Bolehkah ibu hamil makan bunga pepaya, amankah ?

Bolehkah ibu hamil makan bunga pepaya ? Ketika kehamilan telah dialami oleh kaum hawa, berbagai macam keraguan dalam hati terkadang muncul karena merasa takut jangan jangan apa yang ia lakukan dapat membahayakan keselamatan janin. Salah satu keraguan yang mungkin muncul di hati ibu hamil adalah tentang bunga pepaya, sebenarnya aman atau tidak apabila dikonsumsi saat hamil ?

Untuk mengobati keraguan tersebut, silakan baca artikel ini hingga rampung karena di sini akan di bahas penjelasan singkat mengenai bunga pepaya bagi ibu hamil. Namun sebelumnya, silakan baca dulu sayur pepaya untuk ibu hamil, bolehkah ?

Hasil olahan bunga pepaya memang banyak digemari oleh masyarakat, akan tetapi keinginan untuk menikmati lezatnya olahan bunga pepaya kadang terhambat dengan adanya kabar yang menyatakan bahwa mengkonsumsi bunga pepaya itu bisa membahayakan kehamilan, bahkan dapat menyebabkan terjadinya keguguran. Untuk itu, silakan baca penjelasan berikut ini.

bolehkah-ibu-hamil-makan-bunga-pepaya
image from pixabay

Bolehkah ibu hamil makan bunga pepaya ?


Mengkonsumsi hasil olahan bunga pepaya itu boleh - boleh saja, asal tidak terlalu berlebihan dan dimakan dalam posisi matang (sudah dimasak). Perlu Anda ketahui bahwa getah pepaya itu mengandung enzim papain yang dapat menyebabkan kontraksi perut apabila dimakan oleh ibu hamil. Apabila Anda bertanya bolehkah ibu hamil makan bunga pepaya, amankah ? jawabnya boleh asal dikonsumsi dengan benar.

Tips Aman Makan Bunga Pepaya Saat Hamil


Segala macam macam makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil perlu diperhatikan betul, pasalnya salah makan dapat menyebabkan keluhan kehamilan serius. Apabila Anda termasuk orang yang gemar mengkonsumsi hasil olahan bunga pepaya, silakan ikuti tips aman mengkonsumsi bunga pepaya saat hamil di bawah ini.

1. Bunga pepaya dimasak hingga benar benar matang


Sebagaimana telah kami sampaikan di atas bahwa getah yang terkandung di dalam pepaya, baik daun, buah maupun bunga pepaya itu  mengandung enzim papain yang dapat memicu kontraksi perut pada ibu hamil. Untuk menghilangkan getah pepaya, Anda perlu memasak bunga pepaya hingga benar benar matang. Memang sebagian orang ada yang suka makan bunga pepaya dalam keadaan mentah sebaai lalapan, namun cara ini dirasa kurang aman karena getah pepaya masih banyak terkandung di dalamnya. Info tentang lalapan yang aman bagi ibu hamil, silakan baca sayuran mentah untuk ibu hamil yang aman.

2. Tidak dimakan berlebihan


Apapun jenis makanan yang akan Anda konsumsi, pastikan dikonsumsi dalam jumlah wajar dan tidak berlebihan. Sebaik apapun makanan yang Anda konsumsi namun jika dimakan dalam jumlah berlebihan justru dapat membuat masalah kehamilan. Meski Anda suka makan hasil olahan bunga pepaya, tapi jangan memakannya terlalu banyak.

3. Jangan dimasak terlalu pedas


Makanan pedas sebenarnya aman bagi ibu hamil, tapi ibu hamil hendaknya tidak mengkonsumsi makanan terlalu pedas karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Sebagaimana kita ketahui bahwa olahan bunga pepaya umumnya dibuat dengan campuran cabe karena memang mantap jika diolah pedas. Untuk itu, kami ingatkan lagi jangan membuat olahan bunga pepaya terlalu pedas, sedang sedang saja. Info lebih lengkap silakan baca makan pedas saat hamil, amankah ?

4. Tidak dimasak dengan campuran bahan yang membahayakan kehamilan


Perlu kami sampaikan bahwa janin dalam kandungan itu masih sangat sensitif terhadap zat zat tertentu, maka dari itu bunda perlu waspada dalam mengkonsumsi makanan dan minuman. Untuk membuat hasil olahan bunga pepaya yang aman bagi ibu hamil, sebaiknya masakan bunga pepaya tidak dicampur dengan bahan yang membahayakan, misalnya MSG atau penyedap rasa lainnya.

Intinya, makan bunga pepaya itu aman bagi ibu hamil, namun apabila Anda ragu sebaiknya konsultasi dulu ke dokter sebelum melangkah lebih jauh. Dokter akan memberikan saran terbaik kepada Anda sehingga apa yang Anda lakukan untuk menjaga dan merawat kehamilan berhasil maksimal dan bayi dapat terlahir dengan aman dan selamat melalui persalinan normal.

Demikian info terkait "bolehkah ibu hamil makan bunga pepaya, amankah". Semoga apa yang kami sampaikan di atas bisa menambah wawasan kita dalam merawat kehamilan. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top