Resep Kolak Kacang Hijau Cocok Untuk Ibu Hamil

Kolak kacang hijau adalah salah satu menu tajil puasa yang cocok untuk ibu hamil, pasalnya kolak kacang hijau tidak hanya enak rasanya tapi juga mengandung cukup banyak nutrisi yang bermanfaat bagi ibu hamil. Oleh karena akan dikonsumsi ibu hamil tentu pembuatan kolak kacang hijau ini agak sedikit berbeda dengan umumnya kolak.

Sebaiknya bunda membuat kolak sendiri di rumah karena dengan membuat sendiri campuran bahan yang digunakan bisa bebas diatur sendiri. Berbeda jika Anda membeli kolak di pasar atau tempat penjual panganan, mau tidak mau Anda akan mendapat kolak yang telah disediakan.

Apabila Anda masih menjumpai kesulitan dalam pembuatan kolak untuk ibu hamil, silakan baca artikel ini hingga kelar karena artikel ini akan membahas tentang resep kolak kacang hijau yang cocok untuk ibu hamil lengkap dengan manfaat yang bisa di dapat.

resep-kolak-kacang-hijau-untuk-ibu-hamil
image from pixabay

Resep Kolak Kacang Hijau Ibu Hamil


Sebelum mulai membuat, langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan bahannya. Bahan utama dalam pembuatan kolak ini adalah kacang hijau [sekedar saran saja : hendaknya Anda pilih kacang hijau berkualitas bagus agar kolak yang dihasilkan benar benar nikmat dan bergizi tinggi]. Adapun bahan yang perlu Anda persiapkan adalah sebagai berikut

  • 200 gram kacang hijau kualitas super
  • 300 ml santan kelapa
  • 400 ml air bersih
  • Daun salam satu lembar
  • Jahe setengah jari, digeprek
  • Vanili bubuk 1/4 sendok teh
  • Gula merah 25 gram
  • Gula pasir secukupnya [jangan terlalu manis]
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Kolak Kacang Hijau


Kolak kacang hijau untuk ibu hamil sebaiknya dibuat dengan tidak terlalu manis karena ibu hamil tidak direkomendasikan sering makan makanan terlalu manis. Untuk itu, pemberian gula pasir silakan dikira kira sendiri pokok rasanya enak meski tidak terlalu manis. Adapun langkah cara pembuatan kolak kacang hijau adalah sebagai berikut.

  • Langkah awal, Kacang hijau direndam kurang lebih dua jam
  • Setelah itu, rebus kacang hijau dengan air bersih kemudian masukkan vanili, garam, jahe dan daun salam
  • Kalau sudah empuk, tuangkan santan berikut gula merah dan gula pasir
  • Masak hingga matang dan kolak kacang hijau siap disantap

Mungkin anda bertanya tanya, apa boleh ibu hamil makan kolak ini dengan diberi es ? Jika pertanyaan itu mengganjal di hati silakan baca minum es saat hamil, bolehkah ?. Apabila Anda menjadikan kolak ini sebagai menu tajil puasa, sebaiknya tidak usah pakai es, justru lebih baik jika dimakan dalam keadaan hangat.

Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil


Kolak kacang hijau memiliki manfaat berbanding lurus dengan rasanya, maksudnya rasanya enak dan manfaatnya banyak. Di bawah ini adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh ibu hamil dengan mengkonsumsi kacang hijau.

1. Membantu perkembangan janin


Kandungan asam folat pada kacang hijau mempunyai khasiat yang tidak bisa dianggap sepele, pasalnya asam folat sangat dibutuhkan oleh janin untuk membatu proses pembentukan sistem syaraf. Asam folat tidak hanya ada dalam kacang hijau, selengkapnya bisa Anda baca penjelasannya makanan yang mengandung asam folat tinggi.

2. Membantu pembentukan organ janin


Pembentukan dan perkembangan organ janin memerlukan protein yang bisa diperoleh dari ibu. Jika ibu hamil mengkonsumsi makanan berprotein tinggi maka secara tidak langsung akan membantu pembentukan organ janin. Kacang hijau adalah salah satu makanan berprotein tinggi yang bisa anda jadikan sebagai pilihan makanan berprotein.

3. Kaya vitamin


Salah satu vitamin yang terdapat pada kacang hijau adalah vitamin B1 dan B2. Kedua vitamin ini diperlukan oleh ibu hamil, baik untuk dirinya sendiri maupun janin dalam kandungannya. Vitamin B1 dan B2 bermanfaat untuk membantu mengoptimalkan penyerapan protein, membantu pertumbuhan janin dan melancarkan pencernaan sehingga ibu hamil terhindar dari sembelit.

4. Menguatkan tulang


Kandungan kalsium dan fospor pada kacang hijau sangat bermanfaat bagi ibu hamil untuk menguatkan tulang dan membantu petumbuhan tulang dan gigi janin. Kekurangan kalsium saat hamil bisa menyebabkan ibu hamil mengalami osteoporosis (pengeroposan tulang) karena janin akan mengambil sumber kalsium dari ibu.

5. Melancarkan pencernaan


Serat yang terkandung dalam kacang hijau bermanfaat untuk membantu melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit (susah BAB). Biasanya ibu hamil sering mengeluhkan susah BAB, maka kacang hijau sangat cocok sebagai makanan sehat untuk mengatasi sembelit.

Itulah resep kolak kacang hijau yang cocok untuk ibu hamil serta sedikit ulasan mengenai manfaat kacang hijau bagi ibu hamil. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top