Manfaat Tahu untuk Ibu Hamil Muda, Sungguh tak Disangka !

Manfaat tahu untuk ibu hamil ⏩ Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi adalah langkah tepat yang perlu dilakukan oleh ibu hamil. Mengapa demikian ? karena untuk menjaga kesehatan ibu dan membantu pertumbuhan janin diperlukan berbagam macam nutrisi. Salah satu lauk - pauk yang cukup familiar di masyarakat adalah tahu, apakah tahu termasuk lauk pauk yang baik untuk ibu hamil ?

Untuk melengkapi informasi yang akan Anda dapat, sebaiknya baca terlebih dulu informasi terkait tentang kandungan dan manfaat tempe yang telah kami tulis pada artikel berjudul manfaat tempe untuk ibu hamil.

Perlu kami sampaikan bahwa tahu memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap, antara lain adalah kalsium, protein, zat besi, omega 3, mangan dan lain-lain. Oleh sebab itu lah ibu hamil yang mengkonsumsi tahu akan mendapatkan beberapa manfaat yang cukup banyak. Artikel ini akan mengulas tentang apa saja manfaat tahu bagi ibu hamil.

manfaat-tahu-untuk-ibu-hamil
image from pixabay

Manfaat Tahu untuk Ibu Hamil


Untuk memperoleh aneka macam manfaat dari tahu, Anda perlu mengolah tahu dengan benar dan mengkonsumsinya dalam jumlah wajar, tidak berlebihan. Kandungan nutrisi dalam tahu dapat menyumbangkan berbagai macam manfaat diantaranya adalah sebagai berikut :)

1. Tahu dapat mengurangi lelah saat hamil


Pada saat usia kehamilan muda, biasanya ibu hamil akan menjumpai keadaan dimana badan terasa letih, lelah dan lemas walaupun tidak habis melakukan aktivitas berat. Keadaan ini akan menjadi semakin buruk apabila ibu hamil mengalami anemia (kurang darah), untuk itu ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, salah satu diantaranya adalah tahu.

2. Membantu proses pembentukan tulang janin


Proses pembentukan tulang janin memerlukan kalsium, sedangkan kalisum tersebut didapatkan dari sang ibu. Apabila ibu hamil dapat mencukupi kebutuhan kalsium maka tulang janin akan tumbuh berkembang dengan baik, namun apabila ibu hamil kurang asupan kalsium maka janin akan mengambil kalsium dari tulang ibu sehingga dapat menyebabkan osteoporosis (tulang keropos). Di sinilah peran tahu bagi ibu hamil, yaitu mampu memberikan asupan kalsium.

3. Menurunkan kolesterol


Salah satu upaya yang perlu dilakukan ibu hamil untuk menjaga kesehatan adalah menerapkan pola makan sehat. Kelebihan kadar kolesterol merupakan suatu keadaan yang memungkinkan ibu hamil terkena masalah kesehatan serius. Keadaan ini tentu kurang menguntungkan bagi kesehatan janin. Salah satu manfaat tahu untuk ibu hamil muda adalah dapat menurunkan kadar kolesterol sehingga tahu bisa Anda jadikan sebagai pelengkap lauk pauk yang sehat untuk ibu hamil.

4. Mengatasi masalah pencernaan


Entah ibu hamil muda atau ibu hamil tua, acap kali mereka mengalami masalah pencernaan karena kurang serat. Sembelit (susah BAB) adalah keluhan yang banyak di sampaikan oleh para wanita hamil. Untuk mengatasi hal ini, ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat baik berupa buah - buahan maupun sayur. Tahu bisa anda jadikan sebagai pilihan lauk sehat yang dapat membantu mengatasi masalah pencernaan karena mengandung banyak serat.

5. Menurunkan tekanan darah


Ibu hamil yang memiliki tekanan darah tinggi sungguh sangat khawatir atas persalinan yang akan mereka hadapi. Betapa tidak, wanita yang punya tekanan darah tinggi biasanya mendapati proses persalinan yang kurang menguntungkan sehingga ada banyak diantara mereka yang memilih jalan operasi caesar. Untuk itu, ibu hamil yang punya riwayat hipertensi sebaiknya berusaha sejak sedini mungkin untuk menstabilkan tekanan darah, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang dapat menurunkan tekanan darah seperti tahu dan tempe.

Tips Aman Mengkonsumsi untuk Ibu Hamil


Untuk mendapatkan aneka macam manfaat tahu,  ibu hamil tidak boleh sembarangan makan tahu. Maksudnya gimana ? meski banyak manfaatnya tapi apabila dimasak dan dimakan dengan cara yang kurang pas maka justru dapat menimbulkan masalah. Untuk itu, pastikan Anda masak tahu dengan cara yang benar yaitu tidak dicampur dengan bahan yang membahayakan kehamilan dan mengkonsumsi hasil masakan tahu dengan  porsi wajar (tidak berlebihan).

Demikianlah informasi seputar manfaat tahu untuk ibu hamil muda. Menjaga kesehatan adalah hal penting yang harus dilaukan ibu amil agar janin dapat berkembang dengan baik dan sehat selalu. Semoga kehamilan anda menyenangkan..

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top