Manfaat Minum Teh untuk Ibu Hamil dan Bahayanya

Bahaya dan manfaat minum teh untuk ibu hamil - Menikmati aneka macam camilan sambil minum teh merupakan aktivitas menyenangkan yang hampir disukai oleh semua orang. Ibu hamil pun tak mau ketinggalan, sambil menikmati cemilan sehat untuk ibu hamil, teh hangat sangat cocok disruput di sela - sela mengkonsumsi makanan ringan.

meski sangat nikmat, namun bunda perlu mengetahui lebih jelas mengenai bahaya dan manfaat teh bagi ibu hamil. Apabila dikonsumsi dalam jumlah wajar, th dapat menyumbangkan manfaat, namun apabila berlebihan dapat menimbulkan masalah kehamilan.

Artikel ini ditulis untuk menyampaikan beberapa hal terkait dengan minum teh saat sedang hamil, bolehkah ibu hamil minum teh ? manfaat minum teh dan bahaya minum teh terutama bagi wanita yang sedang mengandung. Silakan simak ulasan singkat berikut ini :)

manfaat-minum-teh-untuk-ibu-hamil
image from pixabay

Bolehkah ibu hamil minum teh ?


Perlu kami sampaikan bahwa minum teh saat sedang hamil itu boleh, asalkan dikonsumsi dalam jumlah wajar dan tidak berlebihan. Apabila dikonsumsi secara wajar, teh dapat menyumbangkan beberapa manfaat untuk ibu hamil. Akan tetapi jika ibu hamil terlalu banyak minum teh, maka bisa menimbulkan beberapa keluhan kehamilan.

Apabila Anda termasuk orang yang suka minum teh botol dingin, ada baiknya Anda baca keterangan lebih lanjut mengenai boleh dan tidaknya minum teh botol pada artikel berjudul bolehkah ibu hamil minum teh botol dingin ?

Manfaat Minum Teh untuk Ibu Hamil


Di bawah ini adalah beberapa manfaat yag dapat diperoleh dari minum teh dalam jumlah wajar dan disajikan dengan campuran bahan yang tidak membahayakan janin.

1. Minum teh dapat menjaga kesehatan kulit ibu hamil


Teh memiliki kandungan vitamin E yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit ibu hamil. Sebagaimana kita ketahui bahwa banyak ibu hamil yang mengalami masalah kulit seperti gatal, kulit kusam dan lain lain. Dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin E, maka kesehatan kulit akan dapat selalu terjaga dengan baik.

2. Menangkal radikal bebas


Kandungan antioksidan dalam teh berkhasiat untuk menangkal radikal bebas yang dapat memberikan efek buruk pada ibu hamil dan janin. Sel - sel rusak akibat radikal bebas sedikit demi sedikit akan diperbaiki dengan mengkonsumsi minuman dan makanan yang memiliki kandungan antioksidan.

3. Melindungi tulang


Perlu Anda ketahui bahwa teh itu mempunyai kandungan phytochemical yang bermanfaat untuk menjaga dan melindungi tulang ibu hamil. Semakin bertambahnya usia kehamilan, perut ibu hamil akan semakin membuncit, untuk itu diperlukan perlindungan tulang ekstra agar tidak sampai terjadi hal yang tak diinginkan.

4. Meningkatkan metabolisme tubuh


Salah satu manfaat minum teh untuk ibu hamil adalah meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Semakin lancarnya sistem metabolisme tubuh akan berdampak baik pada kesehatan ibu dan janin sehingga bayi kelak terlahir dengan sehat. Untuk meningkatkan metabolisme, Anda juga bisa mengkonsumsi minyak ikan berkualitas. Silakan baca manfaat minyak ikan untuk ibu mengandung.

5. Meringankan morning sickness


Minum teh hangat dengan campuran jahe bakar geprek terbukti dapat meringankan morning sickness yang dialami ibu hamil. Sebagaimana kita ketahui bahwa sebagian besar ibu hamil mengalami mual disertai muntah terutama di waktu pagi. Keadaan ini memang wajar, namun jika tidak ditangani dapat mengganggu aktivitas sehari - hari. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meringankan mual muntah adalah dengan minum teh jahe hangat.

6. Memperbaiki mood ibu hamil


Meningkatnya hormon dalam tubuh ibu hamil memberikan pengaruh besar pada mood , bahkan banyak orang yang menyebutkan bahwa salah satu tanda awal kehamilan bisa dilihat dari perubahan mood (suasana hati). Untuk memperbaiki mood, ibu hamil bisa minum teh sambil makan camilan sehat bersama keluarga.

Bahaya Minum teh untuk Ibu Hamil


Jika diminum dalam jumlah wajar, teh memang dapat menyumbangkan banyak manfaat. Namun sebaliknya, apabila ibu hamil terlalu banyak minum teh maka dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan. Di bawah ini adalah bahaya minum teh untuk ibu hamil jika dikonsumsi melewati batas kewajaran.

1. Minum teh dapat menyebabkan susah tidur


Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran, ibu hamil perlu menjaga pola hidup dengan baik dan cukup istirahat terutama tidur di malam hari. Seiring dengan bertambah besarnya perut, banyak ibu hamil yang mengeluhkan sulit tidur. Untuk mengatasi sulit tidur, bunda bisa membaca artikel berjudul cara mengatasi susah tidur pada ibu hamil.

Perlu Anda ketahui bahwa teh itu memiliki kandungan kafein meski tergolong sangat rendah. Mengkonsumsi kafein dalam jumlah rendah memang bermanfaat untuk mengurangi mual, namun jika terllau banyak justru dapat membuat mata sulit untuk terlelap tidur. Untuk itu, jangan terlalu banyak minum teh terutama di waktu malam.

2. Jantung berdetak terlalu kencang


orang jawa mengatakan bahwa teh mantap adalah yang ginastel (legi panas kenthel), maksudnya adalah teh yang rasanya manis, diminum dalam keadaan panas dan kental. Teh ginastel memang nikmat sekali, namun terkadang dapat membuat jantung berdetak kencang. Keadaan ini sungguh dapat mengurangi kenyamanan. Untuk itu ibu hamil perlu mengontrol porsi dan cara pembuatan teh yang akan diminum.

3. Menghambat penyerapan zat besi


Banyak dijumpai masyrakat yang kurang pas dalam minum teh, yaitu dilakukan di pagi hari baik sebelum atau sesudah sarapan. kelihatannya memang tak ada masalah, namun Anda perlu tahu bahwa teh dapat menghambat penyerapan zat besi sehingga sarapan yang dikonsumsi meski banyak mengandung zat besi tapi tidak dapat diserap oleh tubuh dengan sempurna. Jika hal ini terjadi pada ibu hamil maka jelas dapat meningkatkan resiko anemia (kurang darah) sehingga berefek buruk bagi kesehatan kehamilan.

4. Bayi terlahir dengan bobot rendah


Inilah bahaya minum teh untuk ibu hamil yang sangat ditakuti. Betapa tidak, bayi lahir dengan bobot rendah umumya berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh janin terhadap serangan penyakit. Keadaan ini bisa terjadi jika ibu hamil mengalami anemia yang tak kunjung henti karena minum teh berlebihan dan dilakukan terus menerus.

Demikianlah informasi seputar manfaat minum teh untuk ibu hamil dan bahayanya. Semoga apa yang kami sampaikan di atas dapat membantu Anda untuk mendapatkan informasi seputar kehamilan. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top