Lauk Pauk yang Sehat untuk Ibu Hamil dan Bernutrisi Tinggi

Lauk pauk yang sehat untuk ibu hamil ⏩ Dalam rangka merawat kehamilan agar tetap sehat, ibu hamil perlu mendapatkan asupan makanan yang banyak mengandung nutrisi. Mual dan muntah yang dialami ibu hamil pada usia trimester pertama terkadang membuat nafsu makan ibu hamil menurun. Untuk itu  diperlukan lauk pauk yang sehat, enak dan bernutrisi tinggi agar nafsu makan meningkat.

Sebelum lanjut membahas tentang lauk apa saja yang cocok sebagai penyempurna hidangan makan ibu hamil, alangkah baiknya bunda baca terlebih dahulu nutrisi untuk ibu hamil trimester pertama.

Pada dasarnya, lauk pauk yang cocok untuk ibu hamil adalah segala jenis lauk yang mengandung banyak nutrisi bermanfaat dan tidak membahayakan kehamilan. Meski tergolong makanan bernutrisi tinggi dan rasanya lezat, namun kalau dapat membahayakan kehamilan sebaiknya di hindari sejauh mungkin.

lauk-pauk-yang-sehat-untuk-ibu-hamil
image from pixabay

Lauk Pauk yang Sehat untuk Ibu Hamil


Yang dikatakan lauk sehat adalah segala jenis lauk yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh ibu hamil maupun janin dalam kandungan. Untuk menunjang lancarnya kehamilan bunda perlu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi, baik karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan lain lain. Silakan simak ulasan mengenai nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil beserta contohnya berikut ini.

Lauk Pauk Bernutrisi Tinggi Cocok Untuk Ibu Hamil


Untuk menjaga kehamilan, bunda tidak perlu mencari lauk pauk makanan yang harganya mahal, cukup mencari lauk yang mengandung nutrisi tinggi. Meski harganya murah, namun bisa jadi dapat menyumbangkan manfaat yang luar biasa. Di bawah ini adalah beberapa nutrisi yang diperlukan ibu hamil beserta contoh contohnya.

1. Vitamin B1


Makanan dengan kandungan vitamin B1 termasuk lauk pauk yang sehat untuk ibu hamil. Mengapa demikian ? karena makanan yang mengandung vitamin B1 berkhasiat untuk mengoptimalkan sistem kerja syaraf. Adapun makanan yang banyak mengandung vitamin B1 antara lain adalah kacang kacangan, telur dan daging.

2. vitamin A


Lauk pauk yang mengandung vitamin A sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan mata, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mempercepat penyembuhan luka dan membantu mengoptimalkan tumbuh kembang janin. Adapun makanan yang mengandung vitamin A diantaranya adalah telur, kentang, dan aneka macam sayuran seperti brokoli, bayam dan labu.

3. vitamin B6


Manfaat vitamin B6 untuk ibu hamil adalah untuk mencegah anemia (kurang darah) dan membantu mencegah serta meringankan morning sickness. Ibu hamil yang mengalami mual berat biasanya malas makan sehingga asupan nutrisi tidak dapat terpenuhi dengan sempurna. Untuk itu, diperlukan lauk pauk yang banyak mengandung vitamin B6 antara lain daging ayam, ikan laut, kacang kacangan, daging ayam dan sayuran seperti wortel, kubis dan brokoli.

4. Lauk Pauk yang Mengandung Folat


Salah satu nutrisi penting sangat diperlukan ibu hamil untuk membantu mengoptimalkan pertumbuhan janin adalah asam folat. Kekurangan asam folat bisa menyebabkan masalah kesehatan pada janin, yaitu cacat pada tulang belakang. Adapun jenis lauk yang mengandung asam folat bisa Anda dapatkan pada aneka jenis kacang kacangan dan sayuran berwarna hijau. Selengkapnya bisa Anda baca makanan yang mengandung asam folat tinggi.

5. Zat besi


Lauk yang mengandung zat besi bisa dikategorikan sebagai lauk pauk yang sehat untuk ibu hamil, pasalnya zat besi dapat membantu ibu hamil untuk mencegah dan mengatasi anemia. Ibu hamil yang mengalami anemia akan menjumpai keadaan dimana tubuh terasa lemas, lelah, pusing dan mudah pingsan. Adapun lauk yang mengandung zat besi diantaranya adalah daging sapi dan aneka macam sayur berwarna hijau.

6. Protein


Dalam menyiapkan menu makanan harian hendaknya ibu hamil melengkapinya dengan menu masakan yang banyak mengandung protein baik protein nabati maupun hewani. Protein sangat diperlukan oleh ibu hamil untuk membantu proses perbaikan sel serta membantu mengoptimalkan perkembangan janin. Lauk yang mengandung protein antara lain adalah daging, ikan, telur, tahu, tempe, kacang dan lain - lain.

7. Kalsium


Kalsium diperlukan oleh semua manusia untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Ibu hamil pun perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung kalium guna menjaga kesehatan tulang serta membantu proses pertumbuhan tulang dan gigi janin. Adapun lauk yang mengandung kalsium diantaranya adalah ikan salmon, sayuran hijau dan lain lain. Selengkapnya bisa Anda baca kalsium untuk ibu hamil selain susu.

8. Vitamin C


Vitamin C dapat menyumbangkan banyak manfaat bagi ibu hamil seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menangkal radikal bebas, membantu proses penyerapan zat besi dan mencegah sariawan. Bunda bisa membuat lauk dari aneka macam sayuran yang mengandung vitamin C, diantaranya adalah kentang, paprika dan brokoli.

Selain mengkonsumsi lauk pauk yang sehat untuk ibu hamil, bunda perlu mengkonsumsi aneka jenis makanan bernutrisi tinggi. Susu kehamilan perlu rutin untuk dikonsumsi karena dapat menyumbangkan banyak manfaat. Selamat menjalani kehamilan, semoga kehamilan Anda nyaman dan aman hingga persalinan tiba.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top