Bolehkah ibu hamil minum teh botol dingin ?

Bolehkah ibu hamil minum teh botol dingin ? Mungkin pertanyaan ini masih mengganjal di hati karena Anda ingin menjaga dan merawat kehamilan dengan baik. Merawat kehamilan memang perlu dilakukan dengan sebaik - baiknya agar tidak sampai terjadi hal - hal yang tidak diinginkan, apalagi sampai terjadi keguguran.

Minum teh botol dingin memang segar, namun keinginan untuk terkadang hati ragu untuk meminumnya karena ada kabar yang menyebutkan bahwa minum teh botol dapat menyebabkan gangguan kehamilan.

Agar hati tidak ragu, Anda bisa langsung konsultasi ke dokter baik secara online maupun langsung datang ke tempat praktek dokter. Sebagai pengertian dasar, Anda bisa membaca artikel ini hingga akhir karena di dalamnya memuat penjelasan singkat mengenai boleh dan tidaknya ibu hamil minum teh botol dingin.

bolehkah-ibu-hamil-minum-teh-botol-dingin
image from pixabay

Bolehkah ibu hamil minum teh botol dingin ?


Tidak ada larangan bagi ibu hamil untuk minum teh, baik teh hangat maupun teh dingin. Namun, ibu hamil perlu membatasi dalam minum teh botol sebab rasa manis dalam teh botol dapat meningkatkan resiko diabetes dan dapat meningkatkan berat badan janin sehingga bayi terlahir terlalu besar bahkan hingga lebih dari 4 kg.

Masalah minum teh dingin atau hangat tidak ada masalah, namun yang perlu Anda waspadai adalah campuran yang digunakan untuk membuat teh botol dingin seperti pemanis buatan, bahan pengawet dan bahan kimia lainnya, karena semua bahan tersebut dapat mempengaruhi kesehatan dan tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Bahaya Minum Teh Saat Hamil


Apabila ada perasaan ragu dalam hati mengenai teh botol hingga ada pertanyaan bolehkah ibu hamil minum teh botol ? maka jawabnya boleh, asalkan tidak diminum terlalu berlebihan serta memilih teh botol yang tidak banyak mengandung bahan kimia.

Entah teh botol dingin ataupun teh hangat, apabila diminum terlalu berlebihan dapat menyebabkan resiko kurang menguntungkan bagi kehamilan. Di bawah ini adalah bahaya minum teh berlebihan saat hamil.

1. Meningkatkan resiko dabetes


Untuk membuat teh hangat atau  dingin jadi mantap, diperlukan tambahan gula. Tanpa gula, teh terasa pahit dan kurang menyegarkan. Apabila ibu hamil terlalu banyak makan dan minum yang manis - manis maka dapat meningkatkan resiko diabetes sehingga berat badan janin meningkat pesat. Wal hasil bayi terlahir terlalu besar sehingga sulit untuk dilahirkan dengan persalinan normal.

2. Kandungan kafein dapat membahayakan janin


Ibu hamil sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi kafein dalam jumlah jumlah banyak, pasalnya mengkonsumsi kafein terlalu banyak selama hamil dapat menyebabkan beberapa masalah kehamilan bahkan bisa menyebabkan keguguran. Kandungan  kafein dalam teh memang tidak terlalu banyak, namun jika Anda terlalu sering minum teh sama saja kafein yang masuk ke dalam tubuh menjadi banyak. Coba baca makanan penyebab keguguran kandungan.

Manfaat Minum Teh bagi Ibu Hamil


Meski dapat menimbulkan bahaya jika dikonsumsi berlebihan, namun minum teh saat hamil juga dapat menumbangkan manfaat dengan syarat diminum dalam jumlah wajar dan tidak berlebihan. Berikut ini adalah manfaat minum teh bagi ibu hamil.

1. Menangkal penyakit


Teh mengandung antioksidan yang dapat menangkal penyakit yang akan menyerang. Radikal bebas dan polusi dapat menyebabkan timbulnya masalah kesehatan ibu hamil, untuk itu ibu hamil perlu antioksidan untuk menangkal segala macam penyakit yang datang menyerang. Di sinilah manfaat teh untuk ibu hamil, yaitu sebagai antioksidan tubuh.

2. Penyumbang beberapa macam vitamin


Kandungan vitamin E dalam teh sangat bermanfaat bagi ibu hamil untuk menjaga kesehatan kulit. Sebagaimana kita ketahui bahwa ibu hamil sering kali mengalami masalah kulit seperti gatal gatal, garis hitam dan lain lain. Info lebih lengkap silakan baca cara menghilangkan garis hitam di perut saat hamil.

Selain itu, teh juga mengandung vitamin C yang berkhasiat untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga ibu hamil dapat menjalani kehamilannya degan nyaman tanpa banyak keluhan kehamilan serius. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin, Anda perlu mengkonsumsi vitamin tambahan namun tidak boleh asal asalan minum vitamin. Silakan baca merk vitamin untuk ibu hamil muda yang baik.

Kesimpulan
Bolehkah ibu hamil minum teh botol dingin ? Tentu Anda sudah tahu jawabannya setelah membaca dengan teliti artikel yang kami tulis di atas. Sekian info yang dapat kami tulis, semoga bermanfaat.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top