Manfaat Sayur Pakis untuk Ibu Hamil

Sayur pakis merupakan salah satu jenis sayur yang bermanfaat untuk ibu hamil, pasalnya jenis sayuran ini memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Tak semua jenis pakis bisa diolah menjadi hasil olahan masakan yang nikmat dan sedap, hanya jenis tertentu yang sering disebut dengan daun paku.

Daun pakis sangat mudah dijumpai di daerah kita, karena jenis tanaman ini sangat mudah tumbuh berkembang di mana saja asalkan bukan di daerah yang bersalju.

Sebenarnya tanaman pakis ini tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai bahan sayuran tapi juga bisa dijadikan sebagai hiasan taman yang elok dan sedap dipandang. Namun, kali ini kita akan lebih fokus membahas manfaat daun pakis jika telah disayur, terutama untuk ibu hamil. Silakan lanjut membaca untuk informasi lebih jelas.

manfaat-sayur-pakis-untuk-ibu-hamil
image from pixabay

Manfaat Sayur Pakis untuk Ibu Hamil


Meski telah banyak masyarakat Indonesia yang memanfaatkan daun pakis sebagai sayuran, namun sebagian dari mereka masih banyak juga yang enggan untuk membuat masakan dari daun pakis / daun paku. Terkadang mereka takut, jangan - jangan makan sayur pakis itu dapat membahayakan kesehatan. Terlebih ibu hamil yang selalu ekstra hati - hati dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi, terkadang malah muncul pertanyaan bolehkah ibu hamil makan sayur pakis.

Bolehkah ibu hamil makan sayur pakis ?


Perlu kami sampaikan bahwa sayur pakis itu memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak, sehingga sayur pakis tidak termasuk makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil. Apabila sayur pakis masih tergolong asing di dalam keluarga Anda, mungkin keraguan untuk makan sayur pakis saat hamil masih sangat kuat.

Sayur pakis bagi ibu hamil itu aman, asalkan dimasak dengan cara yang benar dan tidak dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Pada umumya, daun pakis diolah sebagai bahan sayur tumis, campuran bahan sup dan sebagai lalapan. Kalau anda suka makan daun pakis sebagai lalapan, sebaiknya pastikan dulu daun tersebut telah steril dari bakteri berbahaya.

Adapun jika telah diolah dengan cara yang benar dan tidak dimakan berlebihan, daun pakis dapat menyumbangkan berbagai macam manfaat bagi manusia. Di bawah ini adalah manfaat sayur pakis untuk ibu hamil.

1. Sebagai penyumbang vitamin A


Tak hanya ibu hamil, semua orang membutuhkan vitamin A untuk menjaga kesehatan tubuhnya, terutama kesehatan mata. Bisa Anda bayangkan betapa susahnya orang yang sakit mata, jagad raya yang indah ini hanya terlihat gelap gulita. Daun pakis adalah salah satu tumbuhan sekaligus bahan sayur yang dapat menumbangkan vitamin A bagi tubuh kita.

2. Kandungan flavonoid bermanfaat bagi manusia


Selain mengandung vitamin A, daun pakis juga mengandung Flavanoid yang dapat membantu proses penyerapan vitamin A oleh tubuh. Flavanoid juga bermanfaat sebagai antioksidan tubuh, menangkal radikal bebas serta menghalau virus berbahaya yang akan menyerang tubuh. Di sinilah, peran dan manfaat besar sayur pakis untuk ibu hamil.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh


Kemampuan tubuh ibu hamil untuk menangkal serangan penyakit perlu ditingkatkan, pasalnya jika ibu hamil sampai terserang penyakit maka dampak buruknya juga dirasakan oleh janin. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung vitamin C. Salah satu diantara sekian banyak jenis sayuran yang mengandung vitamin C adalah daun pakis.

Apabila tubuh kita kekurangan vitamin C maka akan timbul berbagai macam keluhan, salah satu diantaranya adalah gusi berdarah dan sariawan. Memang terlihat ringan, namun sebenarnya sariawan itu sungguh sangat membuat aktivitas jadi tidak nyaman bahkan terhambat.

4. Menyumbangkan kalium


Ibu hamil membutuhkan kalium untuk menjaga dan merawat kehamilannya. Kalium bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah, menstabilkan denyut jantung dan membantu menguatkan tulang. Jangan menganggap rendah sayur pakis karena kalium yang terkandung di dalamnya sangat tinggi, yaitu dapt menyumbangkan kurang lebih 370 mg ari setiap 100 gram nya.

5. Kaya vitamin B kompleks


Manfaat sayur pakis untuk ibu hamil semakin bertambah banyak dengan adanya kandungan vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks ini cukup banyak memberikan manfaat bagi ibu hamil antara lain adalah sebagai berikut.

➠ Meningkatkan daya tahan tubuh
➠ Membantu melancarkan sistem metabolisme
➠ Membantu pembentukan jaringan sel janin
➠ Membantu meningkatkan kecerdasan bayi

6. Mengandung kalsium dan fosfor


Kalsium dan fospor ini sangat diperlukan oleh wanita hamil baik untuk dirinya sendiri maupun janin dalam kandungan. Apabila ibu hamil sampai kekurangan kalsium maka akan berdampak buruk pada kesehatan tulangnya, bahkan bisa terjadi pengeroposan tulang (osteoporosis). Untuk memenuhi kebutuhan kalsium, ibu hamil bisa minum susu dan mengkonsumi makanan yang banyak mengandung kalsium, salah satunya adalah sayur pakis.

Selain beberapa manfaat di atas, daun pakis merupakan bahan sayur yang memiliki kandungan kolesterol 0 mg sehingga sangat mendukung bagi ibu hamil yang melakukan program diet. Info lebih lengkap mengenai diet saat hamil bisa Anda baca program diet sehat ibu hamil.

Demikian informasi seputar manfaat sayur pakis untuk ibu hamil. Semoga dapat memberikan tambahan informasi bermanfaat bagi kita semua dalam merawat kehamilan.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top