Makanan yang Menyebabkan Keguguran Janin Usia 4 Bulan

Ada beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan keguguran janin usia 4 bulan. Memang sudah sepantasnya pasangan suami istri selalu menjaga keselamatan janin dengan mengkonsumsi makanan yang tidak membahayakan kehamilan. Namun demikian, jika ibu hamil kurang mendapatkan informasi, bisa jadi makanan yang seharusnya dihindari justru malah rutin dikonsumsi setiap hari.

Untuk itu, agar kehamilan berjalan dengan baik dan terhindar dari keguguran maka ibu hamil perlu mendapatkan informasi tentang makanan yang menyebabkan keguguran janin terutama pada usia kandungan 4 bulan.

Jenis makanan yang harus dipantang oleh ibu hamil tergolong sangat banyak, tapi mau bagaimana lagi, ibu hamil tetap harus menahan diri untuk tidak mengkonsumsi makanan itu agar terhindar dari keguguran kandungan. Lantas, apa saja makanan yang dapat memicu keguguran ? silakan simak penjelasannya pada artikel di bawah ini :)

makanan-yang-menyebabkan-keguguran-janin
image from pixabay

Makanan yang Menyebabkan Keguguran Kandungan


Janin dalam kandungan masih sangat sensitif, kalau tidak dirawat dengan baik maka pertumbuhan janin akan terganggu bahkan janin bisa mati atau tidak berkembang. Sebenarnya ada banyak hal yang bisa menyebabkan ibu hamil mengalami keguguran, salah satunya adalah mengkonsumsi makanan yang dilarang untuk ibu hamil.

Lantas, apa saja makanan yang menjadi faktor terjadinya keguguran ? Berikut informasinya, silakan dicermati hingga benar benar faham :)

1. Makanan yang terpapar merkuri


Ikan laut adalah termasuk jenis makanan yang sarat akan gizi, akan tetapi tidak semuanya aman bagi kesehatan manusia dan keselamatan janin dalam kandungan. Ikan laut yang terpapar merkuri bisa saja menjadi penyebab keguguran, maka ibu hamil perlu selektif di dalam memilih jenis ikan laut yang akan dimakan.

Beberapa jenis ikan laut yang mengandung merkuri diantaranya adalah ikan tuna bersirip biru, ikan kerapu dll. Info lengkap tentang ikan yang terpapar merkuri bisa Anda cari di situs kesehatan online dengan bantuan mesin pencari google.

2. Makanan yang mengandung bakteri berbahaya


Meskipun tergolong makanan bergizi tinggi, namun tidak menutup kemungkinan terkontaminasi oleh bakteri berbahaya. Salah satu contohnya adalah telur. Telur merupakan salah satu jenis lauk yang memiliki kandungan protein cukup tinggi.

manfaat telur buat ibu hamil pun sangat banyak, namun Anda harus benar di dalam memasaknya. Telur yang dimakan mentah atau setengah matang bisa saja terkontaminasi bakteri berbahaya yang dapat menjadi penyebab keguguran janin.

3. Nanas muda


Nanas muda termasuk makanan yang menyebabkan keguguran janin karena mengandung Bromealin cukup tinggi. Sebenarnya, mengkonsumsi nanas dalam jumlah wajar itu tidak dilarang, namun jika terlalu banyak maka bisa dapat memicu kram perut dan masalah kehamilan lainnya, apalagi nanas muda. Untuk itu, ibu hamil disarankan untuk tidak mengkonsumsi nanas muda demi menjaga kehamilan agar tidak sampai terjadi keguguran.

4. Makan buah delima berlebihan


Sama seperti nanas, buah delima itu memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap, namun jika dimakan terlalu banyak justru dapat menyebabkan masalah kehamilan. Apabila Anda ingin mendapatkan manfaat dari buah delima silakan konsumsi dalam jumlah wajar saja. Makan delima di luar batas wajar dikhawatirkan dapat memicu keguguran kandungan.

5. Makanan yang mengandung racun


Entah orang hamil maupun tidak hamil sudah barang tentu tidak boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung racun. Makanan yang mengandung racun tidak hanya berbahaya bagi ibu, tapi juga dapat mengancam keselamatan janin. Buah dan sayur yang banyak diberi pestisida saat perawatannya sebaiknya dihindari guna menjaga kehamilan agar tetap sehat dan tidak sampai mengalami masalah serius.

6. Makanan yang mengandung bahan kimia


Untuk mendapatkan makanan yang awet, sering kali dijumpai makanan dengan bahan pengawet yang dapat membahayakan kesehatan. Menyikapi keadaan itu, ibu hamil harus elektif dalam memilah dan memilih makanan yang akan dikonsumsi. Makanan yang banyak mengandung bahan kimia sebaiknya dihindari karena makanan berbahan kimia dapat menjadi penyebab keguguran.

7. Susu yang tidak dipasteurisasi


Ibu hamil perlu minum susu agar kebutuhan kalsium tercukupi. Namun demikian, ibu hamil tidak boleh sembarangan minum susu karena tidak semua jenis susu aman bagi ibu hamil. Susu dan produk olahan susu yang tidak dipasteurisasi sebaiknya dihindari karena mengandung bakteri yang dapat mengancam keselamatan janin. Info lengkap tentang susu ibu hamil silakan baca susu ibu hamil muda yang bagus.

Selain menghindari beberapa jenis makanan di atas, ibu hamil perlu menjaga pola hidup sehat, tidak merokok dan tidak minum minuman keras. Meski sudah menghindari berbagai macam makanan yang menyebabkan keguguran janin usia 4 bulan tapi kalau pola hidup ibu hamil tidak sehat maka sangat beresiko mendapatkan masalah kehamilan bahkan mengalami keguguran.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top