Cara Minum Madu saat Hamil yang Baik dan Benar

Cara minum madu saat hamil perlu dilakukan dengan baik dan benar untuk mendapatkan manfaat yang sempurna. Sebagaimana kita ketahui bahwa madu merupakan salah satu suplemen kesehatan alami yang diproduksi oleh lebah / tawon dengan rasa sangat manis. Madu telah dipercaya sejak zaman nenek moyang sebagai salah satu bahan perawatan tubuh dan obat berbagai macam penyakit.

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam madu sangat lah lengkap sehingga sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh tak terkecuali ibu hamil. Namun demikian, bunda hamil perlu mengkonsumsi madu dengan cara yang benar agar manfaatnya benar benar bisa dirasakan.

Sebelum lanjut membaca alangkah baiknya baca terlebih dahulu manfaat madu untuk ibu hamil dan janin. Setelah Anda mengetahui manfaat madu bagi ibu hamil, silakan lanjutkan membaca artikel ini hingga selesai untuk melihat bagaimana cara minum madu yang baik dan benar.

cara-minum-madu-saat-hamil
image from pixabay

Cara Minum Madu Saat Hamil


Meski manfaat madu tergolong sangat banyak namun bunda jangan tergesa - gesa dalam minum madu, perlu melakukan langkah tepat dalam mengkonsumsi madu. Jika dikonsumsi dengan benar maka manfaat madu akan segera anda dapat, sebaliknya jika salah salah dalam minum madu bisa jadi bukan manfaat yang didapat tapi malah efek buruk. Di bawah ini adalah cara untuk minum madu saat hamil yang baik dan benar :)

1. Pilih madu murni


Sebelum Anda memutuskan untuk minum madu, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa madu yang akan anda konsumsi adalah madu murni. Hati - hati ! sekarang ini banyak penjual madu yang menawarkan madu asli dan murni namun kenyataannya bukan lah madu murni. Jangan hanya memilih madu dengan harga murah, tapi pilihlah madu asli dan murni.

Yang dimaksud madu murni adalah madu yang benar - benar diproduksi oleh lebah dari sari bunga. Terkadang madu itu memang diproduksi oleh lebah namun bukan dari sari bunga tapi dari sari gula yang diberikan di sekitar lokasi lebah. Lalu bagaimana cara untuk memilih madu murni ? silakan lanjut membaca, akan kami tulis di akhir artikel.

2. Tentukan waktu minum madu yang baik


Belum ada penjelasan medis mengenai waktu yang paling baik untuk minum madu, namun sebagian orang berpendapat bahwa waktu minum madu yang baik adalah pagi sebelum sarapan dan malam sebelum tidur. Minum madu di pagi hari bermanfaat untuk ibu hamil untuk mencegah magg dan morning sickness, sedangkan di waktu malam bisa membuat tidur lebih nyenyak.

3. Minum madu tanpa campuran


Jika bunda merasa tidak eneg dengan rasa manis madu, akan lebih baik jika minum madu langsung tanpa campuran apapun. Cara minum madu tanpa campuran ini sangat lah baik karena frukosa yang terkandung dalam madu jika bercampur dengan air liur akan semakin mudah dicerna lambung. Meski demikian, apabila Anda tidak suka minum madu tanpa campuran, Anda bisa mencampurnya dengan air hangat. Ingat ! air hangat , bukan air panas karena kalau dicampur dengan air panas bisa merusak zat yang terkandung di dalam madu.

4. Jangan berlebihan minum madu


Walaupun dapat menyumbangkan banyak manfaat, namun ibu hamil tidak perlu mengkonsumsi madu dalam jumlah berlebihan. Salah satu cara minum madu saat hamil yang benar adalah dengan mengkonsumsinya dalam jumlah wajar (tidak berlebihan). Cukup satu hingga dua sendok makan saja tiap kali minum madu. Satu hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu gunakan sendok plastik ketika minum madu, jangan sendok logam karena sendok logam dapat merusak unsur penting yang terdapat di dalam madu.

5. Tidak terburu buru saat minum madu


Penting untuk Anda perhatikan, yaitu jangan terburu buru dalam mengkonsumsi madu. Silakan minum madu dengan posisi duduk, tenang dan berdoa dulu sebelumnya. Tergesa - gesa dalam minum madu terkadang membuat tersedak, terutama jika minum madu secara langsung tanpa campuran bahan lain.

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu


Sebagaimana yang telah kami sampaikan di atas bahwa manfaat madu untuk ibu hamil akan bisa didapat apabila yang diminum adalah madu asli dan murni, bukan madu palsu. Di bawah ini adalah beberapa cara sederhana untuk membedakan madu asli dan madu palsu.

Cara Pertama
Siapkan air mineral pada gelas bening lalu masukkan satu sendok madu, jika ternyata madu tenggelam dan sulit tercampur dengan air berarti itu adalah madu asli. Berbeda dengan madu palsu yang akan mudah tercampur dengan air meski tanpa diaduk sekalipun. Jika masih kurang yakin, silakan lakukan cara kedua di bawah ini.

Cara Kedua
Tuangkan satu sendok madu di atas kertas, biarkan kurang lebih tiga menit lalu perhatikan apa yang terjadi. Jika ternyata madu tersebut tidak menembus kertas berarti madu asli, namun jika madu membuat kertas sobek atau berlubang kemungkinan madu tersebut adalah palsu karena mengandung banyak air.

Cara Ketiga
Celupkan batang korek api menyala ke dalam madu kemudian lihat hasilnya. Jika ternyata batang korek tenggelam dan api padam dengan terhisap pelan dalam madu kemungkinan itu adalah madu asli. Namun jika ternyata api langsung padam tanpa terhisap oleh madu kemungkinan adalah madu palsu.

Demikianlah informasi terkait dengan cara minum madu sat hamil dan cara membedakan madu asli dan palsu. Semoga apa yang kami sampaikan pada kesempatan ini banyak manfaatnya. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top