Bahaya Tidur Larut Malam bagi Ibu Hamil, Bunda Wajib Tahu !

Tidur larut malam ternyata dapat membahayakan kesehatan ibu hamil, pasalnya tidur terlalu malam dapat membuat kondisi kesehatan ibu hamil terganggu. Biasanya, orang yang begadang waktu malam, di pagi hari badan terasa tak enak, perut kembung, mata panas dan kepala pusing - pusing. Keadaan ini tentu dapat mengakibatkan dampak kurang baik bagi si janin.

Pada kondisi tertentu kadang kala ibu hamil mengalami susah tidur, entah karena kecapekan, banyak pikiran atau karena faktor lain. Apabila Anda menjumpai keadaan itu, coba lakukan beberapa tips yang kami tulis pada cara mengatasi susah tidur pada ibu hamil.

Menurut penjelasan dari para pakar kesehatan, ibu hamil pelu melakukan istirahat malam (tidur) paling tidak 8 jam. Kalau ibu hamil tidur terlalu larut malam, sama saja waktu tidurnya tidak tercukupi. Sehari dua hari mungkin masih tak ada kendala, namun kalau terus terusan begadang maka dapat mengganggu kesehatan.

bahaya-tidur-larut-malam-bagi-ibu-hamil
image from pixabay

Bahaya Tidur Larut Malam bagi Ibu Hamil


Akibat kurang tidur malam bagi ibu hamil adalah membuat badan menjadi tidak fit dan ibu hamil mengalami kelelahan. Mengapa bisa kelelahan ? karena istirahat yang paling baik adalah tidur.

Saat siang hari ibu hamil telah melakukan banyak aktifitas yang menguras tenaga, maka perlu mendapatkan istirahat yang cukup. Kalau kurang istirahat, bisa jadi badan terasa sangat lelah.

Untuk ibu hamil trimester pertama, keadaan ini akan menjadi semakin parah karena ibu hamil trimester pertama merasakan letih dan lelah yang cukup berat disebabkan karena perubahan hormon. Kalau ditambah dengan kurang tidur malam maka akan menjadi semakin parah.

Ada sebagian orang yang mengatakan kalau kelelahan pada ibu hamil bisa menjadi pemicu kontraksi rahim. Memang kelelahan itu bukan faktor utama penyebab kontraksi, namun perlu untuk diwaspadai.

Bahaya tidur larut malam bagi ibu hamil memang tidak bisa langsung dirasakan, namun jika menjadi sebuah kebiasaan maka dikhawatirkan mengakibatkan dampak buruk pada ibu dan janin.

Belum lagi kalau Anda termasuk orang yang bekerja keras di siang hari, kalau malam selalu kurang tidur maka resiko buruk akan selalu menghantui. Untuk itu, disarankan bagi ibu hamil untuk mencukupi kebutuhan istirahatnya, baik istirahat siang maupun malam.

Di siang hari, kalau badan sudah terasa capek sebaiknya segera istirahat, dan usahakan untuk tidur siang meski hanya sebentar. Demikian juga di waktu malam, bunda jangan suka begadang dan tidur terlalu larut malam.

Terkadang tidur terlalu malam itu disebabkan karena keadaan yang gerah dan panas sehingga bunda memilih untuk tidur di lantai. Padahal sebenarnya tidur di lantai itu kurang baik bagi kesehatan, silakan baca bahaya ibu hamil tidur di lantai.

Penyebab Sulit Tidur Saat Hamil


Ada beberapa keadaan yang membuat ibu hamil mengalami susah tidur di malam hari. Memang tidak semua ibu hamil susah tidur, justru ada ibu hamil yang gampang sekali tidur.

Adapun beberapa hal yang dapat menyebabkan ibu hamil sulit tidur diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Perubahan fisik


Mau tidak mau, yang namanya orang hamil pasti mengalami perubahan fisik terutama pada bagian perut. Semakin membuncitnya bagian perut membuat wanita hamil susah untuk memilih posisi tidur yang nyaman.

Apalagi kalau kehamilan sudah memasuki usia trimester ketiga, mau tidur terlentang punggung terasa sakit, mau tidur telungkup perut tertekan. Yang nyaman hanya tidur miring ke kanan dan ke kiri. Untuk lebih jelasnya silakan baca posisi tidur yang baik saat hamil.

2. Muncul gejala kehamilan


Gejala kehamilan akan muncul pada seorang wanita yang benar - benar telah hamil. Gejala ini biasa muncul di usia kehamilan trimseter pertama (tiga bulan pertama). Gejala tersebut antara lain adalah muntah, pusing, mual dan lain lain. Pada umumnya gejala ini muncul karena terjadinya perubahan hormon pada tubuh.

Untuk mengatasi hal ini bunda perlu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi dan berusaha menyikapi gejala ini dengan santai dan rileks, jangan panik.

3. Keadaan psikis


Kadang terjadi ibu hamil susah tidur karena keadaan psikis, misalnya ibu hamil yang menjumpai masalah pada kehamilannya. Pikiran tak karuan sering kali muncul di benak sehingga tidur malam menjadi sulit.

Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu menyelesaikan masalah satu per satu dan hilangkan pikiran negatif yang selalu menghantui kehidupan. Pikiran jelek tidak akan menambah baik keadaan, justru dapat memperkeruh keadaan.

Di saat mau tidur, Anda bisa mendengarkan lantunan ayat suci Al Qur'an agar suasana hati menjadi tenang dan damai. Jika memungkinkan, mintalah suami untuk melantunkan ayat suci tersebut.

Demikian informasi tentang bahaya tidur larut malam bagi ibu hamil. Begadang tidak hanya kurang baik bagi kesehatan ibu hamil tapi semua orang sebaiknya mendapatkan cukup istirahat malam. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top