Manfaat Sayur Oyong (gambas) buat Ibu Hamil

Manfaat sayur oyong buat ibu hamil ⏩ Salah satu hal wajib yang harus dijaga oleh ibu hamil adalah menjaga pola makan sehat serta mengkonsumsi aneka jenis makanan bergizi yang dapat menunjang tumbuh kembang janin. Sayuran merupakan salah satu jenis makanan yang direkomendasikan untuk ibu hamil karena kandungan nutrisinya sangat lengkap.

Namun demikian, tidak semua jenis sayuran baik untuk ibu hamil, bahkan ada beberapa sayuran yang tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil. Info selengkapnya silakan baca sayuran yang tidak boleh untuk ibu hamil.

Terkait dengan sayur oyong atau gambas, ada sebagian ibu hamil yang menanyakan boleh atau tidak makan sayur oyong saat hamil. Perlu kami sampaikan bahwa oyong / gambas merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung banyak nutrisi bermanfaat. Jadi, ibu hamil boleh makan sayur oyong dan justru akan mendapat beberapa manfaat.

manfaat-sayur-oyong-buat-ibu-hamil
image from flickr

Manfaat Sayur Oyong buat Ibu Hamil


Oleh karena mengandung banyak nutrisi, sayur oyong dapat menyumbangkan banyak manfaat bagi ibu hamil. Sayur oyong biasanya dimasak sebagai sayur bening atau dalam istilah jawa "jangan seger". Kenikmatan olahan sayur oyong mampu memikat hati, tunggu apa lagi, silakan dinikmati dan dapatkan manfaat sebagai berikut.

1. Sayur oyong penyumbang vitamin A ibu hamil



Kandungan vitamin A pada sayur oyong sangat bermanfaat bagi ibu hamil untuk menjaga kesehatan mata. Tak hanya itu, vitamin A juga bermanfaat bagi ibu hamil untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menghaluskan kulit dan mencegah penyakit malaria. Dari setiap 100 gram oyong, vitamin A yang dapat disumbangkan dapat mencapai kisaran 380 IU.

2. Menjaga daya tahan tubuh


Selain memiliki kandungan vitamin A, sayur oyong juga mengandung vitamin C yang cukup banyak. Manfaat vitamin C bagi tubuh manusia sangat lah banyak, salah satunya adalah membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit. Ibu hamil yang selalu dalam keadaan sehat tentu berdampak sangat baik pada tumbuh kembang dan kesehatan janin. Selain itu, vitamin C juga bermanfaat untuk mencegah sariawan dan sakit tenggorokan.

3. Membantu melancarkan peredaran darah


Lancarnya peredaran darah tentu berdampak sangat baik pada kesehatan ibu hamil dan janin. sayur oyong (gambas) memiliki kandungan multivitamin yang sangat efektif untuk melancarkan peredaran darah manusia. Dampak baik yang akan muncul dari lancarnya peredaran darah antara lain adalah :

➠ Metabolisme tubuh lancar
➠ Sistem imunitas baik
➠ Tak gampang lemas
➠ Suply darah lancar
➠ Janin mendapat asupan nutrisi dengan sempurna

4. Mencegah diabetes


Ibu hamil perlu waspada dengan penyakit satu ini. Diabetes termasuk masalah kesehatan serius yang disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah karena pola makan yang salah. Jika kadar gula darah telah meroket, Anda perlu segera menurunkannya dengan mengkonsumsi obat atau makanan yang dapat menurunkan gula darah, salah satunya adalah sayur oyong. Biji oyong mengandung senyawa cucurbitasin yang sangat efektif untuk menurunkan kadar gula darah.

5. Mencegah nyeri otot


Sebagaimana kita ketahui bahwa semakin bertambahnya usia kehamilan membuat ibu hamil susah untuk bergerak bebas. Dampak yang sering muncul karena kurang gerak adalah nyeri otot di bagian tubuh tertentu seperti kaki, punggung, pinggul dan pinggang. Kandungan kalium pada sayur oyong cukup baik untuk mencegah dan meringankan nyeri otot pada ibu hamil.

6. Mencegah anemia


Anemia (kurang darah) perlu segera di atasi agar kehamilan berjalan dengan aman dan nyaman. Betapa tidak, anemia cukup membuat ibu hamil merasa tak tak nyaman karena anemia membuat tubuh terasa lemas dan bahkan sering pingsan. Salah satu cara untuk mengatasi anemia adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, salah satunya adalah sayur oyong. Informasi selengkapnya bisa Anda baca makanan penambah darah ibu hamil.

Demikian informasi terkait manfaat sayur oyong buat ibu hamil. Memilih makanan sehat adalah hal penting yang tidak boleh disepelekan oleh semua ibu hamil guna menjaga kehamilan tetap sehat dan berjalan lancar.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top