Makanan yang Harus dikonsumsi oleh Ibu Hamil Muda

Agar kehamilan terjaga dengan baik, ibu hamil harus mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi. Memang tak mudah untuk menentukan makanan yang baik untuk ibu hamil karena makanan bergizi tinggi belum tentu aman bagi ibu hamil. Untuk itu, ibu hamil perlu menggali informasi dari orang yang telah mengerti di bidang itu.

Dokter adalah rujukan utama yang bisa Anda jadikan sebagai konsultan atas kehamilan yang Anda alami. Dokter akan memberi arahan terbaik mengenai tips dan tata cara merawat kehamilan yang baik dan benar.

Jika Anda belum sempat datang ke dokter, sebaiknya luangkan waktu untuk mencari informasi terkait perawatan kehamilan baik melalui media online maupun offline. Salah satu langkah tepat untuk merawat kehamilan adalah dengan mengkonsumsi makanan bergizi tinggi yang aman bagi janin. Artikel ini akan menjelaskan beberapa jenis makanan sehat untuk ibu hamil yang perlu untuk dikonsumsi.

makanan-yang-harus-dikonsumsi-oleh-ibu-hamil
image from pixabay

Makanan yang Harus dikonsumsi oleh Ibu Hamil


Mengkonsumsi makanan sehat seakan menjadi sebuah keharusan yang wajib dilakukan ibu hamil. Mengapa demikian ? karena dengan mengkonsumsi makanan sehat, tubuh ibu hamil akan terjaga kesehatannya sehingga janin dalam kandungan pun ikut mendapatkan dampak positifnya. Lantas, apa saja makanan yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil itu ? diantaranya adalah sebagai berikut :)

1. Makanan yang mengandung folat


Jangan pernah meninggalkan makanan yang mengandung asam folat, karena asam folat sangat dibutuhkan oleh janin untuk membantu proses perkembangan jaringan syaraf. Jika Anda tidak suka dengan salah satu makanan yang mengandung folat, sebaiknya cari jenis makanan lain yang memiliki kandungan folat tinggi. Adapun makanan yang mengandung asam folat bisa Anda baca makanan yang mengandung asam folat tinggi.

2. Sareal


Sareal merupakan salah satu alternatif makanan di pagi hari yang tidak membuat mual. Biasanya pada usia kehamilan trimester pertama ( tiga bulan pertama), ibu hamil mengalami kondisi dimana perut terasa mual dan ingin muntah. Mual disertai muntah ini biasanya terjadi di pagi hari, apalagi kalau habis sarapan. Untuk mencegah rasa mual, Anda bisa sarapan dengan sareal.

3. Minum susu


rutin minum susu kehamilan adalah langkah tepat untuk menjaga kehamilan tetap berjalan dengan baik, apalagi saat ini banyak dijual susu kehamilan yang dibuat sedemikian rupa sehingga tidak membuat mual. Kandungan nutrisi dalam susu sangat bermanfaat bagi ibu hamil diantaranya dapat membantu perkembangan tulang janin, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, membantu pembentukan otot janin dan lain lain. Untuk memilih susu kehamilan yang baik, silakan baca Ssusu terbaik untuk ibu hamil 1-3 bulan.

4. Buah dan Sayur


Buah dan sayur termasuk makanan yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil, pasalnya kedua jenis makanan ini dapat menyumbangkan banyak manfaat bagi ibu hamil. Sayuran yang mengandung zat besi (contohnya bayam) termasuk sayuran sehat bagi ibu hamil, karena bayam dapat membantu mencegah anemia pada ibu hamil. Buah pun demikian, Anda perlu mengkonsumsi aneka macam buah segar yang mengandung banyak vitamin.

5. Daging dan ikan


Selama kehamilan berlangsung ibu hamil membutuhkan asupan protein yang cukup banyak karena protein dibutuhkan janin untuk membantu proses pertumbuhannya. Daging dan ikan merupakan sumber protein hewani yang sangat lezat, jadi jangan takut makan daging hanya karena alasan takut gemuk. Namun demikian, Anda perlu memilih daging dan ikan yang tidak membahayakan kehamilan karena ada sebagian jenis daging dan ikan yang mengandung bakteri berbahaya.

6. Aneka macam kacang


Kacang adalah makanan gurih yang mengandung banyak protein. Jenis kacang - kacangan yang baik untuk ibu hamil antara lain adalah kacang kedelai, kacang tanah, kacang almond, kacang kapri, kacang hijau, kacang polong dan lain lain. Selain mengandung protein kacang juga mengandung asam folat dan karbohidrat.

7. Air dan Vitamin


Ibu hamil membutuhkan cairan lebih banyak daripada orang yang tidak hamil. Apabila ibu hamil sampai kekurangan cairan (dehidrasi) maka akan menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan. Untuk itu, penting kiranya bagi ibu hamil untuk banyak minum air putih dan mengkonsumsi tambahan vitamin. Info selengkapnya bisa Anda baca merk vitaminuntuk ibu hamil yang bagus.

Demikianlah info terkait makanan yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil. Dengan menerapkan pola hidup sehat, olahraga teratur dan mengkonsumsi makanan sehat diharapkan kehamilan berjalan dengan nyaman dan aman. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top