Bahaya Bayam bagi Ibu Hamil, Hii Mengerikan !!

Bahaya bayam bagi ibu hamil ⏩ Mendapatkan kehamilan yang sehat dan nyaman adalah harapan dari setiap pasangan suami istri. Untuk mendapatkan kehamilan sehat, ibu hamil perlu memperlakukan kehamilan dengan tepat dan tidak salah dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Meski kehamilan telah dirawat dengan baik, akan tetapi kalau makanan yang dikonsumsi sembarangan maka sama saja kesehatan janin terancam.

Bayam bukan lah makanan yang dilarang untuk ibu hamil, justru bayam itu termasuk jenis sayur yang dianjurkankan untuk ibu hamil. Kenapa direkomendasikan ? karena sayur bayam banyak mengandung manfaat. Silakan baca manfaat bayam bagi ibu hamil, luar biasa.

Meskipun banyak mengandung manfaat, namun apabila ibu hamil salah dalam mengkonsumsi bayam maka akan muncul berbagai macam masalah kesehatan yang dapat merugikan ibu hamil. Untuk informasi lebih lanjut, kami akan membahasnya pada artikel ini. Silakan simak ulasannya di bawah ini :)

bahaya-bayam-bagi-ibu-hamil
image from pixabay

Bahaya Bayam Bagi Ibu Hamil


Bayam tidak termasuk sayuran yang tidak boleh untuk ibu hamil, justru bayam termasuk makanan yang dianjurkan. Namun demikian, ibu hamil tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsi sayur bayam karena konsumsi bayam terlalu banyak dapat memicu beberapa macam jenis gangguan kesehatan. Di bawah ini adalah beberapa bahaya bayam bagi ibu hamil jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

1. Bayam dapat menyebabkan batu ginjal


batu ginjal adalah gangguan kesehatan yang bisa menyerang siapa saja. Tak peduli laki atau perempuan, tua atau muda, Wanita hamil atau tidak, mereka semua bisa saja terkena penyakit ini. Apabila Anda termasuk penderita batu ginjal sebaiknya jangan makan sayur bayam karena kandungan oksalat pada bayam dapat memperparah batu ginjal.

Penyakit batu ginjal yang dialami oleh wanita hamil tidak hanya menyakitkan sang bunda, akan tetapi janin pun ikut mendapatkan dampak negatifnya. Mengapa demikian ? karena sistem kekebalan tubuh ibu hamil yang melemah akhirnya bisa mengganggu kesehatan dan tumbuh kembang janin. Adapun jika bunda tidak termasuk penderita batu ginjal, makan sayur bayam itu boleh asal tidak berlebihan.

2. Gangguan pencernaan


Salah satu keluhan umum yang dialami ibu hamil adalah sembelit (susah BAB). Untuk mengatasi hal ini, ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi makanan kaya serat. Kandungan serat pada sayur bayam tergolong cukup tinggi sehingga dapat menagatasi keluhan ini. Namun demikian, apabila bayam dikonsumsi dalam jumlah berlebihan maka sistem pencernaan justru dapat terganggu seperti kram perut, perut kembung dan begah. Silakan baca cara menagatasi perut begah (kembung) saat hamil.

3. Persalinan sulit


Urusan mudah dan sulitnya proses persalinan adalah kehendak dari Sang Maha Pencipta, Namun demikian alangkah bijaknya apabila kita berusaha menghindari segala hal yang dapat memicu sulitnya proses persalinan. Kandungan salisilat dalam sayur bayam adalah salah satu pemicu sulitnya proses pencernaan. Maka dari itu, jangan berlebihan makan sayur bayam saat sedang hamil.

4. Keracunan


Salah satu manfaat bayam bagi ibu hamil adalah dapat membantu mengatasi anemia. Hal ini disebabkan karena sayur bayam itu mengandung senyawa Fe2+. Fe2+  memang sangat bermanfaat, namun jika terlalu lama dibiarkan sebagai sayur matang maka zat tersebut oksidasi dan berubah menjadi Fe23+ yang dapat meracuni manusia.

Sayur Bayam yang Berbahaya


Bahaya sayur bayam untuk ibu hamil akan muncul ketika dimakan dalam jumlah berlebihan. Selain itu, Anda tidak dianjurkan mengkonsumsi bayam yang telah dimasak apabila telah melebihi 5 jam karena dapat menyebabkan keracunan. Bagaimana kalau dihangatkan ? sama saja, meski telah dihangatkan tapi sayur bayam yang telah lama bisa menyebabkan keracunan karena sayur bayam yang dihangatkan itu kadar nitrit nya meningkat. Sedangkan kadar nitrit dalam sayur bayam itu bersifat racun.

Walaupun kedengaran mengerikan, akan tetapi jangan terlalu takut dalam menanggapi info ini. Ibu hamil tetap diperbolehkan akan sayur bayam selama dalam batas wajar dan disajikan dengan cara yang aman.

Itulah bahaya bayam bagi ibu hamil dan informasi terkait dengannya. Entah apa yang akan Anda perbuat, sebaiknya perhitungkan dengan tepat guna menjaga kehamilan tetap sehat dan nyaman. Sekian, semoga bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top