengan melihat darah yang keluar. Biasanya darah keguguran itu ada gumpalan kecil yang tidak hancur saat ditekan.

Anda juga bisa melihat beberapa tanda keguguran yang menyertai keluarnya bercak darah, misalnya kram hebat dan lainnya. Silakan baca informasi lengkapnya tanda keguguran hamil muda yang perlu Anda ketahui

Penyebab Umum Pendarahan Melalui Jalan Lahir Perempuan


Pendarahan yang dialami oleh kaum hawa tidak hanya terjadi karena haid, hamil  dan keguguran, namun masih ada faktor lain yang dapat menyebabkan pendarahan melalui jalan lahir. Pada umumnya pendarahan tersebut terjadi karena salah satu faktor berikut ini :

  • Menstruasi / haid
  • Implantation bleeding (menempelnya embrio pada dinding rahim)
  • Pendarahan ringan setelah bercinta
  • Keguguran
  • Efek samping melaksanakan program KB
  • Kelainan pada rahim seperti miom / polip
  • Penyakit tertentu seperti kanker dan lainnya

Untuk mengetahui secara pasti penyebab pendarahan yang sedang Anda alami, silakan langsung datang ke dokter untuk diperiksa secara medis. Selanjutnya dokter akan memberikan perawatan sesuai dengan apa yang Anda keluhkan.

Tips Sehat Kaum Hawa


Untuk menjaga agar kita terhindar dari pendarahan yang berbahaya atau kelainan pendarahan yang membuat hati khawatir, silakan lakukan beberapa tips sederhana di bawah ini :

  • Istirahat cukup dan jangan terlalu kelelahan
  • Hindari stress
  • Hindari jenis KB yang tidak cocok
  • Terapkan pola hidup dan pola makan sehat
  • Konsultasi ke dokter jika ada sesuatu yang janggal

Demikian informasi mengenai perbedaan darah haid dan darah keguguran. Semoga apa yang kami sampaikan dalam artikel singkat ini bermanfaat, terimakasih

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top