Manfaat Coklat untuk Ibu Hamil Ternayata Luar Biasa

Manfaat coklat untuk ibu hamil ⏩ Apakah Anda termasuk penggemar coklat ? jika Anda adalah pecinta coklat, mungkin di saat sedang hamil hati merasa khawatir kalau mau makan coklat, jangan jangan membahayakan kesehatan janin. Kekhawatiran ini bukan tanpa alasan, tapi karena adanya mitos yang menyebutkan bahwa coklat merupakan salah satu pantangan makanan saat hamil.

Memilih camilan sehat adalah langkah yang sangat tepat bagi ibu hamil, pasalnya jika ibu hamil salah dalam memilih camilan maka bisa mempengaruhi kesehatan janin.

Sebelum lebih lanjut membahas mengenai coklat bagi ibu hamil, ada baiknya Anda baca terlebih dahulu cemilan sehat untuk ibu hamil. Selanjutnya silakan simak penjelasan di bawah ini agar kekhawatiran dalam hati dapat terobati.

manfaat-coklat-untuk-ibu-hamil
image from pixabay

Manfaat Coklat untuk Ibu Hamil


Perlu Anda ketahui bahwa coklat merupakan salah satu bahan cemilan yang banyak mengandung nutrisi. Manfaat yang dapat disumbangkan oleh coklat sungguh luar biasa, sebanding dengan rasa nikmatnya. Namun demikian, bunda hamil perlu membatasi diri dalam mengkonsumsi aneka jenis olahan coklat. Makan coklat saat hamil itu boleh, namun tidak boleh berlebihan. Meskipun banyak mengandung nutrisi bermanfaat, namun apabila dimakan terlalu banyak justru berdampak kurang baik bagi kesehatan ibu dan janin. Lalu, apa saja manfaat coklat untuk ibu hamil itu ? Berikut ulasannya.

1. Coklat dapat mencegah preklamsia


Preklamsia merupakan keluhan kehamilan serius yang sangat ditakuti oleh kaum hawa, pasalnya preklamsia sangat mengancam jiwa si janin bahkan dapat  menjadi salah satu penyebab keguguran kandungan. Pemicu preklamsia adalah tekanan darah tinggi dan stress, sedangkan coklat itu mengandung theobromin yang berkhasiat untuk membantu menenangkan pikiran dan mencegah sekaligus mengurangi stress.

2. Menstabilkan tensi darah


Tekanan darah sungguh erat kaitannya dengan kesehatan kandungan. Wanita yang mempunyai tekanan darah tinggi sering kali dijumpai mendapati keluhan kehamilan serius yang berakibat kurang baik bagi janin. Di sinilah manfaat coklat, yaitu membantu menstabilkan tekanan darah ibu hamil dengan bantuan kandungan theobromin dalam coklat.

3. Janin bahagia


Apapun yang dirasakan oleh ibu hamil, janin pun dapat merasakan juga. Ketika ibu hamil merasa susah, janin pun ikut susah, sebaliknya jika ibu hamil bahagia janin pun ikut bahagia. Sebagaimana yang telah kami sampaikan di atas bahwa coklat dapat membantu mencegah sekaligus mengurangi stress serta memberikan efek bahagia pada ibu. Keadaan ini dapat menyumbangkan efek baik pada janin, yaitu janin ikut merasa bahagia.

4. Respon janin meningkat


Manfaat coklat ketika dikonsumsi saat hamil tidak hanya dirasakan oleh ibu, namun janin pun ikut merasakannya. Kandungan phenythylamin pada  coklat dapat menyumbangkan banyak manfaat pada manusia, salah satunya adalah membuat hati jadi lebih rileks. Tentu hal ini berdampak baik pada janin, yaitu dapat meningkatkan respon bayi kelak setelah lahir.

5. Coklat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil


Salah satu kandungan zat dalam coklat adalah flavonoid sehingga coklat bermanfaat untuk ibu hamil untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit. Sistem kekebalan tubuh ibu hamil yang terbentuk dengan baik tentu tidak hanya berdampak baik bagi ibu tapi juga berdampak baik pada janin. Namun demikian, bunda tetap harus membatasi dalam makan coklat, jangan berlebihan.

6. Melancarkan sistem metabolisme tubuh


Sebagian orang takut makan coklat karena adanya mitos yang menyebutkan bahwa makan coklat dapat membuat bdan menjadi gemuk, padahal faktanya tidak begitu, justru makan coklat dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh karena coklat mengandung zat besi dan magnesium. Kedua zat ini dapat membantu melancarkan metabolisme lemak dan membantu pembentukan sel darah merah.

7. Mencegah anemia


Anemia (kurang darah) sunggu merupakan keadaan yang perlu diwaspadai ibu hamil. Betapa tidak, ibu hamil yang mengalami anemia sering kali mengeluhkan badan terasa sangat lelah dan lemas, bahkan sering pingsan. Untuk mencegah dan mengatasi anemia, ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan penambah darah ibu hamil, salah satunya adalah coklat.

8. Memperbaiki mood ibu hamil


Sebagaimana kita ketahui bahwa salah satu dari sekian banyak tanda dan gejala kehamilan adalah mood / suasana hati menjadi tidak karuan dan gampang sekali berubah. Penyebab dari keadaan ini adalah perubahan hormon yang mulai terjadi sejak terjadinya pembuahan. Untuk itu, bunda bisa mengkonsumsi coklat dalam jumlah wajar untuk membantu memperbaiki mood.

Itulah manfaat coklat untuk ibu hamil yang bisa didapat apabila dikonsumsi dengan cara yang benar. Untuk menghindari efek negatif makan coklat silakan konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top