Tips Sehat Ibu Hamil Selama Puasa Ramadhan

Tips sehat ibu hamil - Selama menjalani ibadah puasa ramadhan, bunda perlu menerapkan segenap tips agar puasa dapat dijalani dengan nyaman tanpa harus mengganggu kesehatan ibu dan janin. Apabila bunda tidak bisa menerapkan tips sehat selama bulan ramadhan bisa jadi ibadah puasa akan terbengkelai di tengah jalan.

Sebenarnya, ibu hamil itu boleh tidak mengerjakan puasa dan mengganti dengan puasa di hari lain. Akan tetapi saat ini kebanyakan ibu hamil lebih memilih untuk tetap puasa karena sekarang sudah banyak makanan bergizi tinggi yang mudah didapat.

Di waktu malam, bunda bisa mengkonsumsi makanan bergizi agar janin tidak kekurangan asupan nutrisi. Jangan hanya memperbanyak makan kolak atau es buah dan melupakan makanan lainnya. Tetap jaga pola makan sehat selama menjalani berpuasa agar ibadah puasa dapat berjalan dengan lancar dan bermanfaat bagi tubuh. Silakan baca manfaat puasa bagi ibu hamil ternyata banyak banget

tips-sehat-ibu-hamil-selama-bulan-ramadhan
image from pixabay

Tips Sehat Ibu Hamil Saat Bulan Ramadhan


Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan pengampunan sehingga di bulan ramadhan umat Islam berlomba lomba untuk mengerjakan kebaikan. Salah satu ibadah wajib yang telah diperintahkan oleh Sang Khaliq pada bulan ramadhan adalah menjalankan ibadah puasa sebulan penuh, kecuali bagi mereka yang mendapatkan ruhsoh (kemurahan)

Sebenarnya puasa itu apa sih ?
Puasa adalah menahan makan, minum dan hawa nafsu mulai dari terbit fajar sodiq hingga terbenam matahari. Orang yang sedang berpuasa tidak hanya diperintahkan untuk menahan lapar dan haus tapi juga diperintahkan supaya mengontrol emosi dan tidak mengucapkan maupun mengerjakan sesuatu yang mengandung dosa.

Bagaimana Agar Puasa Ramadhan Ibu Hamil Sehat dan Nyaman ?


Oleh karena tidak boleh makan dan minum seharian, sudah barang tentu perut terasa lapar dan tenggorokan terasa kering akibat kehausan. Terkadang hati merasa ragu, sebenarnya ibu hamil itu boleh puasa atau tidak sih ? Untuk itu sebelum lanjut membaca artikel ini ada baiknya Anda baca terlebih dahulu apakah ibu hamil boleh puasa ramadhan ?

Setelah Anda membaca artikel tersebut, tentu sekarang Anda sudah mantap kalau puasa ramadhan itu aman dikerjakan oleh ibu hamil asalkan memenuhi persyaratan tertentu. Untuk melancarkan niat baik Anda untuk menjalankan puasa ramdhan meski sedang hamil silakan simak penjelasan di bawah ini :)

Tips Sehat Saat Sahur


Sebelum fajar shodiq muncul kita disunahkan untuk makan sahur. Makan sahur memang tidak wajib, namun telah menjadi kebiasaan baik yang dikerjakan oleh para pendahulu. Salah satu tips sehat ibu hamil selama puasa ramadhan adalah makan sahur seperti yang telah dianjurkan oleh Rosulloh SAW yaitu sahur di akhir waktu.

Menu makan sahur yang peru Anda siapkan juga tidak boleh sembarangan, mengingat saat ini Anda sedang hamil. Pilihlah makanan yang banyak mengandung nutrisi agar asupan nutrsi yang masuk ke janin bisa tercukupi. Untuk lebih jelasnya silakan simak menu sahur untuk ibu hamil yang tidak boleh ditinggalkan.

Satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan saat makan sahur, yaitu bunda tidak boleh meninggalkan air putih. Di saat sahur bunda harus banyak minum air putih agar tidak sampai mengalami dehidrasi (kekurangan cairan tubuh). Minum segelas susu juga sangat baik karena kandungan nutrisi dalam susu sangat lengkap. Jika Anda termasuk orang yang hobi minum kopi sebaiknya saat sahur tidak minum kopi karena minuman berkafein bisa membuat tubuh lebih banyak kehilangan cairan melalui urinasi.

Tips Sehat Saat Puasa


Pada saat menjalankan ibadah puasa, bunda sebaiknya tidak berada di bawah terik matahari terlalu lama karena dapat membuat tubuh cepat lelah dan menjadi haus. Tak hanya itu, aktivitas fisik sebaiknya juga dikurangi apalagi aktivitas yang tergolong berat. Pada umunya ibu hamil sering merasa lemas meski tidak puasa, terutama saat hamil muda. Keadaan ini akan menjadi semakin berat ketika bunda menjalani ibadah puasa. untuk itu, sebaiknya bunda perlu mengurangi aktivitas fisik selama ramadhan agar ibadah puasa berjalan dengan nyaman dan aman.

Tak hanya masalah aktivitas, bunda juga perlu memperhatikan waktu istirahat. Di malam hari, sering kali kita jumpai ibu hamil yang kurang tidur karena di waktu sore sibuk menjalankan ibadah salat tarawih dan di akhir malam harus sudah bangun untuk sahur. Untuk itu agar ibu hamil sehat dan nyaman menjalankan puasa sebaiknya di siang hari meluangkan waktu untuk tidur siang.

Ada beberapa orang yang salah kaprah dalam hal olahraga. mereka mengatakan olahraga saat puasa itu tidak diperlukan karena bisa membuat lemas dan bahkan pingsan. Perlu kami sampaikan bahwa olahraga saat hamil itu tetap diperlukan untuk menjaga tubuh tetap segar dan bugar. Namun ingat ! olahraga yang boleh dilakukan ibu hamil hanya olahraga yang ringan ringan saja. Silakan baca olahraga yang aman untuk ibu hamil

Tips Sehat Buka Puasa


Tak hanya sahur dan aktivitas di siang hari, bunda juga perlu memperhatikan menu masakan yang akan disantap saat berbuka. Ketika azan maghrib telah berkumandang, kebahagiaan pun terpancar dari dalam wajah seraya mengucap lafazd syukur Alhamdulillah.

Mau nya sih minum banyak dan makan banyak agar rasa lapar dan haus bisa segera terobati. Jangan begitu, makan dan minum terlalu banyak saat buka puasa ternyata malah kurang baik. Saran bagi ibu hamil saat buka puasa adalah membatalkan puasa dengan kurma dan minum air putih. Baru setelah salat maghrib diteruskan dengan makan nasi dalam porsi kecil.

Makan dalam porsi kecil kan belum kenyang ? tenang saja, Anda bisa makan lagi nanti setelah salat tarawih dalam porsi kecil. Intinyan ibu hamil jangan makan dalam porsi banyak karena bisa membuat perut terasa begah. Sebaiknya makan dalam porsi kecil namun sering.

Perlu kami ingatkan bahwa menu buka puasa yang akan Anda santap sebaiknya benar benar diperhatikan kandungan gizinya dan tetap menerapkan pola makan sehat. Jangan terlalu banyak makan gorengan dan makanan terlalu pedas untuk menghindari masalah pencernaan. Minum air putih juga jangan sampai ketinggalan agar tubuh tidak sampai mengalami dehidrasi.

Demikianlah tips sehat ibu hamil selama puasa ramadhan. Semoga penjelasan singkat yang kami tulis pada artikel ini bermanfaat dan mampu menyumbangkan kebaikan bagi pembaca. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top