Minuman yang Menyebabkan Keguguran, Ibu Hamil Wajib Tahu !

Ada beberapa jenis minuman yang dapat menyebabkan keguguran karena mengandung zat yang kurang menguntungkan bagi janin. Selama menjalani kehamilan, bunda memang harus extra hati - hati dalam merawat kehamilannya karena janin dalam kandungan masih sangat sensitif. Ada banyak jenis makanan dan minuman bergizi tinggi namun tidak boleh dikonsumsi ibu hamil.

Setelah kemarin kami telah membahas tentang makanan yang menyebabkan keguguran janin, kali ini kami akan mengulas tentang minuman apa saja yang perlu dihindari ibu hamil agar tidak sampai mengalami keguguran.

Untuk itu, agar apa yang kami sampaikan dalam artikel ini bisa dipahami dengan baik, silakan baca dengan cermat hingga selesai agar tidak sampai gagal dalam memahami penjelasan ini.

minuman-yang-menyebabkan-keguguran
image from pixabay

Minuman yang Menyebabkan Keguguran


Ibu hamil yang mengetahui tentang hal - hal yang dapat menyebabkan keguguran tentu lebih aman dalam menjaga kehamilannya. Sebenarnya, pengetahuan tentang penyebab  keguguran itu tidak hanya perlu diketahui ibu hamil, namun sang suami juga perlu mengetahuinya sehingga antara suami istri bisa saling mengingatkan.

Sekarang ini ada banyak jenis minuman yang dijual di pasaran, mulai dari minuman segar, minuman rasa buah, susu, jus buah dan lain - lain. Semua produk minuman tersebut memang benar benar membuat rasa haus hilang, namun bunda perlu hati hati. Kenapa ?

Karena ada beberapa jenis minuman yang menyebabkan keguguran. Meski terasa menyegarkan dan membuat badan terasa bugar, namun jangan sampai Anda melupakan sang buah hati yang ada di rahim. Lantas, apa saja minuman yang dilarang untuk ibu hamil itu ? Silakan simak ulasan berikut.

Jenis Minuman Pemicu Keguguran


Minuman yang paling tidak dianjurkan untuk ibu hamil adalah minuman beralkohol karena dapat menyebabkan keguguran. Apabila Anda mempunyai kebiasaan minum minuman keras saat belum hamil, sebaiknya tinggalkan kebiasaan itu karena berdampak kurang baik pada kesehatan dan keselamatan janin.

Tak hanya minuman keras, masih ada beberapa jenis minuman yang dilarang untuk ibu hamil. Apa saja jenis minuman itu ? antara lain adalah sebagai berikut :)

1. Minuman beralkohol


Selama menjalani kehamilan, sebaiknya ibu hamil menghindari segala macam jenis minuman beralkohol guna menghindari hal yang tak diinginkan. Minum minuman keras tidak hanya dapat membahayakan janin dalam kandungan tapi juga dapat mengganggu kesehatan ibu, bahkan semua orang pun tidak dianjurkan mengkonsumsi minuman keras kalau ingin sehat.

2. Minuman tinggi kafein


Sebenarnya ibu hamil itu boleh minum minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh. Namun demikian, terlalu banyak mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein tidak lah dainjurkan bagi ibu hamil karena dapat membahayakan keselamatan janin, bahkan bisa menjadi pemicu terjadinya keguguran kandungan.

Ibu hamil sebaiknya membatasi minum teh hijau dan kopi karena keduanya mengandung kafein yang cukup tinggi. Info terkait dengan boleh dan tidaknya ibu hamil minum kopi telah kami tulis " bolehkah ibu hamil minum kopi ?"

3. Susu tidak dipasteurisasi


Susu merupakan minuman kaya nutrisi yang sangat dianjurkan bagi ibu hamil. Kita bisa melihat, saat ini susu yang diformulasikan khusus untuk ibu hamil semakin hari semakin bertambah banyak.

Mengkonsumsi susu kehamilan termasuk salah satu upaya untuk mencukupi kebutuhan kalsium selama hamil. Sebagaimana kita ketahui bahwa kebutuhan kalsium ibu hamil itu sangat banyak, kalau tidak terpenuhi maka dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan tulang.

Namun demikian, ibu hamil harus selektif dalam memilih susu yang akan dikonsumsi, pasalnya ada susu yang tidak baik untuk itu hamil, yaitu susu yang tidak dipasteurisasi karena mengandung bakteri yang dapat membahayakan janin. Info lebih lengkap bisa Anda baca susu ibu hamil muda yang bagus untuk janin.

4. Minuman berenergi


Minuman berenergi sebaiknya dihindari selama kehamilan sebagai langkah hati - hati demi menjaga keselamatan janin. Dikhawatirkan kandungan zat yang dapat mennigkatkan energi itu berpengaruh buruk pada janin. Walaupun tidak tergolong minuman yang menyebabkan keguguran namun kalau dikonsumsi dalam jumlah banyak bisa jadi menimbulkan masalah kehamilan serius.

Menjaga kehamilan adalah perjuangan yang sangat berat karena harus rela meninggalkan banyak keinginan guna menjaga sang buah hati agar tetap sehat. Bunda harus tetap semangat dalam menjalani kehamilan, karena kehamilan adalah anugerah istimewa dari Sang Maha Pencipta.

Demikianlah info seputar minuman yang menyebabkan keguguran kandungan. Semoga apa yang kami sampaikan di atas bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa share ya !!

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top